Melihat Indahnya Candi Kembar Plaosan


Wisata Alternatif Setelah Candi Prambanan






Kamu sedang berlibur di candi prambanan? nah, apa kamu tahu jika di dekat candi prambanan terdapat dua candi kembar bernama candi plaosan, jadi jika kamu selesai berkeliling di candi prambanan, maka sempatkanlah untuk mengunjungi candi plaosan yang hanya berjarak kurang lebih 1 km saja.



foto suasana pagi hari di candi plaosan 
pemandangan di pagi hari. foto : arumnintyas





Candi Plaosan juga dikenal dengan nama candi kembar karena disini berdiri dua candi besar dengan ukuran dan bentuk hampir sama, candi yang berdiri disebelah selatan bernama candi kidul, sedangkan yang disebelah utara bernama candi lor.


Memiliki tinggi dan panjang sekitar 15 meter dengan lebar kurang lebih 10 meter, jarak antara kedua candi tersebut sekitar 20 meter, dengan dipisahkan oleh tembok pembatas, yang membedakan dari kedua candi itu adalah relief yang terukir di dinding candi,

Di komplek candi plaosan terdapat 116 stupa perwara dan 50 candi perwara, jika kita perhatikan, struktur bangunan candi merupakan gabungan dari dua agama, yaitu hindu dan budha, dimana struktur candi yang menjulang tinggi merupakan ciri khas dari candi hindu sedangkan struktur melebar merupakan ciri khas candi budha.



foto indah sunset di candi plaosan 
sunset yang indah. foto : langkahbercerita



Banyak orang mengira jika lokasi candi plaosan termasuk dalam kawasan yogyakarta, namun sebenarnya objek wisata ini masih termasuk dalam provinsi jawa tengah lho, tepatnya di kota klaten, jadi jangan salah ya.


Jika kita datang dari candi prambanan, maka kita akan melihat pemandangan sawah nan hijau yang menyejukkan, dan dari kejauhan candi plaosan terlihat diantara hijaunya persawahan, menjadikan pemandangan kian indah dan layak kita abadikan di kamera.



foto hijaunya sawah di candi plaosan 
pemandangan dari jauh. foto : yosefkaprino




Nah bagi kamu yang suka membaca relief, bila kita perhatikan, relief di dinding candi bagian selatan menggambarkan seorang lelaki yang menurut cerita sebagai kekaguman Pramodyawardani terhadap Rakai Pikatan, sedangkan relief di candi bagian utara menggambarkan seorang perempuan yang konon merupakan kekaguman Rakai Pikatan terhadap Pramodyawardani.


Candi utama Plaosan sendiri merupakan candi bertingkat, dimana setiap bangunan memiliki 6 ruangan yang dibagi menjadi 3 ruangan bawah dan 3 ruangan atas, dimana pada jaman dahulu untuk pembatas antar ruangan menggunakan papan kayu.

Sebagai objek wisata yang cukup populer, akses menuju lokasi memang sangat mudah, apalagi jika kamu dari prambanan, tempat wisata ini selalu menjadi alternatif setelah puas berkeliling di candi prambanan, mungkin kamu bisa mencoba untuk datang kesini.




foto pemandangan candi plaosan 
orang dan pemandangannya sama indah. foto : trisnadde




Tips Saat Berlibur Ke Candi Plaosan :


  • datanglah saat pagi hari, maka suasana akan terasa sejuk dan segar.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • jangan mencoret coret dinding.
  • sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata sejarah.



Lokasi :


  • Alamat ; Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • 24 km dari pusat kota Klaten (40 menit)
  • 18 km dari pusat kota Yogyakarta (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Candi Plaosan :

Candi Prambanan (9 menit)
Candi Ratu Boko (12 menit)





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »