Skip to main content

Info Lengkap Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Siapa diantara kalian yang menyukai wisata air terjun? lalu air terjun apa saja yang kamu tahu dan pernah datangi?

Sebagai negara yang dilintasi garis katulistiwa, Indonesia memiliki banyak sekali tempat tempat wisata alam menarik, salah satunya adalah air terjun.

foto keren pemandangan curug cikaso sukabumi 

Nah, berbicara tentang air terjun, ada sebuah air terjun yang terletak di jawa barat, tepatnya di Sukabumi, yang mempunyai pemandangan sangat indah lho, namanya air terjun cikaso, atau biasa dikenal dengan sebutan curug cikaso.



Apa yang Menarik dari Curug Cikaso ini?

Nama asli dari curug cikaso adalah curug Luhur, lebih dikenal dengan curug cikaso karena aliran air di air terjun ini berasal dari sungai cikaso, maka dari itu banyak orang menyebutnya dengan nama curug cikaso.

Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar kurang lebih 100 meter. Curug Cikaso ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang sedang berlibur ke sukabumi.

Air terjun ini bisa dibilang cukup unik, disini terdapat 3 air terjun, dimana ketiganya memiliki nama yang berbeda-beda, dari kiri nama air terjun ini adalah curug Asepan, curug Meong, dan curug Aki.

foto indah curug cikaso sukabumi jawa barat 
pemandangan dari dekat. foto : ngelancongyuk

Dibawah aliran air terjun Cikaso terdapat sebuah kolam kecil dimana air tersebut kadang berwarna hijau tosca, warna ini diakibatkan oleh ganggang yang terdapat di dasar kolam dan juga karena bias cahaya matahari yang memantul ke permukaan air sehingga membuat pemandangan kian indah.

Curug Cikaso sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang mengaku traveler dan fotografer alam sejati, pemandangan alami dari air terjun cikaso layak kamu abadikan kedalam frame kameramu, tapi hati-hati, jangan sampai kameramu basah ya.

Selain melihat keindahan alam dan mandi di Curug Cikaso, kita juga bisa berkeliling sungai dengan menaiki perahu, sudah ada perahu khusus untuk kita para pengunjung yang ingin berkeliling sungai, oh iya, saat paling tepat untuk berkeliling menggunakan perahu adalah saat debit air sungai cukup besar.

Sebagai objek wisata populer, akses menuju Curug Cikaso bisa dibilang cukup mudah, bisa dijangkau darimanapun, terlebih lagi transportasi umum menuju tempat wisata Sukabumi ini juga sudah banyak, dan tentunya fasilitas disini juga cukup lengkap.



Fasilitas:
  • tempat parkir
  • warung makan
  • toilet umum
  • dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso:
Rp. 27.000

Sewa Perahu:
Rp. 60.000/orang (kapasitas 10 orang)



Lokasi Curug Cikaso:

  • Alamat ; Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • 85 km dari pusat kota Sukabumi melalui Jl. Jampang Tengah-Lengkong (2 jam 35 menit)
  • 8 km dari Surade (15 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Curug Cikaso Sukabumi

Apabila kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik angkot dengan jurusan Surade, kemudian kamu bisa turun di pertigaan Surade, lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek menuju lokasi Curug Cikaso, arah Curug Cikaso ini masih sama dengan arah menuju Pantai Ujunggenteng.




Tips Saat Berlibur Ke Curug Cikaso :

  • datanglah saat pagi atau sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu terik.
  • janga buang sampah sembarangan.
  • pilih waktu yang tepat, yaitu saat debit air cukup besar, biasanya ketika musim penghujan.
  • banyak transportasi yang melewati daerah ini, jadi jangan kawatir.
  • jika tidak tahu jalan, jangan malu untuk bertanya dengan penduduk sekitar.
  • jangan lupa bawa baju ganti.


Wisata Terdekat Dari Curug Cikaso (-1 Jam):

Pantai Ujung Genteng (46 menit)

Pantai Mina Jaya (29 menit)



sumber foto header:
akun IG https://www.instagram.com/rinamstf/



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar