Kegiatan Unik yang Bisa Kamu Lakukan di Puncak Gunung Andong

Kegiatan Unik yang Bisa Kamu Lakukan di Puncak Gunung Andong

Gunung Andong, sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Magelang ini memang sedang populer dikalangan anak muda, Gunung yang berada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang ini sukses mencuri perhatian banyak orang.

foto sunrise di puncak gunung andong 

Bukan tanpa alasan, gunung yang hanya memiliki ketinggian 1.726 Mdpl tersebut memang cukup ramah bagi pendaki, terutama para pendaki pemula, untuk sampai di puncaknya-pun kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja, tergantung kecepatan dalam berjalan.

Gunung Andong memiliki tiga puncak, yaitu puncak Makam, puncak Alap-Alap dan puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi, nah karena ramah bagi pendaki dan tidak terlalu tinggi, ada beberapa aktivitas unik yang bisa kita lakukan disini, seperti :






Bakar Bakar Ikan

foto bakar ikan di puncak gunung 
yuk bakar ikan di puncak gunung. foto : www.firepit-and-grilling-guru.com

Kegiatan seru pertama yang bisa kita lakukan di gunung Andong adalah membakar ikan, walaupun di atas terdapat warung, namun bagi kamu yang ingin mencoba sensasi berbeda, kamu bisa membawa ikan segar dari bawah untuk nantinya dibakar saat sampai di puncak.

Karena hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam jadi ikan yang kita bawa tidak akan membusuk ditengah jalan, kamu bisa terlebih dahulu mengolah ikannya saat berada di Basecamp, potong-potong sedemikian rupa dan bersihkan dari kotoran, jadi ketika berada di puncak kita hanya tinggal membakarnya saja, jangan lupa persiapkan bumbu bumbunya juga ya agar rasa ikan bakar buatanmu menjadi lebih lezat.

Kegiatan tersebut jarang ditemukan di gunung gunung lainnya, hal ini bisa kamu manfaatkan biar terlihat beda dari yang lain, dan tentunya agar menambah stamina kamu setelah lelah mendaki, tapi jangan lupa bersihkan kotoran bekas pembakaran ya.







Nonton Film

Nah, kegiatan satu ini juga jarang kita temukan saat mendaki di gunung, karena tinggi gunung Andong yang hanya 1.726 Mdpl saja, jadi suhu udara disini tidak terlalu dingin, hal ini bisa kita manfaatkan untuk membawa laptop ke puncak.

Sesampainya di puncak kita bisa menonton film yang sudah tersimpan di laptop, menonton film sembari menyeruput kopi hangat bersama teman teman di dalam tenda bisa menambah keseruan mendakimu, tentunya pastikan juga jangan sampai laptop kamu kedinginan, untuk mencegah hal tersebut, masukkan saja laptop kedalam sleeping bag untuk menjaga suhu agar tetap hangat.








Internetan

Eits, walaupun kamu sedang berada di atas gunung, ternyata kamu masih bisa ber-internetan ria loh. Gunung Andong memang berbeda dengan kebanyakan gunung lainnya, walaupun sudah sampai puncak namun sinyal dari provider masih bisa dijangkau oleh ponsel kita.

Tapi, tidak semua provider sinyalnya bisa sampai di puncak, hanya beberapa saja, jadi pastikan kamu menggunakan provider yang memiliki sinyal kuat ya, sesampainya di puncak kamu bisa kirim pesan ke pasangan atau teman yang berada di rumah untuk mengabari jika kamu sudah sampai puncak dan baik-baik saja.

Untuk yang satu ini, kita harus berhati hati, karena kita sedang berada diatas ketinggian jadi saat sedang menggunakan ponsel pastikan cuaca sedang cerah, apabila sedang mendung jangan pernah mengaktifkan sinyal ponsel kamu, cukup gunakan dalam mode penerbangan/pesawat saja untuk keamanan agar tidak terkena sambaran petir.








Main Layang Layang

foto main layang layang di gunung 
main layang layang diatas gunung. foto : brobali.com

Kegiatan yang satu ini juga bisa dibilang cukup unik. Biasanya kita main layang layang di tanah lapang atau di pinggir sawah, namun untuk kali ini kita bisa main layang layang di atas gunung, cukup unik dan anti mainstream ya.

Pertama, kita siapkan terlebih dahulu kerangka layang layangnya saat berada di bawah, atau kamu bisa membawanya dari rumah, persiapkan semua peralatan pendukungnya seperti kertas layang, lem atau selotip, dan tentunya benang untuk menerbangkannya.

Sesampainya di puncak, kita bisa mulai membuat layang layangnya, buatlah di dalam tenda atau di dalam warung, tentunya dengan seizin pemilik warung.

Setelah selesai, coba terbangkanlah layang layang buatanmu, pastikan juga angin sedang bertiup cukup kencang dan cukup kuat untuk menerbangkan layang layangnya, apabila kamu sudah puas bermain layang layang, jangan lupa untuk membawanya turun kembali, jangan dibuang di sembarang tempat, ingat selalu bawa turun sampahmu, karena gunung bukanlah tempat sampah.

Nah, itulah beberapa kegiatan seru dan anti mainstream yang bisa kita lakukan saat berada di gunung Andong, gunung yang terkenal ramah pendaki namun memiliki trek yang cukup menguras tenaga, pastikan kamu olahraga terlebih dahulu sebelum mendaki ya.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments