Hutan Mangrove Api Api, Spot Instagramable nan Romantis di Kulon Progo


Jogja memang tak pernah ada habisnya dalam memanjakan wisatawan, setiap tahunnya di provinsi ini muncul tempat-tempat wisata baru yang fresh dan keren. Mungkin kamu sudah bosan dengan wisata pantai, candi dan wisata sejarahnya.

foto hutan mangrove kulon progo
ada gitar raksasanya. foto : adiskawijayanti

Nah, untuk itu Jogja menghadirkan sebuah wisata alam baru yang jarang ditemui di provinsi itu sendiri, yaitu Hutan Mangrove. Bagi sebagian orang, Hutan Mangrove bukanlah sebuah tempat wisata “fresh”. Walaupun begitu nyatanya Hutan Mangrove Jogja ini cukup menarik untuk kita kunjungi lho.


Apa yang Menarik di Hutan Mangrove Jogja ?

Hutan Mangrove ini terletak di Kabupaten Kulon Progo, tak jauh dari Pantai Congot, hal ini menimbulkan banyak kesalah pahaman mengenai lokasi sebenarnya seperti halnya dengan Hutan Pinus Dlingo dan Candi Borobudur.

foto romantis di hutan mangrove kulon progo jogja
romantis ya. foto : yulionodegama

Sebenarnya Hutan Mangrove Kulon Progo ini terletak di Pasir Mendit, namun karena letaknya yang tak jauh dari Pantai Congot menjadikan banyak wisatawan salah paham dengan mengira lokasi Hutan Mangrove berada di Pantai Congot.

Terlepas dari itu, Hutan Mangrove Kulon Progo dalam sekejab dapat menarik minat banyak wisatawan yang sedang berlibur di Jogja, karena memang kita jarang menemukan wisata Hutan Mangrove di pantai laut selatan. Jadi ketika wisatawan melihatnya, mereka langsung tertarik untuk berkunjung.

Hutan Mangrove ini memiliki fungsi utama sebagai tempat konservasi dan pencegah abrasi air laut, namun karena memiliki potensi, akhirnya masyarakat setempat menjadikan hutan tersebut sebagai tempat wisata yang kece.

Hutan Mangrove Kulon Progo terletak membentang sepanjang sungai Bogowonto, objek wisata ini juga memiliki nama lain, yaitu Hutan Mangrove Jembatan Api-Api. Hal ini merujuk pada jenis mangrove yang tumbuh dikawasan tersebut, yaitu jenis avicennia germinans atau dikenal juga dengan jenis api-api.

Tempat wisata di Jogja satu ini kian terkenal setelah banyak wisatawan yang mengunggah foto-foto keren dari Hutan Mangrove Kulon Progo ke media sosial. Ditambah lagi wisatawan yang datang kesinipun didominasi oleh kalangan muda yang memiliki rasa penasaran sangat tinggi.

foto jembatan bentuk hati di hutan mangrove kulon progo jogja
jembatan berbentuk hati. foto : may

Di kawasan objek wisata Hutan Mangrove terdapat banyak spot keren yang bisa kita gunakan untuk berfoto, mulai dari jembatan api api, bingkai asmara, jembatan berbentuk LOVE, hingga plang bertuliskan I LOVE YOU. Selain itu di tengah rimbunnya tanaman Mangrove juga terdapat sebuah pondok yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata romantis di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan, tak hanya itu saja, Hutan Mangrove Jembatan Api Api juga bisa kamu gunakan sebagai tempat berburu foto keren lho, karena memang lokasinya yang sangat instagramable.

Nah, selain berkeliling Hutan Mangrove dengan berjalan kaki, kita juga bisa menyewa perahu yang sudah disediakan untuk mengantarkan kita berkeliling hutan melalui jalur air, untuk berkeliling menggunakan perahu kita harus membayar tiket lagi, tapi tenang, tiketnya murah kok.

Atau kamu hobi memancing ? kita juga bisa memancing di sekitar kawasan Hutan Mangrove lho, namun dengan syarat kita boleh memancing ketika pengunjung sedang sepi, hal ini agar tidak mengganggu jalan yang terbilang cukup sempit.

Jadi, bagiamana, apa kamu tertarik berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo ini ? atau kamu malah sudah pernah kesana ? yuk share pengalamanmu di kolom komentar.

foto hutan mangrove kulon progo jogja
yakin gak mau kesini? foto : anggasadewa

Fasilitas :
  • Perahu
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir


Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo :
Rp. 5.000/orang

Naik Perahu :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
06:00-18:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di kawasan Hutan Mangrove, sebagai gantinya kamu bisa mencari hotel di pusat kota Jogja.

Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Jogja.
  • 48 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Nasional III (1 jam 21 menit)
  • 63 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Jogja-Purworejo (1 jam 35 menit)
  • 50 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 25 menit)
  • (perkiaran waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

Dari Kota Yogyakarta kamu tinggal menuju ke Jalan Raya Wates – Purworejo hingga kamu menemukan patung kuda (Nyi Ageng Serang) di persimpangan, lalu pilih jalan arah menuju Purworejo hingga kamu sampai di Terminal Wates..

Dari Terminal Wates sekitar 10 km, kamu akan melihat Rumah Makan Padang Murah Meriah di kanan jalan, setelah Rumah Makan tersebut akan ada pertigaan berbentuk huruf “Y” dari situ silahkan ambil kiri menuju arah Pantai Congot sebelum tugu selamat datang Kabupaten Purworejo (sudah terdapat petunjuk jalan).

Ikuti jalan hingga menemukan jembatan congot, dari jembatan masih ke arah barat lagi, kira-kira 100 meter di kiri jalan kamu akan melihat plang bertuliskan Dusun Pasir Mendit, nah, ikuti petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi Hutan Mangrove.


Tips Berlibur ke Hutan Mangrove Kulon Progo :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah di hari biasa (senin-jumat), karena jika kamu berkunjung saat weekend dan hari libur, tempat wisata ini akan ramai oleh pengunjung yang membuatmu kurang puas.
  • Pilihlah waktu yang tepat, agar lebih nyaman kamu bisa berkunjung di pagi dan sore hari, sebab jika kamu berkunjung di siang hari maka sinar matahari akan terasa cukup panas.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan, termasuk tidak merusak tanaman mangrove.
  • Sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga alternatif yang murah meriah di Jogja.
  • Hati hati terpeleset ya.



Lihat peta cara menuju ke hutan mangrove kulon progo



Wisata Terdekat Dari Hutan Mangrove Kulon Progo :

Pantai Congot (17 menit)
Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang hobi memancing, Pantai Congot memiliki karakteristik pasir hitam dengan ombak yang cukup besar, selain itu Pantai Congot juga sangat pas untuk bersantai.

Pantai Jatimalang (17 menit)
Pantai Jatimalang terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan sunset yang cukup indah, selain itu banyaknya warung yang menjajakan makanan laut menjadikan objek wisata ini sangat cocok untuk wisata kuliner di Purworejo, terutama seafood.

Pantai Glagah (20 menit)
Pantai Glagah merupakan pantai paling populer di Kulon Progo. tempat wisata ini biasa dikunjungi ketika sore hari untuk hunting foto sunset atau sekedar menikmati deburan ombak yang menghantam tetrapod (beton-beton penahan ombak di pinggir pantai).



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »