Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Tempat Wisata di Ciamis yang Menarik dan Wajib Untuk Dikunjungi

curug penganten ciamis

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kabupaten Ciamis?
Ciamis merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat dimana daerah ini juga berbatasan dengan Kuningan, Majalengka, Cilacap, Pangandaran, Banjar dan Tasikmalaya.

Jika kamu tengah ingin mencari tempat wisata yang menarik kamu bisa mengunjungi Ciamis karena memang di Ciamis sendiri ada begitu banyak pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi baik bersama dengan teman-teman, keluarga dan juga sahabat.

Jika kamu dari Cirebon, kamu bisa ke Ciamis dengan mobil yang jarak tempuhnya hanya sekitar 3 jam saja dan dari Bandung bisa ditempuh tiga jam setengah.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu tempat wisata di Ciamis yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari liburan kamu, berikut ini informasi tempat-tempat wisata menarik yang dirangkum dari berbagai sumber Berita Ciamis. Yuk, simak penjelasannya.



Grand Sayang Kaak

Tempat wisata di Ciamis pertama yang akan saya bahas adalah Grand Sayang Kaak dimana tempat wisata satu ini adalah salah satu objek wisata yang kekinian yang ada di Ciamis.

Lokasi dari tempat wisata ini adalah di Desa Handapherang atau tepatnya di Kecamatan Cijeungjing.

Di tempat wisata satu ini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari berfoto karena memang objek wisata ini sangat cantik jadi nanti sudah disediakan beberapa objek foto seperti bentuk meja dan hati yang ada di latar belakang tebing.

Jadi untuk kamu yang suka dengan swafoto kamu bisa berfoto di tempat ini. Tidak hanya dijadikan sebagai swafoto, di Grand Sayang Kaak ini juga ada begitu banyak aneka permainan untuk anak-anak yang berkunjung.

Apabila kamu tengah bingung ingin mengajak anak-anak berkunjung ke tempat ini kamu bisa mengajaknya ke tempat permainan anak-anak misalnya flying fox.

Sementara untuk kamu yang sudah dewasa kamu bisa memilih tempat atau wahana lain misalnya jembatan tali, bisa juga menyusuri sungai Citanduy atau juga bermain ATV dan bermain arung jeram.

Di tempat wisata ini kamu bisa piknik seraya menikmati indahnya pemandangan. Kamu juga bisa gunakan tempat ini untuk berkemah dan melakukan aktivitas yang lain yang tentunya sangat menarik dilakukan di tempat wisata satu ini.



Curug Penganten

Tempat wisata di Ciamis kedua yang akan saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin berlibur di ciamis adalah Curug Panganten.

Jika kamu ingin mencari wisata alam kamu bisa mengunjungi objek wisata ini yang letaknya di kaki Gunung Sawal atau tepatnya di Dusun Palasari Kecamatan Cikoneng.

Bahasa Indonesia dari Curug Panganten bisa disebut sebagai air terjun pengantin yang punya dua air terjun seperti layaknya berpasangan.

Kelebihan dari tempat wisata satu ini adalah pemandangannya yang sangat indah karena disini kamu bisa melihat tebing batu cadas yang punya ketinggian kurang lebih 60 meter dan juga dikelilingi pohon pinus yang rindang dan kokoh.
Di Curug Panganten ini juga airnya bisa dibilang jernih karena memang berasal dari mata air Gunung Sawal. Di musim hujan juga tetap jernih jadi sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin berlibur ke Ciamis.

Di tempat wisata Curug Panganten ini juga ada mitos yang sangat terkenal yakni di tempat ini kamu bisa ritual mandi seraya berdzikir di air terjunnya karena banyak orang yang mempercayai jika melakukan kegiatan ini di Curug Panganten maka apapun tujuan serta keinginan kita bisa tercapai nanti.



Ciungwanara

Tempat wisata di Ciamis ketiga yang sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur adalah Ciungwanara. Objek wisata satu ini dikenal juga sebagai cerita dari kerajaan Sunda Galuh.

Lokasi ini memiliki banyak sekali peninggalan sejarah dari kerajaan Galuh Purba. Ada juga peninggalan yang dapat dilihat misalnya petilasan batu pangcalikan atau juga bekas singgasana raja, ada juga situs Sanghiyang Bedil, Makam Adipati Panaekan dan juga lokasi penyabungan ayam juga bisa kamu datangi ketika berlibur di tempat satu ini.

Ciungwanara juga punya hutan yang luas yang ditumbuhi pohon-pohn yang berusia ratusan tahun misalnya pohon binong yang menurut masyarakat setempat diyakini telah berusia 600 tahun.

Tidak hanya itu, ada juga banyak pohon tua yang lain misalnya bencoy, kihideung, burahol, heras nyatuh, kedoya, bungur, kisaheun, tutundunan dan masih banyak lagi pohon tua lain yang usianya sudah ratusan tahun.

Di Ciungwanara juga ada monumen Gong Perdamaian Dunia yang sudah diresmikan pada tanggal 9 September 2009 dan ada juga Museum Situs Karangkamulyaan.



Situ Gunung

Tempat wisata di Ciamis keempat adalah situ gunung yang bisa dibilang objek wisata yang sangat menarik. Objek wisata satu ini juga berada di Desa Tenggerraharja, Kecamatan Sukamantri. 

Objek wisata ini punya danau yang dikelilingi bukit dan hutan pinus. Di tempat wisata satu ini ada kafe perahu terapung, ada sarang burung raksasa, ada tenda dan ada juga ayunan yang dapat digunakan oleh para pengunjung.



Masjid Ciamis

Dan terakhir ada masjid agung ciamis untuk kamu yang ingin melihat ikon dari Ciamis dimana masjid satu ini berada di pusat kota atau tepatnya di barat alun-alun.

Masjid Ciamis ini dibangun pada tahun 1992 dan punya 4 kubah kecil  dimana kubah-kubah ini mengelilingi satu kubah besar yang ada di tengah.

Masjid yang dibangun diatas tanah  8500 meter persegi ini punya atap yang berbentuk kerucut yang punya tiga tingkatan dan masjid ini juga mirip dengan masjid Demak ataupun Masjid Agung Bandung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.




Sumber Foto: Istimewa


Artikel ini disponsori oleh Harapanrakyat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar