Skip to main content

Ini Dia Makanan Khas Jogja yang Harus Kamu Coba!!!

Jogja, salah satu provinsi di Indonesia yang sudah terkenal menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia hingga mancanegara, di Jogja terdapat banyak sekali tempat wisata menarik, mulai dari pantai pantainya hingga wisata alam lainnya.

Berlibur ke Jogja tentunya tak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi makanan khasnya, di Jogja sendiri terdapat beberapa makanan khas yang rasanya tak perlu diragukan enaknya, makanan-makanan ini tersebar luas di seluruh kota Jogja, mulai dari angkringan hingga restoran, nah makanan apa sajakah yang harus kamu coba ?




Gudeg

foto gudeg yu djum yogyakarta 
gudeg Yu Djum. foto : dee.khrisna

Jogja memang terkenal dengan sebutan kota Gudeg, makanan satu ini memang tak lepas dari Jogja, rasanya yang khas ditambah mudahnya menemukan makanan ini menjadikan Gudeg sebagai makanan wajib disantap ketika berkunjung ke Jogja.

Kita bisa mencari penjual nasi Gudeg disekitar pusat kota Jogja, mulai dari angkringan pinggir jalan hingga rumah makan yang sudah terkenal, salah satu tempat yang sudah populer di Jogja adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jl. Wijilan, Yogyakarta, warung Yu Djum buka mulai jam 06:00-22:00 WIB.






Kopi Jos

foto kopi jos dengan arang didalamnya jogja 
kopi jos dengan arang didalamnya. foto : fhazarsanuary

Salah satu minuman unik yang ada di Jogja adalah Kopi Jos, bila kita lihat dari namanya memang tidak ada yang aneh, namun kamu akan kaget jika sudah melihatnya langsung, Kopi Jos adalah segelas kopi panas yang dicelupi arang (bara panas) kedalam kopinya.

Nah untuk merasakan sensasi minum kopi dengan arang kamu bisa datang ke Angkringan Lik Man, angkringan ini sudah terkenal di Jogja ditambah lagi lokasinya yang strategis yaitu terletak di sebelah utara Stasiun Tugu, bagi kamu pecinta kopi maka kamu harus mencobanya.

Baca Juga :






Mangut Lele

foto mangut lele khas jogja 
lezatnya. foto : sukmawati_rs

Mangut Lele atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya sego nggeneng, merupakan salah satu makanan lezat khas Jogja yang wajib kamu cicipi, Mangut Lele merupakan olahan makanan dari lele yang dicampur dengan santan dan beberapa bumbu pedas.

Untuk menikmati makanan ini kita harus datang ke rumah Mbah Marto yang berada di desa di belakang kampus ISI, makanan lezat ini bahkan sudah terkenal di luar kota lho, tak jarang juga wisatawan dari kota lain datang kesini untuk merasakan lezatnya Mangut Lele.






Rujak Es Krim

foto rujak es krim jogja 
segernya rujak es krim dikala terik matahari. foto : candtriyana

Bila kita lihat dari namanya memang terkesan unik dan aneh, Rujak Es Krim merupakan olahan rujak buah seperti kedondong, pepaya, nanas dan buah lainnya dengan bumbu asam pedas dan dicampur dengan es krim diatasnya.

Rujak Es Krim sudah menjadi primadona kuliner di Jogja, untuk menikmati keunikan rasa Rujak Es Krim ini kita bisa datang ke daerah Pura Pakualaman, salah satu penjual yang sudah terkenal adalah Bapak Nardi yang berlokasi di Jl. Haryowiyatan Purwokinanti Pakualaman Yogyakarta.







Oseng Oseng Mercon

foto oseng oseng mercon jogja 
oseng oseng mercon bu Narti. foto : paketwisatajogja.net

Kamu suka makanan pedas ? maka kamu wajib mencoba Oseng-oseng Mercon, makanan satu ini diolah dari daging sapi dan kikil  dengan ditaburi bumbu yang penuh cabai rawit menjadikan rasanya cukup pedas, salah satu penjual Oseng-Oseng Mercon yang sudah sangat terkenal adalah Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan.






Sate Klatak

foto sate klatak jogja 
enak tuh kayaknya. foto : nahdiyyaza

Nama Sate Klatak diambil dari proses pembuatannya, yaitu saat dibakar sate ini hanya dibumbui garam saja, jadi menimbulkan bunyi klatak..klatak, karena itu sate ini dinamakan Sate Klatak, berbeda dengan kebanyakan sate pada umumnya yang menggunakan bambu sebagai tusuk, Sate Klatak malah menggunakan jeruji besi sebagai tusuknya.

Sate ini biasa dihidangkan dengan kuah gulai, salah satu penjual sate klatak yang sudah terkenal adalah Pak Bari yang berlokasi di Jl. Imogiri Timur, Pasar Wonokromo, Pak Bari buka mulai jam 18:30-01:00 WIB.






Bakmi Jawa

foto bakmi jawa khas jogja 
ujan ujan makan yang anget. foto : yulyan_parwati

Bakmi Jawa bukanlah mie rebus atau mie goreng pada umumnya, Bakmi Jawa menggunakan mie kuning dan bihun sebagai bahannya, bumbu yang dicampurkan pun dibuat sendiri menjadikan rasa Bakmi Jawa kian lezat dan unik.

Nah, untuk menikmati Bakmi Jawa ini tidak perlu repot, karena sudah ada banyak penjual di Yogyakarta, salah satu penjual yang sudah terkenal adalah Bakmi Jowo Pak Rebo yang berlokasi di Jl. Brigjen Katamso, warung ini buka mulai jam 16:00-22:00 WIB.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Jogja yang harus kamu cicipi saat berlibur di Yogyakarta, tentunya tidak afdol jika kita berkunjung ke suatu tempat namun tidak mencoba makanan khas daerah tersebut bukan ?


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar