Skip to main content

Membangun Basemant Atau Lantai Dua, Mana yang Lebih Baik?

Tak sedikit orang bertanya-tanya, lebih baik membangun basemant (ruang bawah tanah) atau membangun rumah bertingkat?

ruang bawah tanah
ruang bawah tanah. foto nashvillesmls.com

Kedua pilihan tersebut masing-masing meniliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebenarnya pilihan tergantung padamu, kamu punya budget berapa dan lokasi seperti apa.

Membangun Basement atau ruang bawah tanah struktur yang diperlukan tidaklah seperti membangun bangunan pada umumnya. Struktur yang dipilih harus mampu menahan beban tanah yang mendorong rumah.

Biasanya dinding pada bangunan ruang bawah tanah ini akan dimanfaatkan juga sebagai pondasi sehingga berpotensi menambah biaya yang dikeluarkan.

Pembangunan ruang bawah tanah pasti menggunakan beton yang relatif lebih banyak dibandingkan ketika ingin membangun lantai dua, karena bangunan 2 lantai lebih banyak menggunakan dinding batu bata. Sedangkan ruang bawah tanah pasti membutuhkan lantai dan dinding yang lebih tebal dari biasanya.

Selain itu ruang bawah tanah juga sangat beresiko mengalami kebocoran, sistem yang tidak homogen akan mengakibatkan resiko kebocoran, contohnya seperti pengecoran yang dilakukan berbeda hari akan mengakibatkan resiko kebocoran lebih tinggi.


Karena itu lebih baik membangun rumah dua lantai dibandingkan membangun basemant atau ruang bawah tanah karena selain lebih mudah juga lebih ringan di biaya.



Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar