Skip to main content

Waspadai Pembengkakan Kelenjar Getah Bening! Bisa Jadi Penyakit Berbahaya

kelenjar getah bening
source: halodoc


Kita sering mendengar orang-orang menyebut kelenjar getah bening, namun tak sedikit orang yang tidak mengetahui fungsi dari kelenjar getah bening itu sendiri pada tubuh kita.


Sedikit penjelasan, kelenjar getah bening adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang termasuk dalam sistem limfatik.


Kelenjar getah bening ini berfungsi untuk melawan virus, parasit, bakteri, menghancurkan zat beracun, hingga melawan sel kanker.


Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, diantaranya:

  • Dagu
  • Ketiak
  • Leher
  • Belakang telinga
  • Belakang kepala
  • Pangkal paha


Sebagian orang pasti pernah merasakan yang namanya pembengkakan kelenjar getah bening. Lalu, kenapa kelenjar getah bening ini bisa bengkak?


Terlepas dari rentannya kelenjar getah bening mengalami gangguan, pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi karena hasil reaksi melawan zat yang membahayakan tubuh, oleh sebab itu kelenjar getah bening mengeluarkan banyak sel imun yang memancing terjadinya pembesaran.


Pembengkakan kelenjar getah bening dapat terjadi pada siapa saja, baik itu orang tua, remaja, hingga anak-anak.


Ketika pembengkakan terjadi, terkadang kita akan merasakan nyeri di bagian tubuh yang mengalami bengkak, namun bisa juga pembengkakan tersebut tidak disertai rasa nyeri.


Umumnya rasa nyeri itu akan hilang beberapa hari kemudian.


Nah, yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah pembengkakan kelenjar getah bening ini termasuk penyakit berbahaya?


Tenang, pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu berwujud penyakit berbahaya seperti kanker atau semacamnya.


Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening umumnya akan sembuh dalam beberapa hari. Namun pada kasus-kasus tertentu pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi tanda penyakit serius apabila tidak sembuh dalam beberapa hari.


Ada beberapa cara untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening tersebut, diantaranya seperti banyak istirahat, mengompres area nyeri dengan air hangat, mengonsumsi obat antibiotik, hingga konsultasi langsung dengan dokter.


Jika kamu khawatir dengan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah beningmu, kamu bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar tahu apa penanganan pertama yang perlu dilakukan.


Di zaman modern seperti sekarang kamu bisa memanfaatkan teknologi yang sudah maju dengan pesat.


Sekarang kamu tak perlu repot-repot lagi datang langsung ke klinik untuk konsultasi dengan dokter yang biasanya memakan waktu cukup lama karena harus antre terlebih dahulu. 


Kamu hanya perlu install aplikasi Halodoc saja di ponselmu dan bisa langsung berkonsultasi dengan dokter-dokter yang ada disana.


Apa sih Halodoc itu?

Sesuai taglinenya, "Solusi Kesehatan Terlengkap di Indonesia" Halodoc akan memudahkanmu berkonsultasi dengan dokter-dokter di Indonesia hanya dengan lewat HP saja.


Di Halodoc kamu bisa chat atau telfon dengan ratusan dokter umum dan spesialis yang sudah terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia).


Kerennya lagi, kamu akan terhubung dengan dokter-dokter pilihanmu hanya dalam waktu 3 menit saja, dokter-dokter di Halodoc juga tersedia selama 24 jam loh.


Di Halodoc cuma bisa konsultasi saja?

Eitss.. tentu saja tidak, ada banyak fitur yang dapat kamu gunakan di aplikasi Halodoc ini.


Setelah kamu konsultasi mengenai pembengkakan kelenjar getah bening dengan dokter pilihanmu, selanjutnya kamu bisa beli obat lewat aplikasi Halodoc tanpa perlu keluar rumah, atau kamu bisa juga membuat janji untuk periksa dengan dokter langgananmu di Rumah Sakit dengan nyaman tanpa perlu antre.


Beragam pilihan Rumah Sakit yang tersedia di Halodoc akan semakin memudahkan kita dalam menentukan tempat periksa, ditambah lagi tersedia juga untuk pasien umum dan BPJS loh.


Dengan begitu kamu sekarang tidak perlu khawatir dan bingung lagi untuk memeriksakan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah beningmu.



Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar