Skip to main content

10 Tips Sukses Memulai Usaha untuk Pemula

tips memulai usaha

Kesuksesan adalah hal yang dicari setiap orang. Salah satu langkah yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya dengan memulai usaha. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi trend di semua kalangan warga, terutama golongan muda. Oleh karena itu, sekarang ini banyak orang yang telah sukses menjadi pebisnis di usia muda.

Hal ini tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat usaha menjadi pilihannya, trademark indonesia sangat penting sebelum merek dijual di Indonesia.

Untuk sukses memulai usaha tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Serta ada pemikiran yang mengatakan bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang dapat kok menjadi pebisnis jika kamu ingin belajar dan bekerja keras.

Berikut ini adalah 10 tips untuk sukses memulai usaha untuk pemula oleh Scott Gerber.


1. Fokus pada satu peluang usaha
Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, sekarang ini seakan-akan segala hal dapat menjadi peluang usaha. Dengan begitu banyaknya peluang yang bisa diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah berusaha untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bertepatan. Tapi apakah itu benar?

Tidak ada yang benar atau salah, karena semuanya tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja. Lindungi merek anda dengan melakukan pendaftaran merek agar merek terlindungi.

Dengan kamu fokus pada satu peluang, karena itu semua ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan usaha semakin lebih terarah. Ini akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan semua ide-ide itu. Mengurus satu usaha saja telah sulit, apalagi jika banyak, ya nggak?


2. Lakukan hal yang kamu sukai
Dalam melakukan apa saja , jika kita menyukai apa yang kita lakukan, karena itu kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Semua pekerjaan jika ditekuni dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada sekarang ini.

Namun bagi kamu yang bercita-cita menjadi pebisnis, jangan memulai usaha hanya karena melihat untung yang besar, terlihat bagus, atau karena disuruh. Umumnya, hal yang bagus untuk dilakukan saat memulai usaha adalah, berdasarkan hoby. Jika hoby kamu adalah fotografi, kamu bisa mulai menjual perlengkapan camera. Dengan begitu, hoby kamu terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.


3. Kuasai segalanya tentang usaha kamu
Di awal memulai usaha, umumnya jarang ada investor yang berani meletakkan uangnya disana. Namun peluang itu dapat datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang usaha yang kamu geluti dan tetap siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini ditujukan agar kamu bisa membuat investor percaya jika ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang sangat paham tentang usaha ini.


4.Selalu ingin belajar dari orang lain
Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangat penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukannya.

Pilih mentor, teman atau orang yang sudah sukses menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang penting dilakukan untuk sukses. Lebih banyak dengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.


Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar