Curug Sewu, Air Terjun Populer di Kendal


Kabupaten Kendal merupakan salah satu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah, di Kendal ternyata terdapat sebuah tempat wisata alam yang sangat mempesona lho, yaitu Curug Sewu.


foto pemandangan curug sewu kendal
pemandangan dair dasar air tejrun. foto : mas.yoora



Curug Sewu merupakan sebuah air terjun yang memiliki karakteristik bertingkat dengan ketinggian sekitar 45 meter pada tingkatan utama, 15 meter pada tingkatan kedua dan 20 meter pada tingkatan ketiga, jadi total keseluruhan tinggi air terjun ini adalah 80 meter.

Aliran air di Curug Sewu berasal dari berbagai aliran sungai mulai dari sungai Butuh, Sungai Mangun sari, dan arus sungai Kali Lumpang, debit air di air terjun ini juga cukup deras jadi cukup membuat waspada bagi masyarakat sekitar ketika musim hujan datang.

Curug Sewu tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun saja, alam di sekitar air terjun ini masih terlihat alami lho, sehingga sangat menyegarkan mata kita, tidak hanya air terjun, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam renang, dan kebun binatang mini, sehingga sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

baca juga : air terjun Sri gethuk, air terjun unik di pinggir sungai



foto keren curug sewu kendal
keren bro! foto : r.alfaridz



Berada di ketinggian sekitar 650 Mdpl menjadikan udara di kawasan wisata ini cukup segar, demi kenyamanan pengunjung, pengelola objek wisata Curug Sewu sudah memberikan fasilitas yang cukup lengkap,  seperti tempat parkir, tempat ibadah, toilet hingga lapangan tenis.

Cobalah turun kebawah air terjun, dibagian dasar air terjun terdapat sebuah batu besar dengan bentuk seperti tempat duduk. Menurut mitos, batu tersebut pernah di pakai untuk bertapa oleh Prabu Baladewa atau Kakrasana atas perintah Prabu Kresna, namun untuk bisa sampai di bawah kita membutuhkan tenaga ekstra.

baca juga : Curug Lawe, surga tersembunyi di lereng gunung Ungaran



foto air terjun gerojogan sewu kendal
wow banget. foto : anggameiggie



Rute Menuju Curug Sewu

Akses menuju wisata alam Curug Sewu cukup mudah kok, dari Semarang, kamu harus menuju ke pertigaan kota Weleri, disitu ada papan penunjuk jalan menuju kota Sukorejo dan taman air terjun curug sewu.

Setelah sampai di kota Sukorejo, pilih arah menuju Temanggung, yaitu di posisi alun-alun bunderan kota Sukorejo yang sebelah timur untuk mengambil jurusan ke perempatan desa Belimbing. Jarak antara bunderan Sukorejo ke perempatan desa Belimbing adalah sekitar 2 km, sedang jarak dari perempatan desa Blimbing ke Curug Sewu adalah sekitar 5 km.

baca juga : daftar air terjun terindah di Jawa Tengah


foto indah air terjun curug sewu kendal
jadi kapan kesini ? foto : hannysuwin



Tips Berlibur Ke Curug Sewu :


  • Waktu terbaik adalah saat setelah musim hujan dan hari biasa (senin-jumat)
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya guys.
  • Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk berjaga jaga.




Harga Tiket Masuk :

Rp. 5.000/orang

Update Juli 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun



Akomodasi (Penginapan)

Karena lokasi Curug Sewu yang tak terlalu jauh dari pusat kota, jadi cukup mudah untuk menemukan penginapan di sekitar tempat wisata tersebut.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.  
  • 17 Km dari pusat Kabupaten Kendal melalui Jl. Curug Sewu (42 menit)
  • 57 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Patean-Boja (2 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke curug sewu


Wisata Terdekat Dari Curug Sewu :

Curug Semawur (47 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »