Skip to main content

Daftar Tempat Wisata Keren yang Ada di Gresik

Gresik, sebuah kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Surabaya memang lebih terkenal sebagai kota industri daripada kota wisata, namun bagi para traveler, kota Gresik menyimpan banyak sekali tempat wisata yang tak kalah menarik dari kota kota tetangga.


foto dermaga di pulau bawean gresik keren 
dermaga di pulau bawean. foto : abang_ghiast


Nah, dibawah ini merupakan tempat tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Gresik, apa sajakah itu? yuk kita simak.





Pantai Dalegan

Pantai Dalegan merupakan pantai di utara laut jawa, pantai ini adalah salah satu objek wisata populer di Gresik, pantai Dalegan terletak di desa Dalegan, Kecamatan Panceng, karakteristik dari pantai Dalegan yaitu memiliki pasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai Dalegan selalu menajadi destinasi wisata keluarga setiap hari libur, maka jangan heran jika kamu berkunjung kesini, pantai Dalegan akan ramai dipenuhi pengunjung, ditambah lagi fasilitas disini juga cukup memadai.







Pulau Bawean

foto keren pulau bawean gresik 
pemandangannya seperti di film. foto : adventureideas

Pulau Bawean terletak kurang lebih 120 km dari Gresik, walaupun berada di tenagh laut jawa namun pulau ini masih masuk dalam Kabupaten Gresik, sama halnya dengan pulau Karimunjawa yang masih termasuk dalam Kabupaten Jepara.

Pulau Bawean menjadi destinasi favorit para traveler, di pulau kecil ini terdapat banyak sekali spot keren yang wajib kamu kunjungi, seperti pantai berpasir putih, danau Kastoba, air terjun, pemandian air panas, dan tentunya pulau Noko, tak hanya itu, di pulau Bawean juga dihuni oleh rusa Bawean sepsies endemik yang juga dijadikan maskot dari Kabupaten Gresik.






Telaga Ngipik

foto watersport di telaga ngipik gresik 
watersport di telaga ngipik. foto : www.suaragresik.com

Telaga Ngipik menjadi salah satu dari banyaknya objek wisata di Indonesia yang muncul akibat “keserakahan manusia”, Telaga Ngipik terbentuk akibat bekas penambangan yang dirubah menjadi sebuah telaga indah.

Kini Telaga Ngipik menjadi salah satu destinasi favorit warga Gresik, banyak yang menghabiskan akhir pekan dengan bersantai di Telaga Ngipik ini, selain itu Telaga Ngipik juga dimanfaatkan oleh PSASI Jatim (Persatuan Ski Air  Seluruh Indonesia).






Bukit Jamur

foto bukit jamur gresik 
uhhh.. kerennya. foto : abwazulaiqbal

Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Gresik, Bukit Jamur merupakan sebuah tempat yang sangat unik, sebenarnya lokasi ini merupakan sebuah tempat penambangan batu kapur, sama halnya dengan Brown Canyon di Semarang, bekas galian ini dijadikan sebagai objek wisata yang nge-hits.

Di kawasan Bukit Jamur kita bisa melihat pemandangan bukit bukit kecil yang bentuknya menyerupai jamur raksasa, bukit jamur ini terbentuk akibat erosi angin dan hujan yang menyebabkan bawah bukit membentuk layaknya jamur.




Makam Sunan Gresik

Kota Gresik dikenal juga sebagai kota wali, karena di kota ini kita bisa menemukan makam-makam dari para Sunan, salah satunya adalah makam Sunan Gresik, nah bagi kamu yang menyukai wisata religi, kamu bisa mampir ke makam Sunan Gresik ini.





Dynasty Water World

Dynasry Water World merupakan sebuah objek wisata baru di Gresik karena baru diresmikan tahun 2016, Dyasty Water World adalah sebuah taman air atau waterpark yang sangat keren dengan memiliki banyak wahana seru, objek wisata ini terletak di dekat kawasan Gresik Kota Baru (GKB).





Wisata Kuliner

Nah, setalah puas berkeliling kota Gresik, tentunya perut menjadi lapar, jangan lupa untuk menyantap makanan khas kota Gresik ini ya, seperti Sego Rumo yaitu nasi putih yang dibungkus daun pisang dan ditaburi kuah yang mirip dengan bubur sumsum namun rasanya lebih gurih.

Selain Sego Rumo, salah satu makanan khas Gresik yang sangat populer adalah nasi Krawu, yaitu nasi putih yang diberi potongan daging sapi kering dan ditambah sambal petis plus dengan tiga serundeng yang memiliki rasa berbeda beda.


Nah, daftar diatas merupakan wisata di Kabupaten Gresik yang bisa kamu coba saat sedang berlibur di kota ini, apa kamu punya info wisata lainnya ? yuk tulis di kolom komentar.


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar