Skip to main content

Berlibur Ke Jakarta ? Coba Makanan Khas Betawi Ini, Dijamin Kamu Jatuh Cinta

Betawi merupakan suku asli di kota Jakarta, kota satu ini memililki banyak sekali makanan khas yang mempunyai rasa unik, makanan khas Jakarta sendiri tak lepas dari suku Betawi, sedangkan campuran bahan makanan khas Betawi dipengaruhi oleh China dan Eropa.

Sehingga tak heran jika rasanya sangat lezat, namun sayang, seiring berkembangnya kota ini, makanan khas Betawi sudah mulai jarang ditemukan di pusat kota.

Tapi kita masih bisa menemukannya di pinggir kota hingga di kampung kampung. Nah, dibawah ini merupakan makanan khas Betawi yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Jakarta.

Baca Juga :






Kerak Telor

foto kerak telor khas betawi 
makannya lezat minumannya segar. foto : risaichaaa

Kerak Telor memiliki karakteristik hampir sama dengan martabak, hanya saja berbeda saat proses pembuatan dan isinya, isi Kerak Telor adalah ketan dan ubi, makanan khas satu ini akan sangat mudah kita temukan saat acara Pekan Raya Jakarta.






Nasi Ulam

foto nasi ulam khas betawi 
lezatnya nasi ulam. foto : shellrazali


Nasi Ulam merupakan nasi yang dicampur dengan bumbu semur kentang dengan dicampur tempe, tahu, bihun dan telur, ditambah lagi dengan taburan kacang tanah yang sudah ditumbuk, menjadikan rasa Nasi Ulam kian gurih dan nikmat.






Ketupat Sayur

Nah, inilah salah satu makanan khas Jakarta yang sudah sangat populer, yaitu Ketupat Sayur atau Lontong Sayur, bahan utama makanan ini adalah lontong/ketupat yang dicampur dengan kuah santan ditambah tahu, daging dan telur diatasnya.






Ketoprak

foto ketorpak khas betawi 
ketorpak khas betawi. foto : genduttapihepi

Hampir sama dengan Ketupat Sayur, Ketoprak juga salah satu makanan khas Jakarta yang sudah sangat populer, Ketoprak dibuat dari campuran lontong atau ketupat yang ditaburi sambal kacang lalu ditambah telur, kerupuk, dan tahu diatasnya.







Soto Betawi

Soto Betawi memiliki isi daging sapi, tomat, kentang, kerennya, daging di Soto Betawi terasa empuk, walaupun tidak semuanya begitu, kamu harus pandai memilih tempat penjual Soto Betawi yang enak, salah satunya di warung Soto Betawi H. Mamat.

Soto Betawi Haji Mamat berlokasi di Jl. Rawabuntu, Serpong, Jakarta, untuk bisa menikmati Soto Betawi disini kamu harus datang lebih awal ya, karena jika datang terlambat bisa-bisa kamu kehabisan, Soto Betawi H. Mamat buka mulai jam 07:30 – 17:00 WIB.






Laksa Betawi

foto laksa betawi khas jakarta 
enak nih dimakan pas dingin dingin. foto : alderina

Laksa Betawi merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang dipengaruhi oleh budaya China, penjual Laksa Betawi sendiri kebanyakan orang keturunan China, Laksa Betawi merupakan campuran dari telur, perkedel, bihun hingga daun kemangi, Laksa Betawi memiliki rasa gurih dan manis.







Semur Jengkol

Biasanya orang tidak menyukai jengkol karena menyebabkan bau mulut tidak sedap, tapi tunggu dulu, saat kamu berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi Semur Jengkol khas Betawi, Semur Jengkol ini sedikit berbeda dengan kebanyakan semur jengkol pada umumnya, rasanya sangat enak ditambah lagi bau jengkol yang tidak terlalu menyengat.

Itulah beberapa makanan khas Betawi (Jakarta) yang minimal harus kamu coba salah satunya saat berlibur ke Jakarta, atau kamu sudah mencobanya semua ? wah, kamu keren !




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar