Pantai Tanjung Tinggi, Pantainya Laskar Pelangi


Kamu sudah pernah nonton film Laskar Pelangi ? pasti tahu dong mengenai film keren ini, film Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama, saat kamu nonton film ini pasti penasaran dengan keindahan alam yang ditampilkan.






foto pantai tanjung tinggi laskar pelangi 
keren ya pemandangannya. foto : alusnaria








Film Laskar Pelangi berlatar belakang di Kepulauan Bangka Belitung, salah satu tempat keren yang menjadi lokasi syuting film ini adalah pantai Tanjung Tinggi yang terletak di pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung.

baca juga : danau kaolin, keindahan yang tercipta dari keserakahan manusia

Karakteristik dari pantai Tanjung Tinggi adalah terdapatnya bebatuan besar di sekitar pantai, batu besar tersebut tidak hanya ada satu saja, melainkan ada banyak sekali hingga ratusan, selain itu pantai Tanjung Tinggi juga memiliki pasir putih dan air laut berwarna biru.

Nama Tanjung Tinggi diambil dari kata “Tanjung” yang berarti Semenanjung karena lokasi pantai ini diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pedam, sedangkan nama “tinggi” diambil dari bebatuan di kawasan pantai yang  kebanyakan memiliki ukuran cukup besar dan tinggi-tinggi, bahkan ada yang lebih dari 5 meter lho.







foto indah pantai laskar pelangi 
cantik banget!! foto : marviwang





Pantai Tanjung Tinggi memiliki garis pantai sepanjang 80 hektar, bebatuan di area pantai menjadi daya tarik tersendiri yang menambah kecantikan dari pantai Tanjung Tinggi, wisatawan biasanya datang kesini karena penasaran dengan pantai yang menjadi latar belakang film Laskar Pelangi ini.

Namun aktivitas yang direkomendasikan di pantai ini adalah bersantai sambil melihat pemandangan alam sekitar, untuk berenang kamu harus berhati hati karena di dasar pantai banyak bebatuan dan terkadang juga terdapat ubur-ubur, bagi kamu yang ingin berenang atau snorkeling, kamu bisa menyewa perahu untuk mengantarkanmu ke tempat yang lebih cocok, kamu bisa meminta saran pada masyarakat sekitar.

Akses menuju pantai juga cukup mudah, ditambah lagi fasilitas di kawasan pantai cukup memadai, seperti sudah terdapatnya banyak hotel, jadi kita tidak perlu melakukan one day trip kesini, pantai Tanjung Tinggi juga dekat dengan pantai Tanjung Kelayang yang menyediakan perahu untuk menuju ke pulau-pulau terdekat, pulau-pulau tersebut menawarkan pemandangan yang tak kalah indah lho.

baca juga : pesona keindahan pantai Sawarna yang tidak akan membuatmu merana







foto batu di pantai tanjung tinggi 
batunya tinggi banget. foto : belitunglandscape









A photo posted by Alisa Nabilah (@icha_267) on








Tips Saat Berlibur Ke Pantai Tanjung Tinggi :

  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau paket tour untuk menuju ke lokasi karena tidak terdapat transportasi umum menuju ke pantai Tanjung Tinggi.
  • Kamu bisa berenang disini karena ombak di pantai Tanjung Tinggi cukup tenang, namun kamu harus hati-hati karena terdapat banyak batu besar.
  • Waktu terbaik adalah saat pagi dan sore hari.
  • Jangan membuang sampah sembarangan ya.






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  • 26 km dari pusat kota Tanjung Pandan melalui Jl. Sijuk (34 menit)
  • 29 km dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin melalui Jl. Tanjung Pandan (36 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



lihat peta cara menuju ke pantai tanjung tinggi




Wisata Terdekat Dari Pantai Laskar Pelangi :

Pantai Tanjung Kelayang (10 menit)
Tanjung Pedam (31 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »