Skip to main content

Tips Lengkap Memilih Tas Gunung (Carrier) yang Baik

Tas gunung atau tas carrier merupakan bagian penting dalam kegiatan mendaki gunung. Dengan tas ini kita bisa menyimpan berbagai barang bawaan karena kapasitasnya yang lebih besar dari tas biasa.

tas gunung consina alpinist

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis tas carrier yang bisa kita beli dengan mudah, tapi untuk menjamin kualiatasnya tentu diperlukan ketelitian. Nah, di bawah ini Brobali.com sudah merangkum tips membeli tas carrier atau tas gunung yang baik.




Pilih Merek/Brand yang Sudah Terjamin Kualitasnya

Semakin populernya kegiatan mendaki gunung, kini juga semakin menjamurnya produsen-produsen tas gunung yang mematok harga cukup bersaing.

Tapi, agar kamu tidak menyesal, sangat disarankan untuk membeli tas gunung dari produsen yang sudah terkenal kualitasnya seperti Eiger, Consina, Rei, Deuter dan masih banyak lagi.

Walaupun cukup mahal, namun produk dari brand-brand diatas sudah teruji kualitasnya.




Pilih Sesuai Fungsi Utama

Apa tujuanmu membeli tas gunung ? untuk mendaki gunung atau sekedar traveling biasa ?

Sebelum memutuskan untuk membeli tas carrier, perhitungkan terlebih dahulu tujuan utamamu membeli tas carrier.

Karena setiap tas carrier memiliki fungsi masing-masing.

Misalnya, untuk traveling 1-3 hari, menggunakan tas carrier 20-30L sepertinya dirasa sudah cukup, untuk perjalanan lebih lama bisa menggunakan ukuran 40-50L, untuk mendaki gunung biasanya ukuran 60L keatas.






Perhatikan Juga Kapasitas Tas Carrier/Gunungmu

Selain fungsi, kapasitas tas gunung juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhatikan.
Kapasitas tas gunung ini akan menyesuaikan seberapa lama pendakian yang kamu lakukan, jika cukup lama tentu kamu harus memiliki tas gunung berkapasitas besar bukan?




Perhatikan Berat Badan dan Tinggimu

Jika kamu memiliki berat badan dibawah rata-rata atau kurus, lebih disarankan untuk menggunakan tas gunung berkapasitas medium.

Walaupun hal ini tidak menjadi faktor utama, namun juga harus kamu perhatikan karena tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama.
Dan jika kamu memiliki tinggi badan dibawah rata-rata, pilihlah tas yang tidak terlalu tinggi juga.




Pilih Tas Carrier yang Ringan Tapi Kuat

Tidak semua tas gunung yang kuat memiliki berat yang ringan, jadi sebelum membeli tas gunung, cobalah angkat tas tersebut, apakah beratnya cukup ringan atau sudah berat walaupun tidak ada isinya.

Sebab, jika tas gunung tersebut cukup berat, maka akan bertambah berat jika sudah terisi barang. Sebaliknya, tas gunung yang ringan juga tidak selalu kuat, jadi pintar pintarlah dalam memilih.




Memiliki Fitur Cukup Lengkap

Nah, inilah salah satu faktor terpenting dalam memilih tas gunung, selain faktor-faktor diatas, pastikan juga tas gunung yang kamu pilih memiliki fitur yang cukup lengkap.

fitur tas gunung
fiturnya lengkap.


Beberapa fitur yang harus ada di tas gunung adalah :
Cover Bag
Tidak semua tas gunung memiliki cover bag bawaan, walaupun kita bisa membelinya secara terpisah, tapi alangkah lebih baik jika kamu membeli tas gunung yang sudah lengkap dengan cover bagnya.

Memiliki Banyak Kantong
Tas gunung yang baik adalah yang memiliki banyak kantong, kantong-kantong ini bisa kita isi dengan botol minum atau makanan ringan yang dapat kita ambil sewaktu-waktu, jadi tidak perlu membuka reslesting utama.

Tali Pengatur Atas
Tas gunung yang sudah terisi penuh, bagian atasnya cenderung menggelantung ke belakang, karena itu pastikan tas gunung pilihanmu memiliki tali pengatur atas yang terletak diantara puncak bantalan bahu atas dan badan ransel.

Tali Bahu atau Bantalan Bahu
Pilihlah bantalan bahu yang empuk tapi tidak kempes jika ditekan, dan juga terdapat tali webbing yang dihubungkan ke bagian atas ransel.

Tali Pinggang
Tali pinggang merupakan salah satu komponen terpenting dalam tas gunung, karena sebagian besar berat tas akan ditopang oleh tali pinggang ini. Karena itu pilihlah tali pinggang yang empuk dan nyaman.

Tali Dada
Tali dada adalah tali yang menghubungkan antara kedua bantalan bahu, tali ini berfungsi menjaga bantalan bahu agar tetap di tempatnya.

Rangka Dalam atau Besi Alumunium
Dalam tas carrier modern, kini sudah terdapat besi alumunium yang menjaga bentuk tas agar tetap tegak supaya tas tetap stabil dengan punggung kita. Pilihlah tas gunung yang memiliki double frame atau dua besi alumunium.

Bantalan Punggung
Pilihlah bantalan punggung yang nyaman ketika bersentuhan dengan punggung kamu, juga pastikan bantalan punggung tersebut dapat menyerap keringat dan empuk.

baca juga :
Tips memilih sepatu gunung yang benar.
Rekomendasi sepatu gunung kece untuk wanita.

Nah, itulah tips membeli tas gunung yang baik, untuk masalah style bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
Jika kamu memiliki tips tambahan, bisa share di kolom komentar.





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar