Top 11 Tips Memilih Sepatu Gunung dan Bagian Apa Saja yang Harus Diperhatikan

0 Comments A+ a-

Mendaki gunung memang kegiatan outdoor yang cukup digandrungi kalangan anak muda, tak hanya para cowok, melainkan para cewek juga tak mau kalah.

sepatu gunung consina alpine
consina alpine

Tentu sebelum mendaki kita harus memiliki peralatan safety terlebih dahulu bukan, salah satu peralatan safety yang harus kamu gunakan adalah sepatu gunung.

Nah, sebelum mulai membeli sepatu gunung. Brobali.com akan memberikan tips memilih sepatu gunung yang baik buat kakimu.

baca juga :
Rekomendasi sepatu gunung wanita yang tak hanya aman tapi juga keren

Kualitas dan Bahan
Hal mendasar pertama yang harus kamu catat ketika akan membeli sepatu gunung adalah kualitas dari sepatu itu sendiri.

Nah, kualitas ini bisa kita lihat dari bahan yang digunakan, apakah bahan tersebut cocok digunakan untuk mendaki, yang mana mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang cukup menguras tenaga karena kita akan melewati beragam jalur, mulai dari bebatuan, tanah hingga pasir.

Jadi pastikan bahan sepatumu cocok digunakan dalam trek seperti itu. Contohnya seperti dapat memperkecil risiko kulit kaki melepuh, dapat menyerap keringat, dan lebih cepat kering ketika basah.


Ringan
Walaupun sepatu yang kamu pilih cukup kuat dan tahan dalam berbagai jalur, tapi jika sepatu gunungmu berat tentu akan membuat tenagamu semakin terkuras.

Jadi, pilihlah sepatu yang ringan namun tetap kuat dalam berbagai jalur, yang dimaksud ringan disini adalah, ringan seperti sepatu jogging. Walaupun tebal namun enteng ketika digunakan untuk berlari.

Nyaman dan Empuk
Selain kuat dan ringan, pastikan juga sepatu gunung pilihanmu empuk dan nyaman ketika digunakan, karena mendaki gunung sangat melelahkan, jadi kamu jangan menggunakan sepatu yang berbahan keras. Bisa-bisa kakimu malah jadi sakit saat berjalan.

Pilih Sol Sepatu Sesuai Jalur
Di zaman modern seperti sekarang, kini sepatu-sepatu gunung sudah memiliki beragam variasi sol sepatu dengan dibagi menjadi 3 jenis, diantaranya adalah sol soft, medium dan high.

Yang dimaksud adalah seberapa keras sol sepatu tersebut. Jika kita melihat medan gunung di Indonesia yang memilki jalur bebatuan, tanah dan pasir, lebih disarankan untuk memilih sol medium.

Perhatikan juga bahan sol yang digunakan, pilihlah sol sepatu gunung yang berbahan karet dan bergerigi agar tidak mudah terpeleset.

baca juga :
Daftar gunung ramah pendaki yang cocok bagi kamu pendaki pemula
Daftar gunung terindah di Pulau Jawa, mana favoritmu?


Diatas merupakan hal mendasar yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli sepatu gunung. Nah, apabila kamu ingin mendapatkan tips yang lebih “Advanced” kamu bisa menyimak tips di bawah ini.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepatu gunung selain hal-hal mendasar diatas, seperti :

Upper
Upper adalah bagian atas sepatu yang melindungi mata kaki termasuk engkel, bagian inilah yang membuat sepatu gunungmu menjadi waterproof (tahan air).

Padding Engkel
Merupakan bagian yang berada di engkel kaki dan berguna untuk melindungi engkel kaki.

Rubber toe Bumper
Merupakan bagian ujung sepatu yang berguna untuk melindungi ujung kaki saat kita menendang sesuatu secara tidak sengaja.

Backstray
Merupakan bagian yang menutupi jahitan sepatu di sebelah belakang.

Insole atau Sol Dalam
Bagian alas kaki di dalam sepatu, pilihlah yang empuk dan nyaman.

Midsole
Midsole terletak diantara Sol dalam dan Sol luar, yang berfungsi sebagai peredam hentakan kaki dengan permukaan bumi.

Lidah Sepatu
Yaitu bagian atas sepatu.

Nah, itulah beberapa tips membeli sepatu gunung yang baik, apabila kamu memiliki tips lain, bisa share di kolom komentar.





Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments