Masjid Al Aqsha, Masjid Megah Kebanggaan Warga Klaten

0 Comments A+ a-

Indonesia memang salah satu negara muslim terbesar di dunia, tak heran jika di Indonesia kita sangat mudah menemukan masjid.

masjid al aqsha klaten
masjid al aqsha klaten. foto : @bayusamcloth

Nah, berbicara mengenai masjid, di Klaten dibangun sebuah Masjid Agung dengan arsitektur yang sangat megah lho. Namanya Masjid Al Aqsha.

Masjid Al Aqsha ini dibangun tepat di samping jalan raya Solo-Jogja, tanah yang digunakan untuk pembangunan Masjid Al Aqsha adalah bekas terminal, yang kini terminal tersebut sudah dipindahkan ke dekat jalan lingkar Klaten.

Menurut informasi, pembangunan Masjid Al Aqsha ini menghabiskan dana sekitar 65 miliar, cukup banyak ya? Tapi, hal ini setara dengan bangunan Masjid Al Aqsha yang nampak sangat indah.

masjid agung klaten
view dari atas. foto : @sri.gondola

Masjid Al Aqsha Klaten mengusung arsitektur khas Timur Tengah, hal ini terlihat dari ornamen dan kaligrafi yang menghiasi dinding-dinding masjid.

Masjid Al Aqsha ini memiliki tiga lantai, tempat shalat berada di lantai dua dan tiga, jadi dari halaman depan masjid kita harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk menuju ke lantai dua.

Masjid Al Aqsha Klaten ini memiliki kubah yang cukup besar, dari dalam masjid, nampak kubah tersebut dihiasi kaligrafi dengan nama Allah berada di tengahnya.

mihrab masjid al aqsha klaten
mihrab di masjid al aqsha. foto : @zenrisna

Pencahayaan di Masjid Al Aqsha juga cukup baik, selain itu masjid ini didominasi dengan warna coklat, putih dan emas yang membuat Masjid Al Aqsha terlihat sangat megah.

Halaman luar Masjid Al Aqsha Klaten juga cukup luas, kedepannya halaman ini akan dihiasi dengan pepohonan agar terlihat asri. Tak hanya itu saja, di depan masjid juga terdapat sebuah menara yang mirip dengan menara Asmaul Husna di Masjid Agung Jawa Tengah Semarang.

Setiap harinya Masjid Agung Al Aqsha Klaten ini selalu ramai dikunjungi masyarakat, baik masyarakat lokal Klaten sendiri maupun masyarakat luar daerah yang penasaran dengan kemegahan Masjid Al Aqsha.



masjid agung al aqsha klaten
view dari seberang jalan. foto : @kang_ghupron




Rute Menuju Masjid Agung Klaten

Akses menuju Masjid Al Aqsha Klaten sangatlah mudah karena lokasinya yang berada di sebelah jalan raya utama, dari arah Solo kamu tinggal mengikuti Jalan Raya Solo-Jogja (jalan utama Klaten) saja, kamu akan melihat Masjid Al Aqsha berada di kanan jalan.

Sedangkan dari arah Jogja juga sama saja kok, kamu tinggal melalui jalan utama Kota Klaten, nanti kamu akan menemukan Masjid Al Aqsha berada di pinggir jalan.

Dengan adanya Masjid Al Aqsha Klaten ini, kita berharap agar umat muslim di Klaten semakin rajin ke masjid karena masjidnya yang sangat keren. Jadi mulai sekarang kita “nongkrong”nya di masjid ya, bukan di mall.



loading...