Skip to main content

Berencana Akan Berlibur ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Ini Dulu Ya

Wae Rebo merupakan sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores, NTT, desa Wae Rebo merupakan sebuah desa tradisional yang letaknya jauh dari desa-desa tetangga, bahkan untuk sampai di lokasi desanya kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam lho.

foto desa wae rebo flores
desa wae rebo. foto : longlastingtrip.com

Walaupun jauh, tapi ternyata Desa Wae Rebo sudah menjadi tujuan wisata yang sangat populer dikalangan traveler baik lokal maupun mancanegara karena kunikan tradisi dan budayanya.

Ditambah lagi pemandangan di desa Wae Rebo terbilang sangat indah, nah bagi kamu yang berencana ingin menuju ke Wae Rebo, sebelumnya kamu harus mempersiapkan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu ya, apa sajakah itu ?






Stamina Dan Fisik yang Kuat

Menuju desa Wae Rebo tidaklah mudah, butuh perjuangan ekstra dari desa Denge, yaitu desa terdekat dengan Wae Rebo.

Dari desa Denge kita harus berjalan kaki dengan kurun waktu sekitar 4 jam, tergantung seberapa cepat kamu berjalan, trek yang akan kita lalui adalah jalan tanah dengan tebing, hutan dan jurang yang akan senantiasa menemani kita.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat menyejukkan, untuk itu persiapkan terlebih dahulu fisikmu agar kuat berjalan kaki selama 4 jam.

Bagi orang yang sudah terbiasa mendaki gunung sih mungkin tidak akan mengalami kendala, tapi bagi kamu yang jarang atau belum pernah mendaki gunung, disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum pergi ke Wae Rebo.




Alas Kaki dan Ransel yang Nyaman




foto sepatu gunung keren 
pilih sepatu yang nyaman di kaki

Walaupun trek yang akan kita lalui terbilang mudah, namun cukup menguras tenaga lho, untuk itu kamu harus menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sendal yang nyaman untuk kegiatan outdoor.

Contohnya saja sepatu trekking yang memiliki alas empuk, jangan menyiksa diri dengan menggunakan sepatu/sandal yang seharusnya digunakan ke mall.

Selain itu, walaupun dalam perjalanan kita menyewa porter, tetap saja kita harus membawa sebuah ransel atau tas kecil untuk menyimpan barang barang pribadi kita, jadi pilihlah tas yang nyaman dan tidak cepat membuat pundak kamu pegal.






Bawa Uang Tunai Secukupnya

Nah, yang satu ini cukup penting karena kita akan menuju ke sebuah desa di atas gunung, jadi persiapkan uang tunai kamu secukupnya, tempat terakhir yang terdapat ATM adalah di Labuan Bajo, ambilah uang tunai secukupnya jangan sampai kurang untuk membayar porter, penginapan dan tentunya souvenir khas Wae Rebo.





Powerbank, Baterai Cadangan dan Kamera

foto fotografer unik 
persiapkan kamera terbaikmu.

Di zaman modern seperti ini tentu kamera dan smarphone sangat penting untuk dibawa ketika traveling, namun tujuan kita kali ini adalah Wae Rebo, dimana listrik di desa ini hanya menyala pada jam 6 sore hingga jam 10 malam.

Jadi jangan lupa untuk membawa powerbank/batrei cadangan untuk smartphone kamu, atau jika kamu punya kamera poket/DSLR akan sangat lebih baik, karena disini tidak ada sinyal.

Jadi smartphone tidak terlalu dibutuhkan, kecuali kamu memiliki smartphone yang tahan lama, yang pasti jangan sampai kamu gagal mengabadikan momen kebersamaan dengan masyarakat Wae Rebo ya.








Jaket Atau Baju Hangat

foto jaket gunung keren 
jangan lupa membawa jaket biar gak kedinginan. foto : wiranurmansyah.com

Percayalah, tujuan kita kali ini adalah Wae Rebo yang secara geografis terletak di dataran tinggi, udara saat malam disini cukup dingin, walaupun kita tidur di dalam rumah Mbaru Niang dan berselimut tebal namun terkadang kita juga tetap membutuhkan lapisan jaket hangat, apalagi bagi kamu yang tidak tahan dengan udara dingin.






Buku Bacaan

Masalah utama di Wae Rebo adalah pendidikan, anak anak di desa Wae Rebo masih kurang pendidikan, nah, kamu bisa membawakan buku bacaan yang bermanfaat bagi anak-anak kecil disana.

Kamu bisa memberikannya kepada kepala desa disana karena di Wae Rebo ada himbauan untuk tidak memberikan sesuatu seperti permen, uang ataupun buku secara langsung kepada anak-anak untuk menghindari mental meminta minta.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang harus dibawa saat akan berlibur ke Wae Rebo, jadi kapan kamu akan berlibur ke Wae Rebo ?




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar