Green Village Gedangsari, Spot Keren di Utara Gunung Kidul Untuk Hunting Foto Landscape

0 Comments A+ a-

Yogyakarta memang surganya wisata di Pulau Jawa, setiap Kabupaten di Jogja selalu berlomba untuk menyediakan tempat wisata yang memanjakan pengunjung, tak heran jika setiap tahunnya terdapat objek wisata baru di Jogja.

sunset di green village gedangsari
ayo tebak, ini sunrise apa sunset? foto : @maspeot

Salah satu Kabupaten yang sudah sangat populer dengan banyaknya tempat wisata keren adalah Kabupaten Gunung Kidul.

Kabupaten ini terkenal dengan deretan pantai cantiknya, tapi terlepas dari pantai-pantai indahnya, di Gunung Kidul masih ada tempat wisata jenis lain seperti bukit dan goa.

Nah, berbicara mengenai bukit, ada sebuah bukit dengan pemandangan cantik di utara Gunung Kidul yang tak boleh kita lewatkan, namanya Green Village Gedangsari.





Apa yang Menarik di Green Village Gedangsari ?

Green Village Gedangsari merupakan satu dari sekian banyaknya tempat wisata bukit di Jogja, Green Village Gedangsari terletak di sisi sebelah utara Kabupaten Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah.

green village gedangsari gunung kidul
keren ya pemandangannya. foto : @wiinwinda

Karena berbatasan langsung dengan Klaten, jadi dari Green Village Gedangsari ini kita bisa melihat indahnya pemandangan alam Kabupaten Klaten dari ketinggian, terutama di malam hari, saat lampu-lampu kota terlihat layaknya bintang di bumi.

Ketika siang hari kita bisa melihat pegunungan sewu yang nampak mempesona, bahkan tak jarang wisatawan yang datang mengatakan jika pemandangan di tempat wisata Jogja satu ini mirip dengan pemandangan di luar negeri lho.

Karakteristik Green Village Gedangsari hampir sama dengan Puncak Suroloyo di Kulon Progo. Untuk dapat sampai di puncaknya-pun kita tidak perlu susah-susah layaknya mendaki gunung karena sudah disediakan tangga.

Jalan setapak di Green Village Gedangsari-pun sengaja dibuat melingkar agar pengunjung dapat menikmati pemandangan dari berbagai sudut berbeda.

Di puncak Green Village Gedangsari sudah dilengkapi dengan banyak gazebo yang dapat kita gunakan untuk istirahat dan bersantai menikmati pemandangan alam sekitar. Biasanya wisatawan berkunjung ke Green Village Gedangsari saat sore dan malam hari.

Karena selain tidak terlalu panas, pemandangan sunset dan kerlap kerlip lampu kota dari puncak Green Village Gedangsari memang sangat mempesona.

Puas melihat pemandangan alam di Green Village, kini saatnya kita mencoba kegiatan seru lainnya, salah satu kegiatan seru yang dapat kita lakukan di Green Village Gedangsari adalah bermain flying fox.

Tak sekedar flying fox biasa, flying fox di Green Village Gedangsari merupakan flying fox terpanjang kedua di Asia Tenggara karena memiliki panjang sekitar 625 meter.

Untuk posisi pertama masih dipegang oleh wisata alam Tretes Treetop Jawa Timur dengan panjang 750 meter. Sedangkan untuk posisi ketiga berada di Malaysia dengan panjang kurang lebih 530 meter.

Dengan panjang 625 meter, tentu flying fox ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan agar datang ke Green Village Gedangsari. Tenang, flying fox ini aman digunakan kok.

Menurut informasi dari pengelola, teknologi yang digunakan flying fox di Green Village Gedangsari ini mengadopsi yang ada di Prancis, sedangkan untuk talinya diambil dari Inggris, ditambah lagi, nanti akan dipasang penangkal petir untuk keamanan ketika cuaca kurang mendukung.

Bagaimana, apa kamu berani coba ?


Baca Juga : 
daftar tempat wisata keren untuk berburu sunrise dan sunset di Jogja




green village gedangsari
ada gardu pandangnya juga. foto : @haidarhdr



Fasilitas :
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Flying Fox
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Dan masih banyak lainnya.



Harga Tiket Masuk Green Village Gedangsari Jogja :
Hanya membayar parkir saja
Rp. 3.000/motor
Rp. 5.000/mobil

Jam Buka :
Setiap hari mulai dari pagi hingga malam hari.

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di sekitar wisata Green Village Gedangsari, sebagai alternatif kamu bisa mencarinya di Kota Klaten atau pusat Kota Jogja.





Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Guyangan, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
  • 40 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Yogya-Solo (1 jam 24 menit)
  • 32 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Yogya-Solo (1 jam 3 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Green Village Gedangsari Gunung Kidul

#Dari Pusat Kota Jogja
Akses menuju Green Village Gedangsari sangat mudah, apabila kamu darri pusat Kota Jogja, kamu tinggal mengikuti Jalan. Jogja-Wonosari saja hingga kamu sampai di pertigaan Sambipitu, dari pertigaan silakan ambil kiri menuju arah Gedangsari.

Tetap lurus kearah utara, nanti kamu akan menemukan pertigaan lagi dengan Plang petunjuk arah Gedangsari, silahkan ambil kiri (ikuti petunjuk).

Sampai di dekat kantor Kecamatan Gedangsari tinggal ikuti jalan menuju Desa Mertulu, dari sini kamu bisa bertanya ke warga sekitar mengenai lokasi Green Village Gedangsari.


#Rute Kedua Dari Klaten
Silahkan ikuti Jalan Raya Jogja-Solo hingga kamu menemukan petunjuk menuju arah Wedi. Dari situ kita harus ke arah selatan menuju daerah Gantiwarno.

Sesampainya di daerah Gantiwarno, silahkan lurus ke selatan hingga kamu sampai di jalan menanjak arah Desa Watugajah. Dari Desa Watugajah perjalanan dilanjutkan menuju arah timur menuju Green Village Gedangsari.

green village gedangsari jogja
yakin gak mau kesini? foto : @deah_mochi






Tips Berlibur ke Green Village Gedangsari Gunung Kidul :

  • Jika kamu tidak yakin dengan jalurnya, kamu bisa bertanya ke masyarakat sekitar, tidak perlu takut karena masyarakat sekitar cukup ramah dengan pengunjung.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Green Village Gedangsari adalah awal dan akhir musim hujan, karena saat itu perbukitan terlihat hijau.
  • Datanglah di hari biasa agar kamu bisa puas berkeliling ke setiap bagiannya.
  • Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, disarankan agar kamu datang di sore (setelah sholat ashar) dan malam hari.
  • Jika kamu ingin kesini, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.




Lihat peta cara menuju ke green village gedangsari jogja





Wisata Terdekat Dari Green Village Gedangsari (- 1 Jam):

Waduk Jombor (31 menit)
Waduk Jombor merupakan waduk paling populer di Klaten, waduk seluas kurang lebih 198 hektar ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, salah satu spot paling populer di Waduk Jombor adalah warung apungnya. Di warung apung ini kita bisa menyantap makan siang dengan pemandangan alam sekitar waduk.

Embung Batara Sriten (1 jam)
Embung Batara Sriten memiliki bentuk yang mirip dengan Embung Nglanggeran, kedua tempat wisata tersebut memang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai di sore hari. Dari Embung Batara Sriten kita dapat melihat cantiknya pemandangan alam Gunung Kidul.



loading...
loading...