Skip to main content

Gentala Arasy (Jembatan Pedestrian) Jembatan Khusus Pejalan Kaki yang Keren Di Kota Jambi

Siapa bilang jembatan untuk pejalan kaki hanya ada di luar negri saja, di Jambi juga ada lho, namanya Jembatan Pedestrian yang terletak membentang diatas sungai Batanghari, Jembatan ini diresmikan pada tahun 2015.

Karakteristik dari Jembatan Pedestrian sangat unik, yaitu membentuk layaknya huruf “S” dengan panjang kurang lebih 530 meter, jembatan ini memang dikhususkan untuk para pejalan kaki, hal ini terlihat dengan adanya tangga disetiap ujung yang membuat kendaraan tidak bisa lewat.

Nah, apa saja sih yang bisa kita lakukan di Jembatan Pedestrian ini, jembatan yang kini menjadi ikon wisata ngehits di Jambi? Yuk kita simak.





Hunting Foto

foto gentala arasy jembatan pedestrian 
pemandangannya mirip di luar negri ya. foto : gusmanhsg


Ya, keunikan yang dimiliki Jembatan Pedestrian membuat banyak orang penasaran untuk datang kesana, jembatan yang mengusung konsep jembatan gantung ini memang sangat keren, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai lokasi hunting foto alternatif.

Pemandangan yang keren dan desain yang unik menjadi daya tarik tersendiri, tentunya hal tersebut layak kamu abadikan kedalam kamera, kamu bisa datang saat pagi atau sore hari untuk mendapatkan foto yang kece.





Wisata Kuliner

foto bandrek sekuteng makanan khas jambi 
bandrek sekuteng. foto : bandrek_jambi


Di sisi lain Jembatan Pedestrian terdapat sebuah pasar tradisional bernama Pasar Angsoduo, disini kamu bisa mencicipi makanan tradisional khas Jambi sambil bersantai menikmati pemandangan bersama keluarga atau teman.





Menghabiskan Senja

foto senja di gentala arasy jambi 
pemandangan saat senja. foto : ilham_marendrias

Nah, yang satu ini adalah kegiatan favorit masyarakat sekitar, biasanya masyarakat sekitar datang saat sore hari untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga, menghabiskan sore hari di Jembatan Pedestrian memang sangat menyenangkan ditambah dengan pemandangan sunset yang keren, kegiatan ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif wisata murah meriah.






Wisata Religi

foto menara gentala arasy di jambi 
menara gentala arasy yang terlihat megah. foto : azamispm


Di salah satu ujung Jembatan Pedestrian terdapat sebuah menara bernama menara Gentala Arasy, yang merupakan sebuah singkatan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayuti, dinamakan demikian karena Abdurrahman Sayuti adalah mantan Gubernur Jambi yang pernah menjabat pada periode 1990-2000 dan juga lahir di daerah ini.

Menara Gentala Arasy juga difungsikan sebagai pengeras suara adzan yang langsung tersambung ke Masjid Agung Al Fallah, nah selain berwisata kuliner dan hunting foto, kamu juga bisa berwisata religi ke Masjid Agung Al Fallah tersebut.

Bentuk menara Gentala Arasy cukup unik, yaitu berbentuk seperti masjid kecil yang terdapat menara diatasnya, lokasi ini juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto.

Lokasi dari Jembatan Pedestrian sendiri berada di tengah kota, jadi cukup mudah untuk menjangkaunya dengan transportasi umum, ditambah lagi tidak adanya tiket masuk karena Pemerintah Jambi menggratiskannya, jadi jaga baik baik ya.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar