Top 10 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Kamu Kunjungi


Jepara merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan ukiran mebelnya, bagi pecinta mebel pasti tahu tentang keunikan ukiran Jepara, ternyata selain terkenal dengan mebel Kabupaten Jepara juga terkenal dengan tempat wisata alamnya yang keren.

Ada banyak sekali tempat wisata menarik di Jepara yang bisa kita kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga taman bermain, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Jepara yang harus kamu kunjungi minimal salah satunya saat sedang berada di Jepara, yuk kita simak.





Karimun Jawa







foto snorkeling di karimun jawa
snorkeling di Karimun jawa. foto : _ainulya




Siapa yang tidak tahu tentang pulau satu ini, Karimun Jawa sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan ke luar negeri, setiap wisatawan yang sudah pernah kesini pasti setuju jika Karimun Jawa merupakan surga di pulau Jawa yang tak boleh dilewatkan.

Karimun Jawa masih termasuk dalam Kabupaten Jepara dan berjarak sekitar 83 Km dari pusat kota Jepara, untuk kesini kita harus menyeberang menggunakan kapal melalui Pantai Kartini, selain jalur darat kita juga bisa menggunakan jalur udara juga kok.

Keindahan bawah laut Karimun Jawa sudah tak perlu diragukan lagi, ada lebih dari 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik yang bisa kita lihat, sebagian besar biota laut di Karimun Jawa termasuk hewan yang dilindungi, jadi jangan ditangkap ya guys.

Lokasi : Pulau Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.




Pantai Kartini






foto pemandangan di pantai kartini
pemandangan di pantai kartini. foto : maulana_bukhori










Pantai Kartini merupakan salah satu pantai populer di Jepara, Pantai Kartini menjadi objek wisata paling favorit untuk keluarga karena selain menawarkan pemandangan dan suasana pantai di kawasan ini kita juga bisa bermain permainan seru lainnya seperti komedi putar, mandi bola hingga perahu arus.

Pemandangan di Pantai Kartini juga cukup indah, sangat cocok untuk bersantai di sore hari, bukan hanya itu, lokasi pantai Kartinin juga menjadi tempat penyeberangan menuju Karimun Jawa dan Pulau Panjang lho, jadi jika kamu sudah bosan dengan Pantai Kartini kamu bisa menyeberang ke Pulau Panjang.

Lokasi : Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

baca juga : daftar tempat wisata anti mainstream di kabupaten Semarang





Pulau Panjang






foto pemandangan pulau panjang jepara
pasirnya putih bro. foto : lilysofwa









Nah, inilah wisata alam yang harus kamu kunjungi di Jepara selain Karimun Jawa, jika kamu tidak memiliki banyak dana untuk menuju ke Karimun Jawa, alihkan saja minatmu ke Pulau Panjang yang terletak tak jauh dari Pantai Kartini.

Pulau Panjang hanya berjarak sekitar 2,5 km saja dari Pantai Kartini, untuk menyeberang kesini kita harus menaiki perhau yang sudah disediakan di Pantai Kartini, Pulau Panjang memiliki luas sekitar 19 hektar, tidak terlalu besar memang, namun menawarkan pemandangan alam yang cukup indah lho.

Di Pulau Panjang kita bisa melihat pemandangan laut Jepara, selain itu Pulau Panjang juga memiliki pasir putih layaknya di Karimun Jawa, walaupun keindahan bawah lautnya masih kalah dengan Karimun Jawa tapi tidak ada salahnya kamu berkunjung kesini kok.

Lokasi : Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.






Pantai Bandengan







foto sunset di pantai bandengan jepara
senja di pantai bandengan. foto : gisatrionugroho









Terlepas dari Karimun Jawa yang memang menjadi ikon wisata di Jepara dan Jawa Tengah, di Jepara terdapat sebuah pantai yang sangat populer, yaitu Pantai Bandengan, lokasinya yang tak jauh dari pusat kota menjadikan Pantai Bandengan selalu ramai oleh pengunjung.

Pantai Bandengan memiliki pasir putih kekuningan, sayangnya jika hujan turun air laut di pantai ini akan sedikit keruh, jika kamu ingin melihat pemandangan yang lebih indah, datanglah ke area yang terdapat banyak hotel, disitu kamu akan melihat pemandangan Pantai Bandengan yang terlihat sangat indah.

Lokasi : Desa Bandengan, kecamatan Jepara, kabupaten Jepara, Jawa Tengah




Pantai Ombak Mati







foto sunset di pantai bondo jepara
kalau ini senja di pantai bondo. foto : anandanasa










Pantai Ombak Mati atau juga dikenal dengan anam Pantai Bondo merupakan salah satu pantai keren di Jepara yang belum terlalu terkenal, Pantai Ombak Mati menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pasir putihnya, uniknya di pantai ini tidak ada ombak sama sekali, walaupun ada mungkin Cuma kecil, karena itulah objek wisata Jepara satu ini dinamakan Pantai Ombak Mati.

Di sepanjang Panta Ombak Mati ini kita bisa menemukan banyak sekali pohon ketapang yang membuat suasana di sekitar pantai menjadi lebih asri, pantai ini sangat cocok kamu kunjungi untuk menghilang sejenak dari keramaian Kota.

Lokasi : Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

baca juga : Pantai Sadranan, pantai indah yang menjadi spot snorkeling baru di Jogja




Pantai Gua Manik







foto cantik pantai gua manik jepara
mirip parangtritis ya. foto : sunnarti










Jika kamu mencari tempat keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jepara, Pantai Gua Manik bisa menjadi pilihanmu, memang pantai ini belum terlalu terkenal dan masih kalah populer dengan Pantai Bandengan, namun jangan salah karena pemandangan di Pantai Gua Manik cukup indah lho.

Pantai Gua Manik terletak tak jauh dari Benteng Portugis yang merupakan tempat wisata sejarah populer di Jepara, selain itu dari pantai ini kita juga bisa melihat Pulau Mandalika yang nampak rimbun oleh pepohonan.

Lokasi : Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.






Pulau Mandalika







foto pemandangan pulau mandalika jepara
ini dia pulau mandalika. foto : hputrihabiba









Pulau Mandalika terletak tak jauh dari Pantai Gua Manik dan Benteng Portugis, dari dua tempat wisata itu kita sudah bisa melihat Pulau Mandalika dengan jelas, untuk menuju ke Pulau Mandalika dibutuhkan waktu sekitar 30 menit menyeberang dengan kapal/perahu nelayan.

Pulau Mandalika menawarkan wisata pantai yang cukup indah, pulau ini juga menjadi objek wisata favorit warga sekitar di akhir pekan, di sekitar Pulau Mandalika terdapat bermacam ikan yang bisa kita nikmati dengan memancing ikan – ikan tersebut seperti ikan kerapu, ikan kakap putih, ikan gerabah, ikan pari dan ikan sembilang.

Lokasi : Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.





Air Terjun Songgo Langit








foto air terjun songgo langit
cocok buat ngadem. foto : koeri_ulinuha








Air terjun Songgolangit merupakan air terjun paling populer di Jepara, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter, cukup tinggi bukan ? selain itu debit air di air terjun ini juga cukup besar menjadikan pemandangan kian menarik.

Lokasi : Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.







Benteng Portugis







foto benteng portugis jepara
itu gerbang depannya. foto : djeffry_s.m













Beralih sejenak menuju wisata sejarah, di Jepara terdapat sebuah benteng yang sudah sangat populer bernama Benteng Portugis, objek wisata satu ini terletak di pinggir laut menjadikan pemandangan kian menarik, selain itu dari sini kita bisa melihat Pulau Mandalika.

Benteng ini sekarang hanya berupa reruntuhan tembok berbentuk persegi empat yang terletak di atas bukit tepat di seberang selatan Pulau Mandalika. Di dalam tembok hanya berupa lahan kosong yang ditumbuhi beberapa pohon yang sengaja dibiarkan untuk tempat berteduh pengunjung. Di area dalam sebelah utara terdapat satu bangunan yang juga digunakan sebagai tempat berteduh pengunjung. Selain itu terdapat beberapa replika meriam yang ditempatkan di sisi utara dan timur benteng yang langsung berbatasan dengan laut lepas.

Lokasi : Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

baca juga : Gunung Padang, situse Megalitikum terbesar di Indonesia




Museum RA Kartini







foto lukisan ra kartini di museum
lukisan RA Kartini dari keramik. foto : mutiahdwi_kasanah











Di Museum satu ini kita bisa melihat peninggalan-peninggalan dari RA Kartini yang merupakan salah satu pahlawan perempuan di Indonesia, Selain itu juga terdapat foto- foto kakak kandung R.A. Kartini, yaitu Drs. RMP. Sosrokartono, dan berbagai benda purbakala pada abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shima adalah seorang penguasa dari kerajaan Kalingga yang berada di daerah Keling Jepara pada masa itu.

Lokasi : Jalan Alun-Alun, Keamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Jepara yang wajib kamu kunjungi, memang wisata di Jepara lebih didominasi oleh wisata alam yang menawarkan pemandangan indah.


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »