Skip to main content

Hati Hati!!! Ini Dia Penyebab Katarak & Gejalanya!

mata katarak.jpg

 

Kalian tahu nggak sih kalau penyakit mata itu ada beberapa jenis? mulai dari yang biasa saja hingga yang paling berbahaya. Seperti mata minus atau plus, mata merah, glaukoma, silinder, katarak dan masih banyak lagi.


Dari beberapa penyakit mata tersebut, penyakit yang termasuk cukup parah dan sering menimpa masyarakat Indonesia adalah katarak.


Kalian tahu nggak? Ternyata katarak merupakan penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia loh, bahkan hampir 50%. Tingginya persentase katarak di Indonesia tuh biasanya karena masyarakat awam akan penyakit ini, dan seringnya menganggap sepele sehingga tidak mau memeriksakan ke dokter ketika mengalami gejala-gejalanya.


Biasanya sih katarak dialami oleh orang orang lansia, walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan kalangan muda juga mengalaminya loh. Oleh karena itu pentingnya kita untuk selalu memeriksakan kesehatan mata ke dokter.



Lalu, apa sih penyebab katarak itu?

Ada beberapa penyebab mata katarak yang mungkin bisa dialami semua orang guys. Seperti kecelakaan yang mengenai lensa mata secara langsung, faktor usia, genetik, hingga penyakit lain seperti diabetes karena gula di dalam tubuh yang tinggi.


Karena itu guys, jangan lupa selalu jaga kesehatan tubuh terutama bagian mata ya.


Gejala yang dialami oleh penderita katarak tuh umumnya pandangan yang buram, lebih buram daripada penderita mata minus. Kemudian warna bola mata yang terlihat lebih pudar. 


Namun untuk mengetahui itu katarak atau tidak, tetap harus dicek oleh dokter guys. Nanti kita bisa tahu apakah itu katarak atau bukan, dan sudah seberapa parah penyakitnya sehingga dokter dapat mengambil keputusan untuk pengobatannya.


penyebab mata katarak.jpg



Nah, gimana dong biar nggak terkena mata katarak?

Kalau merujuk ke saran dokter sih ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya katarak pada mata, diantaranya;

  • Stop merokok
  • Berhenti minum alkohol
  • Menjaga pola makan dengan memperbanyak sayur dan buah
  • Menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga
  • Selalu cek kesehatan secara berkala di dokter.


Jangan sepelekan katarak ya, karena penyakit ini bisa perlahan lahan menyerang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu jangan lupa selalu menjaga kesehatan.


Semoga tips di atas bermanfaat.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar