Berencana Akan Berlibur Ke Wae Rebo ? Persiapkan Hal Hal Ini Dulu Ya


Wae Rebo, sebuah desa yang terletak di pegunungan Flores, NTT, desa Wae Rebo merupakan sebuah desa tradisional yang letaknya jauh dari desa desa tetangga, untuk sampai di lokasi desa kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam.





foto desa wae rebo flores
desa wae rebo. foto : longlastingtrip.com






Desa Wae Rebo menjadi tujuan wisata yang sangat populer dikalangan traveler baik lokal maupun mancanegara karena kunikan tradisi dan budayanya, ditambah lagi pemandangan di desa Wae Rebo sangat indah, nah bagi kamu yang berencana ingin menuju ke Wae Rebo, sebelumnya kamu harus mempersiapkan hal hal dibawah ini terlebih dahulu, apa sajakah itu ?






Stamina Dan Fisik yang Kuat




foto cewek lari lari 
bisa lari lari dulu.





Menuju desa Wae Rebo tidaklah mudah, butuh perjuangan ekstra, dari desa Denge, yaitu desa terdekat kita harus berjalan kaki dengan kurun waktu sekitar 4 jam, tergantung seberapa cepat kamu berjalan, trek yang akan kita lalui adalah jalan tanah dengan tebing, hutan dan jurang.

Namun, selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat menyejukkan, untuk itu persiapkan terlebih dahulu fisik kamu agar kuar berjalan kaki selama 4 jam, bagi orang yang sudah terbiasa mendaki gunung mungkin tidak masalah, tapi bagi kamu yang jarang atau belum pernah mendaki gunung, disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu.




Alas Kaki dan Ransel yang Nyaman




foto sepatu gunung keren 
pilih sepatu yang nyaman di kaki





Walaupun trek yang akan kita lalui terbilang mudah, namun cukup menguras tenaga lho, untuk itu kamu harus menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sendal yang nyaman, contohnya saja sepatu trekking yang memiliki alas empuk, jangan menyiksa diri dengan menggunakan sepatu/sandal yang seharusnya digunakan ke mall.

Selain itu, walaupun dalam perjalanan kita menyewa porter, tetap saja kita harus membawa sebuah ransel atau tas kecil untuk menyimpan barang barang pribadi kita, jadi pilihlah tas yang nyaman dan tidak cepat membuat pundak kamu pegal.






Bawa Uang Tunai Secukupnya




foto wanita sedang menarik tunai 
tarik uang tunai secukupnya.




Nah, yang satu ini cukup penting, karena kita akan menuju ke sebuah desa di atas gunung, jadi persiapkan uang tunai kamu secukupnya, tempat terakhir yang terdapat ATM adalah di Labuan Bajo, ambilah uang tunai secukupnya jangan sampai kurang untuk kita membayar porter, penginapan dan tentunya souvenir khas Wae Rebo.





Powerbank, Batrey Cadangan dan Kamera




foto fotografer unik 
persiapkan kamera terbaikmu.






Di zaman modern seperti ini tentu kamera dan smarphone sangat penting dalam hal melakukan traveling, namun tujuan kita kali ini adalah Wae Rebo, dimana listrik di desa ini hanya menyala pada jam 6 sore hingga jam 10 malam.

Jadi jangan lupa untuk membawa powerbank/batrey cadangan untuk smartphone kamu, atau jika kamu punya kamera poket/DSLR akan sangat lebih baik, karena disini tidak ada sinyal, jadi smartphone tidak terlalu dibutuhkan, jangan sampai kamu gagal mengabadikan momen kebersamaan dengan masyarakat Wae Rebo.








Jaket Atau Baju Hangat





foto jaket gunung keren 
jangan lupa membawa jaket biar gak kedinginan. foto : wiranurmansyah.com






Percayalah, tujuan kita kali ini adalah Wae Rebo yang secara geografis terletak di dataran tinggi, udara saat malam disini cukup dingin, walaupun kita tidur di dalam rumah Mbaru Niang dan berselimut tebal namun terkadang kita juga tetap membutuhkan lapisan jaket hangat, apalagi bagi kamu yang tidak tahan dengan udara dingin.






Buku Bacaan




foto anak kecil sedang membaca buku 
jangan lupa membawa buku bacaan.





Masalah utama di Wae Rebo adalah pendidikan, anak anak di desa Wae Rebo masih kurang pendidikan, nah, kamu bisa membawakan buku bacaan yang bermanfaat bagi anak-anak kecil disana, kamu bisa memberikannya kepada kepala desa disana karena di Wae Rebo ada himbauan untuk tidak memberikan sesuatu seperti permen, uang ataupun buku secara langsung kepada anak-anak untuk menghindari mental meminta minta.


Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang harus dibawa saat akan berlibur ke Wae Rebo, tidak banyak bukan, jadi kapan kamu akan berlibur ke Wae Rebo ?



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »