Danau Kaolin, Keindahan yang Tercipta Dibalik Keserakahan


Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan film Laskar Pelanginya, namun siapa sangka di Bangka Belitung terdapat sebuah tempat yang memiliki pemandangan sangat indah.







foto cantik di danau kaolin 
cantik ya (ceweknya) pemandangannya. foto : dewipandz








Yaitu danau Kaolin, sebuah danau yang tercipta akibat aktivitas pertambangan, karakteritsik danau Kaolin adalah daratannya yang berwarna putih layaknya salju dan air danaunya berwarna biru, tapi tunggu dulu, danau Kaolin bukan berasal dari kawah gunung seperti di Kawah Putih Ciwidey.

Sama halnya dengan Brown Canyon di Semarang, danau Kaolin merupakan salah satu tempat keren yang tercipta dari hasil “keserakahan manusia” yaitu bekas pertambangan kaolin, saat berada disini kamu akan menemukan sebuah pemandangan yang super indah.

Danau Kaolin layaknya surga yang muncul sebagai penutup lara akibat eksploitasi besar-besaran, keindahan danau kaolin tak diragukan lagi, bahkan kini danau Kaolin menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal hingga luar daerah.

baca juga : daftar tempat keren yang tercipta dari bekas pertambangan






foto danau kaolin bangka belitung 
instagramable banget tempatnya. foto : dewhy07







Di kawasan danau juga terdapat bukit-bukit kecil yang menambah indah pemandangan disini, lokasi danau Kaolin juga sering digunakan sebagai tempat hunting foto bagi para pecinta fotografi, tak hanya itu tempat ini juga cocok untuk foto prewedding lho.

baca juga : daftar tempat unik untuk foto prewedding kamu

Walaupun terlihat seperti kawah, namun air di danau ini terbilang cukup aman karena tidak mengandung belerang, bahkan terkadang digunakan untuk mandi anak-anak desa sekitar, namun yang perlu diperhatikan karena kedalaman danau tersebut lebih dari 5 meter jadi bagi kamu yang tidak bisa berenang harus hati-hati ya.

Akses yang mudah menjadikan banyak orang datang kesini setiap harinya, tapi karena lokasi ini bukanlah tempat wisata jadi jangan harap mendapatkan fasilitas layaknya di tempat wisata pada umumnya ya.





A photo posted by INDOBELITUNG (@indobelitung) on









Rute Menuju Danau Kaolin

Lokasi danau Kaolin berada di pinggir jalan, jadi siapa saja bisa masuk dengan mudah, saat kamu sedang berada didalam pesawat menuju Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung pandan, kamu sudah bisa melihat lubang-lubang menganga tersebut, dari Bandara kamu bisa menuju ke arah kota Tanjung Pandan lalu melalui Jalan Murai, danau Kaolin tepat berada di samping jalan raya.

baca juga : indahnya air terjun dan kolam kedung pedut yang berwarna tosca


















A photo posted by muthia (@muthiapriciela) on













Tips Saat Berlibur Ke Danau Kaolin :

  • Karena tempat ini bukanlah objek wisata resmi jadi tidak ada fasilitas pendukung, hanya ada fasilitas seadanya saja.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena jarang ada angkutan umum lewat sini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan menambah kerusakan di kawasan ini ya.
  • Untuk penginapan, kamu bisa mencari di kota Tanjung Pandan.





 

 

Lokasi :

  • Alamat ; Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung
  • 13 km dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin melalui Jl. Sudirman (13 menit)
  • 3 km dari kota Tanjung Pandan melalui Jl. Sudirman (7 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





lihat peta cara menuju ke danau kaolin




Wisata Terdekat Dari Danau Kaolin :

-








Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »