Top 15 Tempat Wisata Keren di Madura yang Wajib Kamu Kunjungi

0 Comments A+ a-

Madura, sebuah pulau yang masih termasuk dalam Provinsi Jawa Timur ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang layak kita kunjungi, terlebih akses menuju ke pulau Madura yang kini semakin mudah menjadikan banyak wisatawan datang kesini.

Pulau Madura sendiri memiliki 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang dan Pamekasan, walaupun terbilang cukup kecil namun tetap memikat hati wisatawan, layaknya pulau Lombok, Madura menjadi destinasi favorit di Jawa Timur selain Kota Batu, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata populer di Madura yang harus kamu datangi.






Gili Labak

foto gili labak madura jawa timur
minimalis dan bersih. foto : @abdur_rahman_

Gili Labak merupakan salah satu pulau kecil di Madura, pulau Gili Labak terkenal dengan pemandangannya yang indah, pasir putih dan jernihnya air laut akan menyambutmu sesampainya di bibir pulau.

Bukan hanya wisatawan lokal saja yang kesini, namun wisatawan mancanegara juga tertarik dengan keindahan Gili Labak, tapi sayangnya akses menuju lokasi dan fasilitas di Gili Labak masih seadanya, hal inilah yang harus terus dikembangkan oleh Pemerintah Madura.

Lokasi : Pulau Gili Labak, Madura, Jawa Timur







Pantai Slopeng

foto sunset di pantai slopeng
sunset di pantai slopeng. foto : @iinwati

Pantai Slopeng sudah sangat terkenal di Madura, bahkan pantai ini juga menjadi ikon wisata di Madura, setiap harinya banyak wisatawan yang datang kesini untuk berlibur, pantai Slopeng sendiri memiliki panjang sekitar 6 km.

Pantai Slopeng memiliki karakteristik pasir putih dan ombaknya yang cukup tenang, jadi sangat cocok untuk mengajak anak-anak dan keluarga untuk berlibur kesini, selain itu pemandangan di Pantai Slopeng juga sangat indah, jadi kamu wajib kesini ya.

Lokasi : Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur






Pantai Lombang

foto pantai lombang madura
bersih banget. foto : @evatarida

Hampir sama dengan Pantai Slopeng, Pantai Lombang juga menjadi objek wisata favorit di Madura, pemandangan di Pantai Lombang memang sangat indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih akan memanjakan kita.

Selain itu ombak di Pantai Lombang juga cukup tenang karena berada di deretan pantai Utara yang terkenal dengan ombaknya yang tenang, uniknya tidak seperti pantai pada umumnya, di kawasan sekitar pantai Lombang terdapat banyak sekali pohon cemara lho.

Lokasi : Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur





Pantai Siring Kemuning

foto bersama anak di pantai siring kemuning
senja di siring kemuning. foto : @nniniss

Sama halnya dengan kebanyakan pantai di Madura, Pantai Siring Kemuning juga memiliki pasir putih, namun pasir di pantai ini sedikit berwarna kuning, bukan putih bersih seperti di Gili Labak, walaupun begitu ternyata Pantai Siring Kemuning tetap menjadi magnet bagi wisatawan lho.

Pantai Siring Kemuning menjadi destinasi favorit di Kabupaten Bangkalan yang tak boleh kamu lewatkan, pantai ini akan terlihat indah saat senja datang, bersama pasangan duduk di pinggir pantai menikmati senja akan menjadikan liburanmu kian romantis lho guys.

Lokasi : Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur

baca juga :
daftar tempat keren yang tercipta akibat keserakahan manusia






Pantai Cemplong

foto pemandangan di pantai cemplong
indah banget. foto : pasirpantai.com

Inilah pantai populer di Kabupaten Sampang, wisata Madura memang tak bisa lepas dari deretan pantai-pantai indahnya, salah satunya adalah Pantai Cemplong yang memiliki pasir halus dan ombak yang cukup tenang.

Lokasi ini sangat cocok untuk bersantai di pagi hari dan sore hari bersama teman maupun pasangan, saat pagi kita bisa melihat banyak kepiting yang keluar masuk dari dalam pasir, suasana di Pantai Cemplong sangat nyaman untuk menghilangkan rasa penat setelah seharian bekerja.

Lokasi : Desa Cemplong, Kecamatan Cemplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur








Pantai Nepa

foto pemandangan di pantai nepa madura
yuk main air disini. foto : @yusufagungneu

Pantai Nepa memiliki pasir berwana putih kekuningan dengan ombak yang cukup tenang, pemandangan di pantai Nepa juga cukup indah, lokasi ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga lho, uniknya tak hanya pantai saja.

Di kawasan ini terdapat juga Hutan Nepa yang dihuni oleh monyet-monyet liar, jadi setelah puas bermain air kita bisa berkunjung ke Hutan Nepa untuk melihat monyet atau sebaliknya, bukankah itu seru?

Lokasi : Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur





Pantai Rongkang

foto keren pantai rongkang madura
banyak batu disini. foto : pasirpantai.com

Di Bangkalan tidak hanya terdapat pantai Siring Kemuning saja, melainkan masih terdapat pantai keren lainnya, salah satunya adalah Pantai Rongkang, saat siang hari pemandangan di Pantai Rongkang memang tidak terlalu mempesona.

Pemandangannya hampir sama dengan kebanyakan pantai pada umumnya, namun tunggu sampai malam hari, dari pantai ini kita bisa melihat jembatan Suramadu yang terlihat sangat indah dengan lampu warna-warninya.

Lokasi : Desa Kwanyar, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur





Jembatan SURAMADU

foto jembatan suramadu saat malam hari
gimana, keren gak? foto : @fauzyraharja

Siapa yang tidak tahu menganai jembatan satu ini, Suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura, selain berfungsi sebagai jembatan, Suramadu juga menjadi tempat favorit untuk nongkrong.

Saat malam kawasan jembatan baik di Surabaya maupun di Madura selalu ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan kemegahan jembatan tersebut, lampu-lampu cantik yang menghiasi jembatan akan membuatmu terpesona, lokasi ini juga cocok untuk hunting foto lho.

Lokasi : Jembatan Suramadu, Madura






Wisata Madura Api Tak Kunjung Padam

foto api tak kunjung padam
api abadi nih. foto : infindonesia.blogspot.com

Kamu mencari wisata unik di Madura ? maka kamu wajib datang ke salah satu objek wisata unik ini, yaitu Api Abadi (Api Tak Kunjung Padam), api di area tersebut tidak pernah padam dan selalu keluar dari tanah yang menjadikan pemandangan cukup unik.

Fenomena ini bukan karena magic, melainkan murni dari fenomena alam, selain di Madura fenomena unik tersebut bisa kamu temukan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disana juga terdapat Api Abadi Mrapen dimana api tersebut juga tidak pernah padam.

Lokasi : Desa Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur






Wisata Madura Air Terjun Toroan

foto romantis di air terjun toroan madura
bareng pasangan biar romantis. foto : @eni.1618

Sedikit menjauh dari wisata pantai, di Madura terdapat sebuah air terjun yang cukup fenomenal, yaitu air terjun Toroan, berbeda dengan kebanyakan air terjun, di air terjun Toroan aliran air langsung mengarah ke laut lho.

Walaupun tidak terlalu tinggi namun debit air di air terjun tersebut cukup besar, jadi kamu harus berhati-hati ya, dan jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga-jaga, objek wisata ini bisa kamu jadikan alternatif jika sudah bosan dengan wisata pantai di Madura.

Lokasi : Desa Ketapang Jaya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur




Kepulauan Kagean

kepulauan kagean madura
kepulauan kagean. foto : Indonesia-Tourism.com

Kepulauan Kagean masih termasuk dalam Kabupaten Sumenep, untuk bisa sampai di pulau ini kita harus menyeberang dari Pelabuhan Kalianget menuju Pelabuhan Kagean.

Seperti namanya, disini tidak hanya terdapat satu pulau saja, melainkan ada beberapa pulau seperti Pulau Sapeken, Pulau Saebus, Pulau Kagean dan masih banyak pulau lainnya.

Lokasi : Kepulauan Kagean, Kebupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur





Wisata Madura Bukit Jaddih

bukit jaddih madura
pemandangan di bukit jaddih. foto : @missicanisa

Bukit Jaddih merupakan kawasan perbukitan yang memiliki pemandangan alam sangat indah, Bukit Jaddih sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi landscape dan wisata alam seru.

Lokasi : Desa Jaddih Timur, Parseh, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur





Masjid Agung Sumenep

masjid agung sumenep di malam hari
masjid agung sumenep di malam hari. foto : @rfajri_f 

Selain wisata alam, Madura juga memiliki wisata religi, nah bagi kamu umat muslim tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Masjid Agung Sumenep.

Masjid Agung Sumenep ini memiliki desain bangunan yang cukup unik dan artistik lho, dijamin kamu akan terpesona dengan keindahan bangunan Masjid Agung Sumenep ini.

Lokasi : Bangselok, Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur





Vihara Avalokitesvara

vihara avalokitesvara madura
keren ya bangunannya. foto : @septinatacahya

Selain Masjid Agung Sumenep, Madura masih memiliki wisata religi lainnya, kali ini adalah Vihara Avalokitesvara. Vihara ini memiliki bangunan yang sangat megah dengan sebuah pagoda yang menjulang tinggi.

Lokasi : Candi Pamekasan Madura, Montok, Larangan, Kabupaten Pemekasan, Madura, Jawa Timur




Museum Keraton Sumenep

museum keraton sumenep
salah satu koleksi di museum keraton sumenep. foto : @wardaarumsari

Sekarang kita beralih ke wisata sejarah, di Madura terdapat sebuah Museum yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan dan masyarakat sekitar bernama Museum Keraton Sumenep.

Di Museum Keraton Sumenep ini kita bisa menemukan berbagai benda zaman dahulu yang masih sangat terjaga, seperti naskah kuno, keramik zaman Dinasti Ming hingga Al Quran berukuran besar yang ditulis dengan tangan.


Lokasi : Jl. Dr. Sutomo No.6, Pajagalan, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur




Nah, itulah beberapa tempat wisata di Madura yang harus kamu kunjungi, sebenarnya masih terdapat banyak sekali tempat wisata keren lainnya di Madura, jadi apabila kamu memiliki info mengenai tempat wisata keren lainnya, kamu bisa memberitahu kami melalui kolom komentar dibawah.




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments