Skip to main content

Pantai Payangan Jember | HTM, Rute, Penginapan, Fasilitas Terbaru

Selain Malang dan Pacitan, di Jawa Timur masih terdapat Kabupaten lainnya yang memiliki keindahan pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah Kabupaten Jember, di Kabupaten ini terdapat banyak pantai indah dengan pemandangan ciri khasnya masihng-masing.

foto teluk love di pantai payangan jember jatim

Dari banyaknya pantai di Jember, terdapat satu pantai yang cukup unik dan menarik perhatian, yaitu Pantai Payangan, apa yang membuat pantai tersebut unik?



Apa yang Menarik di Pantai Payangan?

Jika biasanya dalam sebuah objek wisata pantai kita hanya akan menemukan satu pantai saja, berbeda dengan Pantai Payangan, disini kita bisa menemukan 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulau, unik bukan?

Bersama dengan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit di Jember karena memang ketiga pantai tersebut berada di satu garis, berbeda dengan Pantai Papuma, Pantai Payangan memiliki pasir berwarna kecoklatan.

Walaupun pasirnya berwarna coklat kehitaman, namun air laut di Pantai Payangan cukup jernih lho, ombak di pantai ini juga terbilang relatif sedang, tidak besar dan tidak kecil.

Selain melihat indahnya panorama alam Pantai Payangan, dikawasan wisata ini kita juga bisa melihat perahu-perahu nelayan karena memang mayoritas warga sekitar berprofesi sebagai pencari ikan.

Sebelumnya Pantai Payangan merupakan satu dari tiga pantai yang kurang populer karena tidak dirawat, namun kini Pantai Payangan berubah menjadi salah satu destinasi yang harus kamu pertimbangkan karena objek wisata tersebut sudah mulai dirawat dan ditata rapi sehingga cukup menarik perhatian wisatawan.

Baca Juga : 
Pantai G-Land, pantai dengan spot surfing terbaik di Pulau Jawa

foto sunset indah di pantai payangan jember jawa timur
sunset di pantai payangan. foto : @ilham47_

Saat pertama kali sampai di lokasi wisata pasti kamu akan sedikit bingung karena di kawasan tersebut terdapat 3 pantai, di pantai bagian utara terdapat pantai yang melengkung dan memiliki pasir hitam, dan pantai yang berada ditengah memiliki bebatuan yang cantik.

Sedangkan di sebelah selatan terdapat padang sabana yang sering digunakan pengunjung untuk berkemah.

Pantai Payangan dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan pemandangan kian unik, cobalah naik keatas tebing, darisitu kita bisa melihat keindahan dan luasnya Pantai Payangan.

Salah satu kegiatan paling favorit yang bisa kita lakukan di Pantai Payangan adalah melihat sunset.

Ya, Pantai Payangan memang terkenal sebagai lokasi keren untuk melihat matahari terbenam di Jember, dari atas bukit kita bisa melihat perlahan-lahan matahari mulai tenggelam, tak jarang para fotografer datang kesini untuk mengabadikan keindahan sunset di Pantai Payangan.

Selain itu, fasilitas di Pantai Payangan juga sudah cukup lengkap seperti terdapatnya musholla, toilet, warung makan dan tentunya tempat parkir, untuk penginapan kamu bisa mencarinya di pusat kota atau didekat kawasan Pantai Papuma atau sebagai alternatif kamu juga bisa mendirikan tenda disekitar pantai.

Baca Juga :
daftar pantai-pantai indah di Kabupaten Jember




foto pemandangan di bukit pantai payangan jember
salah satu bukit di kawasan pantai. foto : @suryamaulanamalik


Fasilitas yang ada:
FASILITAS
Toilet
Tempat Parkir
Spot Foto
Warung Makan
Gazebo
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Pantai Payangan Jember (HTM):
Tiket masuk di Pantai Payangan cukup murah kok, hanya Rp. 5.000/orang saja.

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, sudah terdapat beberpa hotel tak jauh dari lokasi Pantai Payangan, tinggal pilih sesuai selera saja.



Lokasi Pantai Payangan:

Sesuai namanya, Pantai Payangan terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • 32 Km dari Pusat Kota Jember melalui Jl. Kawi (55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Wisata Pantai Payangan

Dari pusat Kota Jember kamu bisa mengambil arah menuju Ambulu, setelah sampai di perempatan Ambulu ambil arah menuju selatan dan ikuti arah ke Pantai Watu Ulo, dari Pantai Watu Ulo kamu tinggal lurus saja hingga sampai di Pantai Payangan.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.

foto pemandangan pantai payangan jawa timur
cocok buat nyantai. foto : @indah




Tips Berlibur Ke Pantai Payangan

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata pantai Jember satu ini adalah saat sunrise dan sore hari untuk melihat sunset.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Jangan lupa membawa baju ganti apabila ingin berenang
  • Ketika berenang, tetap waspada dan hati-hati ya, karena ombak di Pantai Payangan cukup besar.
  • Sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi landscape.



Wisata Terdekat dari Pantai Payangan (-1 Jam):

Pantai Papuma (12 menit)

Pantai Watu Ulo (3 menit)

sumber foto header :akun IG @bakroen


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar