Pantai Sayang Heulang, Pantai Cantik di Selatan Garut Untuk Berburu Sunset dan Sunrise


Bagi masyarakat Jawa Barat, kota yang terkenal memiliki pantai-pantai indah adalah Pangandaran, kita tahu jika di kota tersebut terdapat sebuah pantai indah bernama Pantai Pangandaran. Namun kita tidak akan membahas mengenai pantai di Pangandaran.

foto keren sunrise di pantai sayang heulang
sunrise di pantai sayang heulang. foto : aldy_aldot

Kita akan melipir sejenak di Garut, siapa sangka di Kabupaten ini terdapat sebuah pantai dengan pemandangan yang memikat hati bernama Pantai Sayang Heulang.



Apa yang Menarik di Pantai Sayang Heulang Garut ?

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai paling populer di Garut, pantai ini memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 km, cukup panjang untuk kita gunakan sebagai tempat bermain bola pantai.

pantai sayang heulang garut
serasa di laguna ya. foto : garut_turunankidul

Karakteristik dari Pantai Sayang Heulang adalah pasirnya yang berwarna putih kecoklatan dengan dikelilingi oleh pepohonan di sepanjang pantainya, membuat tempat wisata Garut satu ini sangat nyaman untuk bersantai.

Pantai Sayang Heulang terletak di Garut bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat ombak di Pantai Sayang Heulang cukup besar ketika air laut sedang pasang, jadi cukup berbahaya untuk berenang.

Namun, saat air laut sedang surut kita dapat melihat hamparan karang di bibir pantai yang membentuk kolam-kolam kecil alami, ketika surut inilah kita bisa berenang, berburu ikan dan bermain air lebih jauh kearah laut.

Keindahan Pantai Sayang Heulang tak hanya sampai situ saja, pantai ini semakin terlihat cantik ketika matahari terbenam dan terbit, sunset dan sunrise di Pantai Sayang Heulang adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu wisatawan, jadi kamu tidak boleh melewatkannya.

Objek wisata Pantai Sayang Heulang juga menyediakan tempat camping bagi pengunjung yang ingin berkemah agar lebih dekat dengan alam, rasakanlah sensasi camping seru bersama teman di Pantai Sayang Heulang yang akan membuatmu tak ingin cepat beranjak dari sini.

Puas bermain air di Pantai Sayang Heulang, jangan buru-buru pulang, kini saatnya kamu mengisi perut sambil berwisata ke tempat lainnya, tepatnya ke Pantai Sentolo dan Pulau Sentolo, kedua tempat tersebut masih satu kawasan dengan Pantai Sayang Heulang.

Pulau Sentolo merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah Pantai Sentolo, pulau tersebut hanya dipisahkan oleh aliran sungai kecil yang menjadi muara dan pelabuhan cilaut eureun.

baca juga : daftar tempat wisata di Jawa Barat yang tak kalah dengan luar negeri


pantai sayang heulang garut
ini saat air laut sedang pasang. foto : arumugi


Tips Penting Bagi Kamu yang Ingin Menuju ke Pulau Sentolo :

Jika kamu ingin menuju ke Pulau Sentolo, sangat disarankan untuk melalui Pantai Sayang Heulang daripada melalui Pantai Sentolo karena bila kamu melalui Pantai Sayang Heulang biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Sedangkan jika kamu melalui Pantai Sentolo kita akan dikenakan biaya portal masuk Pantai Sentolo, parkir Pantai Sentolo, tiket perahu dan tiket masuk Pulau Sentolo (biasanya pungutan liar). Tapi bila kamu melalui Pantai Sayang Heulang kamu hanya perlu membayar biaya portal Pantai Sayang Heulang saja.

baca juga : daftar tempat wisata terindah di Indonesia, mana favoritmu?


foto keren di pantai sayang heulang
keren kan, yuk kesini. foto : ratnayuningsih_



Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Lokasi Camping
  • Dan masih banyak lainnya.



Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak penginapan di sekitar tempat wisata Pantai Sayang Heulang, mulai dari kelas melati hingga hotel dengan fasilitas lengkap, tinggal pilih saja sesuai seleramu.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • 30 Km dari pusat Kota Garut melalui Jl. Raya Cisompet (1 jam 9 menit)
  • (Perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Sayang Heulang Garut

Akses menuju Pantai Sayang Heulang cukup mudah, apabila kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus dari Terminal Garut dengan jurusan Garut – Pameungpeuk. Rutenya adalah Terminal Garut – Cikajang – Pantai Sayang Heulang.

Dari Cianjur
Jika kamu berdomisili di Cianjur, kamu bisa mengikuti rute Cianjur – Cidaun – Rancabuana – Pantai Sayang Heulang

Dari Bandung
Sedangkan apabila kamu dari Bandung, untuk menuju ke Pantai Sayang Heulang kamu tinggal mengikuti rute Bandung – Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuana – Pantai Sayang Heulang.



Tips Berlibur ke Pantai Sayang Heulang Garut :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Sayang Heulang adalah di hari biasa (senin-jumat) karena saat weekend dan hari libur objek wisata ini akan sangat ramai oleh wisatawan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk parkir di area Pantai Sayang Heulang daripada di Pantai Sentolo.
  • Apabila kamu ingin menuju ke Pulau Sentolo, sangat disarankan untuk melalui jalur dari Pantai Sayang Heulang daripada Pantai Sentolo.
  • Hati-hati banyak pungutan liar.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.




Lihat peta cara menuju ke pantai sayang heulang



Wisata Terdekat Dari Pantai Sayang Heulang :

Pantai Sentolo (10 menit)
Pantai Sentolo juga merupakan salah satu pantai populer di Garut, setiap harinya Pantai Sentolo selalu ramai oleh wisatawan, baik wisatawan daerah maupun luar daerah.

Pulau Sentolo (11 menit)
Pulau Sentolo adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah Pantai Sentolo, Pulau Sentolo hanya dipisahkan oleh aliran sungai saja, pulau tersebut adalah pulau nelayan dimana kita dapat menemukan banyak sekali perahu nelayan, tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membeli tangkapan laut segar.

Pantai Cijeruk Indah (37 menit)
Pantai Cijeruk Indah adalah salah satu pantai indah di Garut yang masih belum banyak dilirik wisatawan, pantai ini bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata alternatif di Garut.


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »