Rumah Pohon Pabangbon, Spot Alternatif Untuk Melihat Keindahan Bogor dari Ketinggian

0 Comments A+ a-

Indonesia memang sedang dilanda demam wisata gardu pandang atau rumah pohon, hal ini membuat berbagai daerah di Indonesia berloma membuat wisata tersebut.

rumah pohon pabangbon
gardu pandang di rumah pohon pabangbon. foto : @deviverz

Tak mau kalah, Bogor juga ikut membuat sebuah wisata serupa bernama Rumah Pohon Pabangbon yang juga menawarkan pemandangan alam mempesona.



Apa yang Menarik di Rumah Pohon Pabangbon Bogor ?

Sama halnya dengan wisata sejenisnya, Wisata Alam Rumah Pohon Pabangbon Bogor menyajikan pemandangan alam Kabupaten Bogor dari ketinggian.

rumah pohon pabangbon bogor
suasana setelah hujan. foto : @tioalifr

Walaupun terbilang wisata baru, tapi dalam sekejab Rumah Pohon Pabangon langsung menarik minat wisatawan, terutama anak muda yang memang menyukai kegiatan foto-foto.

Rumah Pohon Pabangbon ini terletak di kawasan hutan pinus dan hutan penelitian meranti yang dikelola oleh Perhutani, jadi selain untuk wisata, kawasan tersebut juga bisa digunakan untuk sarana edukasi.

Walaupun di tanah milik Perhutani, tapi wisata Bogor satu ini dikelola oleh masyarakat sekitar kok, dengan adanya wisata Rumah Pohon Pabangbon ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Pemandangan yang ditawarkan wisata Rumah Pabangbon Bogor tak perlu diragukan lagi keindahannya, bahkan jika cuaca sedang cerah tanpa kabut, kita bisa melihat gedung-gedung tinggi di Jakarta lho, keren kan ?

baca juga :
daftar wisata di Jawa Barat yang mirip dengan wisata di luar negeri

hutan pinus di rumah pohon pabangbon
hutan pinus di kawasan rumah pohon pabangbon. foto : @tioalifr



Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah Pohon Pabangbon Bogor ?

Hunting Foto
Ya, kegiatan pertama yang sudah pasti bisa kamu lakukan di Rumah Pohon Pabangbon adalah hunting foto. Dengan keindahan alam yang diatawarkan wisata ini, tentu akan membantumu untuk mendapatkan foto-foto keren.

Wisata Sambil Belajar
Selain berwisata, kita juga bisa belajar di kawasan Rumah Pohon Pabangbon karena memang lokasinya yang berada di kawasan Perhutani dimana di area tersebut terdapat hutan penelitian meranti yang tentunya bisa menambah wawasanmu.

Trekking
Untuk bisa sampai di lokasi Rumah Pohon Pabangbon ini memang tidaklah mudah, dibutuhkan tenaga ekstra dengan kendaraan yang fit, karena itu wisata Rumah Pohon Pabangbon sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta petualangan.

Bagaimana, tertarik ? jadi kapan kamu akan berlibur ke Rumah Pohon Pabangbon ?



pemandangan di rumah pohon pabangbon
jangan kesini pas angin kencang ya. foto : @anis.kitty



Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Gardu Pandang/Rumah Pohon
  • Gazebo


Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Pabangbon Bogor :
Rp. 6.000/orang

Naik ke Rumah Pohon :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
Pagi – 17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Rumah Pohon Pabangbon ini, tapi masyarkat sekitar menyarankan jika wisatawan ingin menginap, kamu bisa menginap di rumah-rumah warga.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  • 32 Km dari pusat Kota Bogor melalui Jl. Leuwiliang - Bogor (1 jam 31 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Wisata Rumah Pohon Pabangbon

Akses menuju Rumah Pohon Pabangbon bisa dibilang cukup sulit, kamu bisa menggunakan GPS atau mengikuti rute dibawah ini.

#Dari Bogor Kota
Jika kamu dari Kota Bogor, kamu bisa melalui Jalan Leuwiliang atau Jalan Raya Dramaga. Lebih disarankan untuk lewat di Jalan Leuwiliang saja daripada Jalan Raya Dramaga karena sering macet.

Setelah sampai di Kecamatan Leuwiliang, lanjutkan perjalananmu hingga menemukan Pertigaan Kracak (sebelum Pasar Leuwiliang). Dari situ ambil arah kiri menuju SMK Pertanian Leuwiliang atau Desa Pabangbon.

Ikuti jalan hingga kamu menemukan percabangan dimana jika ke kiri kamu akan menuju ke Gunung Benteng, silahkan belok ke kiri menuju arah Gunung Benteng, dari situ kamu bisa bertanya ke masyarakat sekitar mengenai lokasi Rumah Pohon Pabangbon.

#Dari Arah Jakarta, Depok
Jika kamu berdomisili di Jakarta, kamu bisa menggunakan jalur Parung – Antang Sanjaya menuju Kecamatan Leuwiliang di Bogor, sesampainya di Kecamatan Leuwiliang kamu bisa mengikuti rute seperti diatas tadi.





Tips Berlibur ke Rumah Pohon Pabangbon Bogor :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Rumah Pohon Pabangbon adalah saat pagi hari, karena cuaca tidak belum terlalu panas.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Akses menuju lokasi cukup sulit, jadi pastikan kendaraanmu dalam keadaan fit.





Lihat peta cara menuju ke rumah pohon pabangbon




Wisata Terdekat Dari Rumah Pohon Pabangbon Bogor (- 1 Jam) :

-


loading...
loading...