Skip to main content

Tips Hemat & Murah Berlibur ke Kepulauan Derawan

Derawan merupakan sebuah kepulauan yang terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di kabupaten Berau, kepulauan Derawan adalah salah satu tempat wisata paling favorit di Kalimantan Timur, karena itu jika kamu berlibur ke kabupaten Berau, maka sangat disarankan untuk mengunjungi kepulauan ini  juga.

foto snorkeling di kepulauan derawan 
wisatawan sedang snorkeling melihat terumbu karang. foto : tasyldaputri



Lalu ada apa sih di pulau Derawan?

Di kepulauan Derawan terdapat tiga kecamatan, yaitu kecamatan Maratua, Biduk-biduk, dan Berau, dari ketiga kecamatan itu setidaknya terdapat 3 pulau lainnya yang terkenal, yaitu pulau Sangalaki, Maratua, dan Kakaban.

Jika kita berbicara tentang alamnya, kepulauan Derawan tidak perlu dipertanyakan lagi tentang keindahan surga bawah lautnya, disini memang tempat paling sempurna untuk snorkeling dan diving tak heran apabila kepulauan Derawan menjadi salah satu objek wisata andalan di Kalimantan Timur selain labuan cermin.

Selain diving dan snorkeling, kita juga bisa berjemur atau berkeliling pantai, pantai-pantai disini sangat bersih loh guys.

Selain aktivitas di pantai dan melihat surga bawah laut, di kepulauan Derawan kita juga bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu, selain penyu terdapat juga lumba-lumba, paus, ketam kelapa, dan duyung.

foto pemandangan ikan hias dibawah pantai derawan 
ikan ikan hias du pantai. foto : harrishardiansy



Tips Hemat Berlibur Ke Pulau Derawan :

Sebelum berangkat, jauh jauh hari kamu bisa terlebih dahulu memesan tiket pesawat agar mendapatkan harga yang cukup murah, bandara terdekat dari tempat tujuan adalah di kota Berau dan Tarakan, diantara kedua kota itu, kota Berau merupakan kota terdekat dengan pelabuhan Tanjung Batu.

Apabila kamu datang dengan rombongan sekitar 10 orang lebih, disarankan untuk memilih rute ke Tarakan, karena bisa menyewa speedboat langsung ke pulau Derawan, namun jika kamu datang hanya berdua atau sendirian, disarankan untuk memilih rute ke Berau saja, disana sudah ada transportasi umum menuju ke Derawan.

Dari pelabuhan Tanjung Batu kita bisa langsung menyeberang ke pulau Derawan menggunakan speedboat kecil, speedboat ini akan berangkat jika sudah penuh, biasanya berkapasitas 4 orang, jika ingin lebih murah, kamu bisa mengajak teman lebih banyak untuk berlibur ke derawan.

foto pemandangan pulau derawan 
pemandangan pulau derawan. foto : _sekaaaaar

Jika kamu mau, setibanya di pulau Derawan kamu bisa menyewa speedboat untuk mengantarkan kamu ke pulau lainnya, seperti pulau Kakaban dan Maratua. Namun perlu diingat, harga sewa mungkin bisa sangat mahal karena kelangkaan BBM di kawasan ini.

Hal ini bisa diatasi dengan mengajak rombongan wisatawan lain untuk menyewa speedboat bersama-sama, jadi bisa menekan harga sewa.

Selain itu makanan di Derawan bisa dibilang cukup mahal, ini disebabkan karena harga beras disana memang cukup mahal, mungkin bisa diatasi dengan membawa beras sendiri, tapi uniknya harga seafood disini bisa dibilang cukup murah loh.

Jika mau lebih hemat, kamu bisa membawa peralatan pancing dari rumah, setibanya disana, kamu dapat memancing ikan di dermaga pulau Derawan, warga disana juga senang memancing di dermaga saat sore hari, selain hemat, kamu juga bisa mendapatkan teman baru, terlebih lagi kita bisa melihat indahnya sunset di pulau Derawan ini.

foto indahnya sunset di pulau derawan 
sunset dari pantai pulau derawan. foto : sekaaaaar

Apabila kamu tidak mau repot-repot, kamu juga bisa mengikuti paket wisata, sudah ada banyak sekali agen yang menawarkan paket wisata lengkap ke kepulauan Derawan, namun sebelum memutuskan untuk ikut paket wisata, pastikan paket wisata yang akan kamu pilih bisa benar benar memuaskan hatimu, jangan hanya karena murah kamu langsung ikut, pertimbangkan baik-baik sebelum ikut ya.

Sebagai tempat wisata populer, di kepulauan Derawan tentu sudah banyak homestay dan resort dari harga yang murah hingga paling mahal, tinggal pilih-pilih saja sesuai budget yang kamu bawa, sekedar info, penginapan paling murah adalah penginapan ilham yang menawarkan harga kisaran Rp. 100.000.


Tips Tambahan :


  • bawalah uang tunai secukupnya, karena di pulau derawan tidak ada ATM.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • datanglah saat musim kemarau.
  • jika kamu berencana berlibur sendiri atau berdua, disarankan untuk ikut open trip (paket wisata).





Contact Person :

Travel Samarinda-Berau:
Tlp. 081347257555 / 082149128933

Adi, Travel Berau – Tanjung Batu:
Tlp. 081250280806

Bapak Sanusi, pemilik Sari Cottage dan beberapa Speedboat
Tlp. 081346538448

Hendrik, penyewaan speeboat
081346531978

Pak Kadek, Danakan Dive Center, dari sewa mobil, sewa speedboat, penginapan sampai dive trip.
Tlp.08134621782


Penginapan :

Maratua Paradise Resort
Tlp.082157169229/085246585368

Pak Usman, Penginapan Ilham (penginapan termurah di derawan)
Tlp. 081347807078

Pak Heru, penginapan Derawan Beach & Cottage
Tlp. 081346562765


Itulah tips hemat berlibur ke kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, apabila kamu memiliki informasi lainnya, ayo bantu kami mengupdate artikel ini dengan menulis info tersebut di kolom komentar.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar