Tips Ringkas Mendaki Gunung Saat Musim Hujan (Langsung Bisa Dipraktekkan)

Tips Ringkas Mendaki Gunung Saat Musim Hujan (Langsung Bisa Dipraktekkan)

puncak gunung merbabu

Musim hujan sudah tiba, ini artinya gunung-gunung di Indonesia mendekati waktu perbaikan ekosistem, yaitu penutupan pada setiap akhir tahun untuk menjaga kelestarian alam di gunung yang dalam setahun sudah dijajah oleh manusia.

Namun walaupun musim hujan, ternyata masih banyak para pendaki yang tetap ingin mendaki gunung loh. Bukan tanpa alasan, sebab apabila musim hujan tiba, biasanya pemandangan ketika sunrise di puncak gunung akan terlihat sangat indah. Dengan syarat saat itu tidak mendung.

Tapi yang perlu diperhatikan, ketika kamu ingin mendaki saat musim hujan, tentu ada peralatan peralatan khusus yang harus kamu bawa. Nah, dibawah ini Brobali.com sudah merangkum beberapa tips mendaki gunung saat hujan. Yuk kita simak.




Pastikan Kondisi Tubuh

Sebelum memulai mendaki gunung saat hujan, cek terlebih dahulu kondisi badanmu, apakah kamu benar benar dalam keadaan fit atau sedang merasa agak tidak enak badan.

Jangan pernah memaksakan diri untuk mendaki gunung ketika badan sedang tidak enak, karena suhu dingin di gunung saat musim hujan bisa sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.




Bawalah Peralatan Khusus Musim Hujan

Jika ketika mendaki di musim kemarau kamu tidak pernah membawa jas hujan, ini saatnya kamu membawanya agar badanmu tidak basah akibat air hujan yang tentu akan terasa sangat dingin ketika kamu berada di atas gunung.

Peralatan lain yang perlu kamu bawa salah satunya adalah selimut yang terbuat dari alumunium foil untuk pencegahan hipotermia yang disebabkan turunnya suhu tubuh akibat udara dingin.



Lihat Perkiraan Cuaca

Sebelum memutuskan mendaki di musim hujan, kamu bisa mencari informasi tentang cuaca di gunung tersebut. Kamu bisa menghubungi basecamp untuk menanyakan kondisi cuaca beberapa hari lalu di gunung itu.

Jika dirasakan cuaca cukup mendukung, silahkan kamu buat rencananya, tapi apabila cuaca kurang mendukung, jangan memaksa untuk tetap mendaki. Pertimbangkan keselamatan ya guys.



Mastikan Peralatan Komunikasi

Ketika kamu sudah mulai mendaki, lalu tiba-tiba turun hujan, matikanlah peralatan komunikasi yang mempunyai sinyal. Sebab, gelombang sinyal tersebut dapat memancing petir untuk menyambar melalui gelombang sinyal.



Pilih Gunung Pendek

Sebagai pilihan bijak, kamu bisa memilih gunung-gunung dengan jalur pendakian yang tidak terlalu lama agar kamu bisa cepat beristirahat didalam tenda. Beberapa gunung dengan jalur pendakian cukup pendek seperti gunung Andong, Prau, Ungaran, Puncak 29 dan masih banyak lagi.



Berdoalah

Yang terakhir dan yang paling penting adalah berdoa. Sebab, sekeras apapun uasahamu, jika Allah sudah berkehendak lain kamu bisa apa? Jadi, berdoalah agar perjalananmu dimudahkan, selamat sampai kembali kerumah lagi.

Nah, itulah beberapa tips mendaki gunung saat musim hujan. Simpel dan ringkas, langsung bisa kamu praktekkan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments