Pulau Menjangan, Spot Diving Paling Keren di Bali Barat


Pulau Menjangan merupakan salah satu spot favorit di Bali untuk melakukan kegiatan bawah laut seperti snorkeling dan diving, terletak disebelah utara Taman Nasional Bali Barat dan masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bali Barat tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.



foto pemandangan bawah laut pulau menjangan 
biota laut di pulau menjangan. foto : diahkhu




Kata Menjangan berasal dari bahasa jawa yang berarti “rusa” karena di pulau menjangan terdapat banyak sekali rusa liar, namun sayang jumlahnya kian menurun, oleh karena itu pulau menjangan dimasukkan dalam kawasan taman nasional bali barat untuk menjaga kelestarian dan menjadikannya sebagai tempat konservasi bagi hewan liar.


Untuk menuju ke pulau menjangan, pertama kita harus menuju pelabuhan lalang, dari pelabuhan lalang kita akan naik speed boat menuju pulau menjangan, perjalanan menuju pulau menjangan dari pelabuhan lalang memakan waktu sekitar 30 – 45 menit.


Selain itu Pulau Menjangan juga terletak tidak jauh dari pelabuhan Gilimanuk, atau hanya sekitar 15 kilometer saja dari pelabuhan Gilimanuk. Pulau Menjangan ini letaknya di bagian Bali Barat (Taman Nasional Bali Barat) yang berbatasan dengan Buleleng dan juga Jembrana.





foto selfie saat snorkeling di pulau menjangan 
selfie dulu sambil snorkeling. foto : daviddessy




Di pelabuhan lalang sudah tersedia berbagai paket diving dan snorkeling yang bisa kita pilih sesuai budget, paket snorkeling terdiri dari kapal boat + guide + asuransi + menyewa peralatan snorkeling. ditambah lagi sepanjang perjalanan menuju pulau menjangan kita akan disuguhi pemandangan keren lautan biru dan gunung yang ada di jawa timur.

baca juga : daftar tempat keren di bali yang harus kamu kunjungi

Untuk penginapan, ada beberapa penginapan yang bisa kita pilih, diantaranya The Menjangan Resort, Taman Sari Bali Resort And Spa, dan Pondok Sari Beach

Pulau menjangan memiliki taman bawah laut yang sangat indah, ada banyak sekali jenis ikan dan terumbu karang yang sudah menunggu kita untuk segera dilihat, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau menjangan adalah saat bulan april sampai november, karena pada bulan itu sedang musim kemarau jadi kita bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan biota laut di pulau menjangan.

Kita bisa mencapai kedalaman sekitar 50 meter pada saat waktu tertentu, tapi jangan kawatir karena kita sudah bisa melihat terumbu karang yang indah pada kedalaman 10 meter saja kok, uniknya pada kedalaman 60 meter terdapat terumbu karang yang membentuk berbagai formasi seperti gua gua kecil dan besar yang berfungsi sebagai habitat berbagai macam karang dan hewan seperti karang lunak, belut moray dan kerapu besar.

baca juga : pesona keindahan pantai balangan yang banyak ditumbuhi pohon kelapa



foto pemandangan pulau menjangan bali 
pemandangan dari atas. foto : nherdananto


nah, dibawah ini adalah beberapa spot diving yang paling terkenal di pulau menjangan :




Eel Gardens

terletak dibagian barat pulau menjangan, sering disebut sebagai spot terbaik di pulau menjangan karena memiliki banyak sekali sea fans dan garden eel.



Secret Bay

di secret bay kedalaman laut cukup dangkal dengan pemandangan terumbu karang dan pasir berlumpur di dasar lautnya yang menjadi habitat bagi biota laut endemik yang langka, jika kita menyelam pada saat waktu yang tepat maka cukup dengan kedalaman 10 meter saja kita sudah bisa melihat berbagai jenis biota laut seperti, belut pita, lion fish, udang laut, dragonets dan masih banyak lagi, namun air disini lebih dingin daripada perairan di Bali lainnya.



Anchor Wreck

hanya disarankan bagi penyelam yang sudah berpengalaman dan profesional, Anchor Wreck memiliki kedalaman sekitar 45 meter dengan pemandangan yang sangat keren, karena terdapat bangaki kapal, yang menurut masayarakat sekitar, bangkai kapal laut tersebut adalah milik Belanda yang karam pada abad ke-19 pada perang dunia II.



Setelah puas bermain air di laut, kini kamu bisa duduk-duduk santai di pinggiran pulau yang tak berpenghuni tersebut, bahkan jika beruntung kita bisa melihat rusa-rusa yang sedang mencari makan lho, tapi jangan diburu ya, karena hewan itu dilindungi.




foto bawah laut pulau menjangan bali
ikan hias dan terumbu karang cantik akan menemanimu. foto : balicontour.com




Tips Saat Berlibur Ke Pulau Menjangan :


  • Karena pulau menjangan merupakan pulau yang tidak berpenghuni, maka sangat disarankan untuk membawa makanan dan obat obatan sendiri, disarankan untuk menginap disalah satu hotel karena total perjalan bisa memakan waktu sekitar 7 jam.

  • pilihlah waktu yang tepat, yaitu saat musim kemarau, karena saat musim hujan biasanya pemandangan di bawah air tidak terlalu kelihatan, jadi kita kurang puas.

  • Waktu terbaik untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan adalah pada bulan April hingga November.



baca juga : pantai kelan, spot alternatif melihat sunset di bali


Nah, selain di pulau menjangan sendiri, bali juga memiliki spot spot keren lainnya, yaitu di kepulauan nusa, antara lain nusa penida, nusa lembongan dan nusa ceningan, dan untuk menyebrang menuju ketiga pulau tersebut harus melalui pantai sanur.


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »