Tips Lengkap Berlibur Ke Kepulauan Derawan




Kepulauan Derawan, Surga Bawah Laut Di Kalimantan Timur


Derawan, merupakan sebuah kepulauan yang terletak di kalimantan timur, tepatnya di kabupaten berau, kepulauan derawan merupakan salah satu tempat wisata paling favorit di kalimantan timur, jika kamu berlibur ke kabupaten berau, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi kepulauan ini.



foto snorkeling di kepulauan derawan 
wisatawan sedang snorkeling melihat terumbu karang. foto : tasyldaputri




Di kepulauan derawan, terdapat tiga kecamatan, yaitu kecamatan maratua, biduk-biduk, dan berau, dari ketiga kecamatan itu, setidaknya terdapat 3 pulau lainnya yang terkenal, yaitu pulau sangalaki, maratua, dan kakaban.

Ya, kepulauan derawan memang tidak perlu dipertanyakan lagi tentang keindahan surga bawah lautnya, disini memang tempat paling sempurna untuk snorkeling dan diving, kepulauan derawan menjadi objek wisata andalan di kalimantan timur selain labuan cermin.

Terdapat banyak sekali jenis ikan dan terumbu karang yang cantik, selain diving dan snorkeling, kita juga bisa berjemur atau berkeliling pantai, pantai-pantai disini sangat bersih, terlebih lagi memiliki pemandangan yang sangat indah.

Selain kegiatan di pantai dan melihat surga bawah laut, kita juga bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu, di kawasan kepulauan derawan kita bisa melihat hewan yang dilindungi ini, selain penyu terdapat juga lumba-lumba, paus, ketam kelapa, dan duyung.



foto pemandangan ikan hias dibawah pantai derawan 
ikan ikan hias du pantai. foto : harrishardiansy





Tips Hemat Berlibur Ke Pulau Derawan :



Sebelum berangkat, jauh jauh hari kamu bisa terlebih dahulu memesan tiket pesawat agar mendapatkan harga yang cukup murah, bandara terdekat dari tempat tujuan adalah di kota berau dan tarakan, diantara kedua kota itu, kota berau adalah yang paling dekat dengan pelabuhan tanjung batu.

Apabila kamu datang dengan rombongan sekitar 10 orang lebih, disarankan untuk memilih rute ke tarakan, karena bisa menyewa speedboat langsung ke pulau derawan, namun jika kamu datang hanya berdua atau sendirian, disarankan untuk memilih rute ke berau, disana sudah ada transportasi umum menuju ke derawan.

Dari pelabuhan tanjung batu kita bisa langsung menyeberang ke pulau derawan menggunakan speedboat kecil, speedboat ini akan berangkat jika sudah penuh, biasanya berkapasitas 4 orang, jika ingin lebih murah, kamu bisa mengajak teman lebih banyak untuk berlibur ke derawan.



foto pemandangan pulau derawan 
pemandangan pulau derawan. foto : _sekaaaaar


Jika kamu mau, setibanya di pulau derawan kamu bisa menyewa speedboat untuk mengantarkan kamu ke pulau lainnya, seperti pulau kakaban dan maratua, namun perlu diingat, harga sewa mungkin bisa sangat mahal karena kelangkaan BBM di kawasan ini.

Hal ini bisa diatasi dengan mengajak rombongan wisatawan lain untuk menyewa speedboat bersama-sama, jadi bisa menekan harga sewa, selain itu makanan di derawan bisa dibilang cukup mahal, mungkin bisa diatasi dengan membawa beras sendiri, namun anehnya, harga seafood disini bisa dibilang cukup murah, ini disebabkan karena harga beras disana memang cukup mahal.


Jika mau lebih hemat, kamu bisa membawa peralatan pancing dari rumah, setibanya disana, kamu bisa memancing ikan di dermaga pulau derawan, warga disana juga senang memancing di dermaga saat sore hari, selain hemat, kamu juga bisa mendapatkan teman baru, terlebih lagi kita bisa melihat indahnya sunset di pulau derawan ini.



foto indahnya sunset di pulau derawan 
sunset dari pantai pulau derawan. foto : sekaaaaar




Apabila kamu tidak mau repot repot, kamu juga bisa mengikuti paket wisata, sudah ada banyak sekali agen yang menawarkan paket wisata lengkap ke kepulauan derawan, namun sebelum memutuskan untuk ikut paket wisata, pastikan paket wisata yang akan kamu pilih bisa benar benar memuaskan hatimu, jangan hanya karena murah kamu langsung ikut, lihat baik baik sebelum ikut ya.

Sebagai tempat wisata populer, di kepulauan derawan sudah banyak homestay dan resort dari harga yang murah hingga paling mahal, tinggal pilih-pilih saja sesuai budget yang kamu bawa, sekedar info, penginapan paling murah adalah penginapan ilham yang menawarkan harga kisaran Rp. 100.000.


Tips Tambahan :


  • bawalah uang tunai secukupnya, karena di pulau derawan tidak ada ATM.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • datanglah saat musim kemarau.
  • jika kamu berencana berlibur sendiri atau berdua, disarankan untuk ikut open trip (paket wisata).




  • Contact Person :

    Travel Samarinda-Berau:
    Tlp. 081347257555 / 082149128933

    Adi, Travel Berau – Tanjung Batu:
    Tlp. 081250280806

    Bapak Sanusi, pemilik Sari Cottage dan beberapa Speedboat
    Tlp. 081346538448

    Hendrik, penyewaan speeboat
    081346531978

    Pak Kadek, Danakan Dive Center, dari sewa mobil, sewa speedboat, penginapan sampai dive trip.
    Tlp.08134621782

    Penginapan :

    Maratua Paradise Resort
    Tlp.082157169229/085246585368

    Pak Usman, Penginapan Ilham (penginapan termurah di derawan)
    Tlp. 081347807078

    Pak Heru, penginapan Derawan Beach & Cottage
    Tlp. 081346562765


    Itulah tips mengenai perjalanan menuju kepulauan derawan di kalimantan timur, apabila kamu memiliki informasi lainnya, ayo bantu kami mengupdate artikel ini dengan menulis info tersebut di kolom komentar.



    Bagikan Yuk!





    Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
    Terima Kasih



    Related Posts

    Previous
    Next Post »