Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

5 Filosofi Nasi Tumpeng Dilihat dari Bahan-Bahan yang Disajikan

nasi tumpeng jakarta

Indonesia dengan berbagai keanekaragaman hayati dan juga kulinernya, tumpeng masih menjadi pilihan utama dalam berbagai perayaan.

Sayayakinsetiap orang Indonesia pasti mengenali tumpeng dimana nasi kuning ataupun nasi uduk dibentuk khas kerucut.

Nasi tumpeng biasanya mayoritas diisi dengan nasi dengan bentuk kerucut kemudian di sisi samping sampingnya diberikan lauk pauk.

Nasi tumpeng semakin berkembang dimana yang awalnya cuma berada di tampah yang dialasi dengan daun pisang saat ini berubah menjadi lebih modern dengan berbagai macam bentuk dan juga ukuran.

Nah bagi teman-teman semuanya disini kami akan mencoba menuliskan berbagai makna dari setiap bagian pada tumpeng yang hampir dipastikan ada di setiap nasi tumpeng.



1. Nasi putih

Nasi disini dibentuk seperti kerucut memiliki makna lambing tangan yang sedang rapat menyembah Tuhan. Nasi putih di sini juga melambangkan bahwa setiap yang kita makan haruslah halal dan juga bersih selain itu juga harapan untuk kehidupan yang semakin membaik.



2. Lauk dengan ayam yang dimasak  ingkung

Ini melambangkan bahwa setiap ayam yang dimasak dengan kuah santan kental melambangkan bahwa ibadah yang khusyuk serta hati yang tenang. Ayam jago juga melambangkan terhindar dari sifat-sifat yang buruk seperti sombong congkak dan juga suka menyela ataupun benar sendiri.


3. Hidangan Ikan Laut

Untuk hidangan ikan laut biasanya menggunakan ikan teri dimana ikan teri merupakan ikan kecil yang menjadi santapanbagi ikan yang lebih besar.
Oleh karena itu ikan tesebut selalu hidup berdampingan dan bergerombol sehingga ini mengiaskan bahwa manusia hidup selalu membutuhkan interaksi social serta hubungan baik terhadap sesama.




4. Telur rebus

Dalam maknanya penggunaan telur rebus bermakna bahwa ssetiap aktivitas dalam hidup seharusnya direncanakan agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.





5. Urap sayur

Nasi urap sayur ini biasanya terdiri dari beberapa sayuran yang disajikan menjadi satu, dari berbagai urapan hamper dipastikan terdiri atas tauge, kangkung,bayam, kacang panjang serta urapan itu sendiri.

Kami akan mencoba memberikan makna dari berbagai sayuran yang digunakan dalam urapan ini.

Tauge yang bermakna pertumbuhan dan kreatifitas, tauge yang awalnya terbuat dari kacang hijau ini memiliki makna kesuburan

Kangkung yang dalam faktanya bisa hidup di air dan di darat sehingga melambangkan bahwa manusia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Bayam yang memiliki daun sederhana dan juga warna hijau muda yang segar melambangkan kehidupan ini selalu dalam keadaan ayem Tentrem dan juga sejuk dalam berumah tangga tanpa ada konflik.

Kacang panjang bermakna bahwa hidup selalu harus berfikir panjang dalam mengambil keputusan. Selain itu kacang panjang juga melambang kan mengenai umur yang panjang.

Cabe merah yang biasanya ditaruh di ujung tumpeng ataupun di pojokan berwarna seperti api yang dapat menerangi bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Bumbu urap yang terbuat dari parutan kelapa arti Urip ataupun hidup dalam artian dapat menghidupi atau menafkahi seluruh keluarga.

Dalam beberapa lauk pauk yang ada di tumpeng memberikan analogi terhadap kita mengenai kehidupan kita sebagai manusia harus bisa beradaptasi dan juga memberikan manfaat terhadap orang lain di sekitar kita.

Dari tulisan tersebut serta bermaknanya tumpeng untuk setiap acara, kamu tidak perlu bingung apabila ingin memesan nasi tumpeng jakarta. Cuku pklikdan datang ke website kami untuk memesan tumpeng untuk semua kebutuhan acaramu.



Artikel ini disponsori oleh  Nasitumpengjakarta.co.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar