Pulau Maratua, Pulau Terluar Indonesia yang Mempesona


Kepulauan Derawan memang menjadi destinasi favorit dan populer di Kalimantan Timur, namun jangan salah, di provinsi ini masih terdapat tempat keren lainnya yang tak kalah indah dengan kepulauan Derawan lho.






foto keren pemandangan pulau maratua
pemandangan dari ketinggian. foto : maratua_island







Yaitu pulau Maratua, pulau ini terletak dibagian terluar Indonesia, pulau Maratua memiliki pemandangan yang sangat indah dengan air lautnya yang berwarna biru dan pasir pantainya yang berwarna putih bersih akan menemani kita bersantai, selain itu pulau Maratua juga menjadi tujuan favorit selain kepulauan Derawan bagi para pecinta wisata bahari.

Pemandangan alam di pulau Maratua memang tak perlu diragukan lagi, pulau ini menjadi tempat favorit bagi diver lokal maupun mancanegara, taman bawah lautnya menyimpan sejuta keindahan dengan terumbu karang dan ikan-ikan hiasnya, namun ternyata tak hanya keindahan bawah laut saja yang dimiliki pulau Maratua, disini juga terdapat tempat-tempat keren lainnya seperi goa, danau, hingga pemukiman Suku Bajo, ditambah lagi terdapat banyak sekali resort yang memudahkan kita untuk menginap.

Namun sayang, untuk menuju ke pulau ini memang sedikit sulit karena letaknya yang berada di kepulauan terluar Indonesia dan dekat perbatasan Malaysia, tapi setelah kamu sampai disini dijamin akan langsung jatuh cinta dengan keindahannya.

baca juga : indahnya taman bawah laut pantai Iboih







foto resort di pulau maratua
salah satu resort di pulau maratua. foto : andinurita93








Pulau Maratua juga memiliki spot-spot keren untuk menikmati sunset lho, lokasi ini juga sangat cocok untuk honeymoon, serasa di pulau pribadi, pulau Maratua memang layaknya surga bagi para traveller berkantong lebar, ya karena untuk menuju ke pulau ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi rajinlah menabung untuk bisa datang ke pulau Maratua.

Suasana di pulau Maratua layaknya di pantai Ora yang terletak di pulau Seram yaitu terdapatnya cottage-cottage diatas air, untuk bisa melihat keindahan bawah lautnya kita tidak perlu jauh jauh menuju ke tengah laut, cukup didekat cottage/penginapan saja kita sudah bisa melihat indahnya taman bawah laut pulau Maratua.

baca juga : cara menyeberang ke pulau Nusa Lembongan







foto snorkeling di pulau maratua
snorkeling asyik di pulau maratua. foto : adecsirait








Rute Menuju Pulau Maratua

Terdapat dua jalur yang bisa kita pilih untuk menuju ke Pulau Maratua, yaitu melalui jalur darat dan jalur udara, bagi kamu yang menyukai petualangan dan ingin merasakan sensasi lelah terlebih dahulu sebelum sampai di tempat tujuan, kamu bisa memilih lewat jalur darat, tapi bagi kamu yang tidak ingin repot bisa melalui jalur udara, walaupun sama-sama memakan waktu lama, tapi lebih nyaman menggunakan jalur udara.

Jalur Darat :
Palangkaraya - Banjarmasin – Balikpapan – Samarinda- Tanjung Redep – Pelabuhan Tanjung batu – Pulau Maratua 
Jalur Udara :
Untuk kamu yang melalui jalur udara, bisa menggunakan pesawat dengan jurusan Balikapapan, lalu melanjutkan perjalanan lagi dengan pesawat menuju Berau atau Tarakan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, untuk menuju Tarakan terdapat banyak pilihan maskapai sedangkan untuk menuju Berau hanya sedikit maskapai yang melayani tujuan tersebut, jadi pintar-pintarlah dalam memilih. Lalu dari Berau atau Tarakan bisa melanjutkan perjalanan lagi menuju Tanjung Batu.

baca juga : Pulau Menjangan, spot diving keren di Bali Barat




Tips Saat Berlibur Ke Pulau Maratua :

  • Persiapkan budget dan uang tunai kamu dengan cermat ya.
  • Disarankan untuk datang rombongan agar harga lebih murah.
  • Kamu bisa membawa alat snorkeling sendiri dari rumah.
  • Dari Balikpapan bisa juga dilanjutkan perjalanan menuju Berau dengan transportasi darat.
  • Bagi yang datang sendiri, disarankan untuk ikut paket wisata agar lebih praktis.





Lokasi :


  • Alamat : Pulau Maratua, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur






Lihat peta cara menuju ke pulau maratua




Wisata Terdekat Dari Pulau Maratua :

Pulau Kakaban
Pulau Sangalaki
Pulau Samama
Pulau Derawan



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »