Tes Kepandaianmu Dalam Menawar Harga di Pasar Sukawati


Tempat Cocok Bagi Backpacker Untuk Membeli Oleh Oleh Khas Bali



Di Bali, lokasi untuk membeli oleh oleh khas pulau Dewata paling populer adalah di Joger, tapi ternyata selain di Joger terdapat tempat lain yang tak kalah menarik, selain itu juga lebih murah lho, yaitu Pasar Seni Sukawati.

Pasar Sukawati merupakan salah satu tempat berbelanja oleh oleh khas Bali yang sangat terkenal dengan harga murahnya, terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, ada banyak sekali barang khas Bali yang bisa kita beli.
belanja di pasar sukawati bali 
nawar dulu ala emak-emak. foto : @springwaltz1987



Semua harga barang barang disini dari baju, lukisan khas Bali, hingga oleh oleh bali lainnya bisa kita tawar dengan harga yang sangat murah, atau bisa dibilang cukup "gila", karena itulah Pasar Seni Sukawati cukup digemari oleh wisatawan.

Tak cuma wisatawan lokal saja yang berbelanja disini, tapi wisatawan asing juga tidak mau kalah untuk mencari oleh oleh khas bali di Pasar Sukawati, terlebih lagi jalur menuju Pasar Sukawati searah dengan objek wisata di kawasan kintamani, goa lawah dan taman safari, karena lokasinya yang strategis inilah yang membuat Pasar Sukawati sangat ramai setiap harinya.

Sebenarnya Pasar Seni Sukawati terbagi menjadi 3, yaitu Pasar Sukawati satu, dua, dan tiga, lokasinya-pun tidak terlalu jauh satu sama lain, diantara ketiganya, Pasar Seni Sukawati satu-lah yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena sudah terkenal hingga dunia.


tips belanja di pasar sukawati

 keren keren tuh kayaknya. foto : @ronaldiskandar




Tips Berbelanja Di Pasar Sukawati

Datang Pagi Hari
datanglah saat pasar baru saja dibuka, karena masayarakat Bali mempercayai apabila toko baru buka dan langsung ada pembeli, maka uang tersebut dipercaya akan mendatangkan rezeki bagi mereka, karena itu kita bisa leluasa melakukan tawar menawar.

Survei Harga Dengan Toko Lain
jika kita ingin mendapatkan harga murah, kita harus rela untuk lelah berkeliling pasar dari satu toko ke toko lainnya untuk membandingkan harga yang paling murah, namun saat melakukan survei harga disarankan jangan sampai terjadi kesepakatan harga, karena apabila sudah terjadi kesepakatan harga namun kita tidak jadi beli, hal itu akan mengecewakan si penjual, jadi kita juga harus menjaga etika berbelanja ya.

Melakukan Tawar Menawar Semurah Mungkin
setelah kita mendapatkan referensi harga dari kegiatan survei tadi, kini saatnya kita melakukan tawar menawar dengan si penjual, dalam kasus ini kita harus tega untuk menawar hingga seperempat harga, jika kita beruntung kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan dengan sepersepuluh dari harga yang diajukan, penulis sendiri pernah membeli 3 kaos bahan katun dengan harga 15.000 saja. menarik bukan ?

Berusaha Akrab Dengan Penjual
namun sebelum kamu bisa mendapatkan harga yang diinginkan, kita harus terlebih dahulu bisa akrab dengan si penjual, anggap saja si penjual adalah teman kita, jadi kita bisa leluasa bercerita kesana kemari dengan santai, dan apabila kita sudah bisa akrab maka kita akan mendapatkan harga lokal, bukan harga wisatawan.

Membeli Banyak Sekaligus
jika kita tidak bisa mendapatkan harga yang diinginkan dalam membeli satuan, maka kita bisa membeli banyak sekaligus dengan harga yang lebih murah, contohnya seperti saat penulis berhasil mendapatkan 3 kaos bahan katun tebal dengan harga 15.000 tadi, sebenarnya harga satuan kaos yang penulis beli masing masing memiliki harga 20.000, 25.000 dan 15.000, dimana harga aslinya jika di total menjadi 60.000 namun penulis berhasil membelinya dengan harga 15.000 saja. asyik kan.


pasar sukawati gianyar bali 
souvenir khas bali. foto : @charolusozzy


Nah, itulah tips berbelanja di Pasar Seni Sukawati yang terkenal dengan harganya yang sangat murah, jika kamu mengikuti tips diatas mungkin bisa jadi kamu akan mendapatkan harga yang diinginkan, jadi, apa kapan kamu berbelanja di Pasar Sukawati ?


Lokasi :

  • Alamat, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • 20 kilometer dari kota Denpasar (kurang lebih 45 menit)
  • 30 kilometer dari kawasan wisata Kuta
  • 5 kilometer dari desa Celuk





Jam Buka :
pasar sukawati buka jam 10:00 -17:00 WITA untuk pasar seni
sedangkan pasar lokalnya buka jam 08:00-15:00  WITA


Wisata Lainnya Di Kabupaten Gianyar :

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »