Skip to main content

Daftar Air Terjun Terindah di Jawa Tengah

Wisata alam memang menjadi destinasi paling banyak diminati kalangan traveler, karena dengan wisata alam kita dapat merasakan suasana sejuk sehingga penat setelah bekerja seharian-pun hilang.

Salah satu wisata alam yang banyak digandrungi adalah air terjun, kombinasi antara rimbunnya pepohonan dan percikan air memang membuat kita betah berlama-lama di dekat air terjun.

Nah, berbicara mengenai air terjun, di bawah ini Brobali.com sudah merangkum beberapa air terjun keren di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi.




Curug Lawe, Semarang

foto pemandangan keren curug lawe semarang

Inilah air terjun terindah yang ada di Kabupaten Semarang, Curug Lawe terletak di lereng gunung Ungaran yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten ini dan juga terkenal sebagai gunung ramah pendaki.

Curug Lawe memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami, selain itu pernah juga di explore oleh acara tv bertema petualangan.

Untuk menuju ke Curug Lawe dari tempat parkir kita masih harus berjalan sekitar 1 jam dengan jalur yang lumayang melelahkan, namun semua akan terbayar setelah kita sampai di air terjunnya.

Oh iya, selain Curug Lawe di kawasan ini juga terdapat Curug Benowo yang tak kalah indah loh.

Lokasi : Desa Kalisidi (Gunung Pati), Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga :
Curug Lawe, air terjun indah yang tersembunyi di lereng gunung Ungaran






Curug Sewu, Kendal

foto pemandangan curug sewu kendal jawa tengah
deras banget airnya. foto IG: fitriayanuarti

Curug Sewu merupakan air terjun populer di Kendal, dinamakan Curug Sewu karena air terjun ini terletak di Desa Curugsewu, air terjun tersebut memiliki ketinggian total sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup deras.

Pemandangan alam di sekitar Curug Sewu juga masih terlihat asri, uniknya air terjun ini terdiri dari 3 tingkat, masing-masing tingkat memiliki ketinggian 45 meter, 20 meter, dan 15 meter.

Ditambah lagi objek wisata Curug Sewu sudah didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap, jadi memudahkan pengunjung yang datang.

Untuk menuju ke lokasi juga tidak terlalu sulit, bagi yang berdomisili di kota Semarang dan sekitarnya bisa naik bis jurusan Sukorejo atau menggunakan kendaraan pribadi, melewati Mijen, Boja dan selanjutnya dari Sukorejo naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 km perjalanan.

Lokasi : Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.





Air Terjun Songgolangit, Jepara

foto pemandangan air terjun songgolangit
cocok buat mandi. foto IG: sonyahyar18

Air terjun Songgolangit memiliki ketinggian sekitar 80 meter, air terjun ini memiliki mitos konon menurut cerita, bagi para pengunjung yang melakukan cuci muka ataupun mandi disini akan menjadi awet muda.

Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras saat musim hujan, air terjun Songgolangit menjadi destinasi wisata alam favorit di Jepara selain pantai-pantainya, di sekitaran lokasi air terjun ini juga terdapat fasilitas-fasilitas umum seperti area parkiran yang lumayan luas, beberapa warung-warung makan dan minuman, serta toilet umum.

Lokasi : Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Baca Juga :
Daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Jepara





Air Terjun Jumog, Karanganyar

foto pemandangan di air terjun jumog karanganyar
indah banget. foto IG: nktrias

Kabupaten Karanganyar memang menyimpan banyak wisata alam menarik yang harus kita kunjungi, salah satu air terjun keren di Karanganyar adalah air terjun Jumog.

Air terjun Jumog memiliki ketinggian sekitar 30 meter, walaupun terbilang tidak terlalu tinggi tapi pemandangan alam disini sangat indah loh.

Keunggulan air terjun Jumog adalah pengelolaan dan fasilitasnya, untuk pengelolaan bisa dibilang cukup profesional, ditambah lagi fasilitas penunjang disini juga cukup memadai, seperti terdapatnya gazebo untuk istirahat, jalan yang sudah ditata rapi, tempat permainan anak dan tentunya warung makan.

Lokasi : Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Baca Juga :
Air terjun Jumog, surga tersembunyi di Kabupaten Karanganyar.






Gerojogan Sewu, Karanganyar

foto gerojogan sewu tawangmangu
tinggi banget air terjunnya. foto IG: adeks591_

Masih di Karanganyar, terdapat satu air terjun lagi yang memiliki pemandangan cukup indah, yaitu Gerojogan Sewu, air terjun ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

Gerojogan Sewu menjadi tujuan wisata utama di Kabupaten Karanganyar karena keindahan dan fasilitasnya.

Akses yang mudah, pemandangan indah dan fasilitas yang lengkap menjadikan Gerojogan Sewu tak pernah sepi dari pengunjung.

Air terjun Gerojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter, dinamakan Gerojogan Sewu karena debit air di air terjun ini cukup besar, walaupun musim kemarau tapi tetap saja volume air yang mengalir cukup banyak, karena itu dinamakan Gerojogan Sewu yang berarti Pancuran Seribu, atau ribuan air yang mengalir kebawah.

Lokasi : Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah






Air Terjun Sekar Langit, Magelang

foto air terjun sekarlangit magelang keren
wow!! foto IG: zenyfaridah

Air terjun Sekar Langit merupakan salah satu air terjun yang cukup populer di Magelang karena memiliki pemandangan indah.

Air Terjun Sekar Langit memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya nanti akan mengalir ke arah barat menuju ke aliran sungai Elo dan selanjutnya bermuara di laut selatan Jawa.

Objek wisata alam Magelang satu ini juga terkenal dengan legenda Nawangwulan-nya yang menarik perhatian wisatawan untuk datang, lokasinya yang berada di datarang tinggi menjadikan udara di kawasan ini cukup sejuk.

Lokasi : Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah





Air Terjun Kedung Kayang, Magelang

foto air terjun kedung kayang magelang
indonesia indah bro. foto IG: ykndr_976

Air terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, sama halnya dengan Curug Lawe Semarang, untuk menuju lokasi air terjun kita juga masih harus berjalan kaki dari tempat parkir sejauh kurang lebih 200 meter.

Sedangkan untuk menuju ke dasar air terjun, kita harus melalui jalan memutar sejauh 1,5 kilometer melewati persawahan dan daerah aliran sungai. Di tengah perjalanan kita akan menemukan goa Jepang yang berukuran kecil yang kondisinya sudah tak terawat lagi.

Setelah melewati persawahan, kita masih harus menuruni tebing melalui anak tangga yang dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan jalur tanah yang licin, namun semua akan terbayar dengan pemandangan indah dari air terjun Kedung Kayang ini.

Lokasi : Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Baca Juga :
Daftar tempat wisata keren di Magelang



Nah, itulah daftar air terjun di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan mempesona, sebenarnya masih terdapat banyak sekali air terjun yang tak kalah indah, apabila kamu memiliki infonya bisa share di kolom komentar.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar