Skip to main content

4 Destinasi Wisata Kota Banjarmasin yang Tidak Boleh Dilewatkan

wisata banjarmasin


Jalan-jalan ke kota Banjarmasin sudah pasti sangat mengasyikkan. Bagaimana tidak? kota tersebut memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sekarang pun, sudah banyak maskapai-maskapai yang menghadirkan rute ke kota tersebut sehingga dimanapun kamu bisa, kamu tetap bisa mengunjungi kota yang berada di pulau Kalimantan bagian Selatan satu ini. Salah satu maskapai yang memberikan pelayanan rute ke kota Banjarmasin adalah Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia memang telah membuka rute perjalanan ke Banjarmasin sejak dari lama. Banyak peminat dari maskapai yang satu ini sebab pelayanan yang diberikan olehnya sangat baik. Jika kamu salah satu orang yang mencari kenyamanan dan hendak mendapatkan pelayanan yang sangat baik maka cobalah untuk menaiki maskapai yang satu ini. 


Kamu bisa memesan Tiket Garuda Indonesia melalui Traveloka. Oh iya, selain itu, jika kota asal kamu pergi memiliki Kereta Bandara, tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan fasilitas tersebut karena pelayanan kereta bandara akan menambah kenyamanan kamu selama melakukan perjalanan. 

Nah, sudah siap berangkat ke kota Banjarmasin? Berikut list destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan selama di kota tersebut!



1.Danau Biru Pengaron

Danau yang terbentuk dari bekas tambang satu ini memiliki air yang berwarna biru sesuai dengan namanya. Warna biru air tersebut berhasil memberikan nuansa ketenangan bagi mereka-mereka yang mendatanginya. Terletak di Desa SUngkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar, danau ini memang terbilang memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat kota Banjarmasin yakni sekitar 100 km. Aksesnya juga terbilang masih sangat minim dikarenakan jalan menuju ke sana masih berupa tanah berbatu terjal dan berdebu. 


Namun, walaupun begitu, pemandangan yang diberikan oleh danau ini nantinya akan membayar semua letih kamu selama menempuh perjalanan. Jangan lupa untuk membawa kamera dikarenakan Danau Biru Pengaron memiliki tebing-tebing yang berada di antara danau sehingga membuat tampilan visual yang diberikan danau ini jauh lebih keren. Jika ditanya apakah danau tersebut bisa digunakan sebagai tempat berenang, maka jawabannya bisa. Kamu bisa melakukan kegiatan berenang di danau tersebut. .



2.Pasar Apung Lok Baintan

Rasanya tidak afdol jika sudah ke Banjarmasin namun tidak menyempatkan diri untuk berbelanja di pasar tradisional mereka yakni pasar apung. Di Kalimantan Selatan sendiri terdapat dua pasar terapung yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lamanya, salah satunya Pasar Apung Lok Baintan yang ada di sungai Martapura. Pasar apung yang satu ini sudah aktif setelah waktu sholat subuh hingga sekitar pukul 09.30 WITA setempat. 


Maka dari itu, jika hendak mengunjungi pasar yang satu ini, ada baiknya kamu mengunjunginya pada pagi hari di saat aktivitas pasar sudah mulai aktif. Seperti pasar pada umumnya, Pasar Apung Lok Baintan menjual berbagai jenis bahan pangan seperti sayuran, daging, hingga kue-kue tradisional. Namun, yang menjadikannya unik, selain tempat penjualannya yang dilakukan di atas air, di pasar ini kamu juga akan melihat sistem penjualan zaman dahulu yakni menggunakan sistem barter. Walaupun zaman sudah terbilang modern, namun tak jarang transaksi yang dilakukan antar pedagang masih menggunakan sistem tersebut, menarik bukan? 


Namun, jangan salah sangka ya! Tidak semua transaksi di pasar ini melakukan sistem barter, hanya terjadi di beberapa pedagang saja. Kamu bisa kok untuk melakukan sistem transaksi jual-beli pada umumnya yakni memakai uang tunai. Untuk menuju tempat ini, kamu akan diberikan dua pilihan yakni menggunakan akses jalan darat maupun akses jalan air dengan menggunakan perahu. Disarankan, cobalah menggunakan akses jalan air sebab kamu akan lebih merasakan sensasi yang baru dan berbeda dari sebelumnya ketika hendak menjelajahi pasar terapung yang satu ini.



3.Bukit Matang Kaladan

Matang Kaladan merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Pemandangan menakjubkan yang diberikan oleh bukit ini sempat menjadikannya sangat viral di tahun 2015 lalu hingga sekarang. Sebab, di sini kamu akan melihat pemandangan yang sekilas mirip Raja Ampat. Tidak hanya memberikan pemandangan yang indah dari tingginya bukit saja, perjalanan untuk mencapai puncak bukit Matang Kaladan ini juga memberikan tantangan kepada pengunjungnya. 


Jika kamu berangkat dari kota Martapura, kamu harus menempuh perjalanan darat sekitar 30 menit menuju dermaga Desa Tiwingan Lama, tidak perlu khawatir, akses jalan ke sana sudah beraspal mulus dan jalurnya besar sehingga kamu bisa datang menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Lalu, dari dermaga desa Tiwingan Lama, di sinilah tantangan kamu sebagai pengunjung sekaligus pendaki dimulai. Kamu harus mendaki tebing curam dengan menapaki ribuan anak tangga setinggi 400 ribu meter, biasanya warga sekitar menyebut perjalanan tersebut sebagai perjalanan cinta seribu anak tangga. 


Waktu yang ditempuh selama mendaki biasa memakan waktu sekitar 30 menit. Walaupun terbilang cukup menantang dan melelahkan, namun ketika sudah sampai di puncak, hal tersebut akan terbayarkan dengan sajian panorama indah yang dilihat dari ketinggian bukit yang satu ini.



4.Bukit Rimpi Pelaihari

Terdapat opsi lainnya, jika kamu masih hendak mengunjungi perbukitan namun tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga untuk mendaki bukit tersebut. Maka, kunjungilah Bukit Rimpi Pelaihari. Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan yang ditumbuhi oleh hamparan rumput hijau sehingga menyajikan pemandangan padang savana yang sangat elok. 


Bukit cantik ini dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies sebab gundukan yang dimiliki bukit ini menjulang seperti yang ada di film Teletubies. Akses untuk sampai ke bukit ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Pelaihari dan sekitar 2 jam jika kamu datang dari kota Banjarmasin. Bukit ini menjadi salah satu spot terbaik jika kamu hendak melihat terbitnya matahari. 


Maka, jika berminat disarankan datang pada dini hari, ya! Oh, iya! jangan lupa untuk memakai outfit terbaikmu sebab rasanya tidak afdol jika tidak berfoto-foto cantik ketika sampai di bukit dengan pemandangan yang menyerupai New Zealand satu ini.


Selain empat destinasi yang disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi yang bisa dieksplorasi dari Banjarmasin. Semakin penasaran untuk plesiran ke sana? Segera persiapkan kebutuhan liburanmu di Traveloka!




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar