Skip to main content

Rumah Botol, Bangunan Unik di Puncak Gunung Lawu

Selain keindahan pemandangan, di puncak gunung lawu, terdapat sebuah spot unik lain yang mungkin tak akan kamu temui di puncak gunung tinggi lainnya di Indonesia, bukan warung Mbok Yem, melainkan rumah botol.

foto mas bowo sang pembuat rumah botol gunung lawu 
mas bowo sang kreator. foto : xspheriksx 

Ya, siapa sangka di puncak gunung lawu terdapat sebuah rumah yang dibangun hanya dari tumpukan botol plastik bekas sampah para pendaki yang dibuang begitu saja.


Lalu siapa yang membangun rumah botol tersebut ?

Namanya adalah Bowo, seorang pendaki yang bisa dibilang “gila gunung” kenapa dibilang gila gunung?

Tidak seperti pendaki lainnya yang naik lalu keesokan harinya turun, mas Bowo ini pernah berada di gunung selama 40 hari untuk mencari tanaman jamu loh, bahkan pernah juga anaknya yang baru berusia 5 tahun juga diajak mendaki gunung, tentunya dengan perhitungan matang.

Selain berada di gunung selama 40 hari, mas Bowo juga pernah mengegerkan seluruh pendaki dan penghuni di gunung lawu, suatu ketika ia pernah membawa bangkai rusa keatas rumah botol yang dibangunnya itu, malam harinya malah didatangi harimau yang langsung mengacak-acak bangunan yang ada di puncak hargo dalem.

Akibatnya ia dimarahi oleh Mbok Yem karena saat Mbok Yem ingin keluar warung beliau malah bertemu dengan harimau.

foto pemandangan rumah botol gunung lawu 
pendaki di depan rumah botol. foto : jackribo_indonesia

Tentang rumah botol ini, awalnya mas Bowo prihatin dengan sampah botol plastik yang berserakan ditinggalkan pendaki tak bertanggung jawab begitu saja, lalu karena tidak ada kerjaan, ia berinisiatif untuk mengumpulkan botol-botol tersebut, dan dibangunlah sebuah bangunan yang lebih dikenal dengan nama rumah botol.

Bagian dalam bangunan dilapisi dengan kaleng sarden yang sudah diratakan, jadi tidak terlalu dingin, selain itu terdapat juga tower seperti antena yang dibuat dari panci-panci bekas, walaupun terlihat kecil namun rumah botol ini mampu menampung sekitar 8 orang loh.

Selain itu didalam bangunan juga terdapat tungku api yang masih bisa difungsikan, tungku ini langsung tersambung dengan cerobong, jadi ruangan tidak dipenuhi asap.

Biasanya rumah botol digunakan tim SAR dan relawan yang sedang melakukan tugas.


foto pemandangan rumah botol puncak lawu 
pemandangan di sekitar. foto : mirmaestro

Memang tak banyak orang yang mengetahui lokasi dari rumah botol ini, untuk itu bagi kamu yang penasaran ingin berkunjung ke rumah botol, dari warung Mbok Yem kita harus menuju ke petilasan Hargo Dalem, rumah botol terletak di sebelah barat Hargo Dalem, jika tidak tahu kamu bisa bertanya ke Mbok Yem atau para pemilik warung untuk menunjukkan lokasinya.




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar