Candi Ijo, Wisata Hits yang Instagramable Di Kota Jogja

Candi Ijo, Wisata Hits yang Instagramable Di Kota Jogja

sunset candi ijo

Bagi kamu yang menyukai wisata-wisata yang memiliki pemandangan alam yang mempesona dan instagramable, maka kamu perlu mengunjungi wisata Candi Ijo yang ada di Kota Jogja.

Btw, untuk informasi kamu yang mencari wisata jogja terbaru paling instagramable, cek list lengkapnya di Wisata Jogja Hits Terbaru Versi OhGitu.

Candi yang bercorak Hindu ini  berada di daerah dataran tinggi yang dikenal dengan nama lain yaitu Gumuk Ijo. Meskipun namanya memang tidak setenar candi-candi lainnya yang ada di Yogyakarta, namun candi ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Kota ini.

Hal ini memang karena lokasinya yang berada di ketinggian 753,402mdpl – 395,481mdpl. Candi ini menjadi salah satu wisata yang cukup hits di kalangan anak-anak muda serta wisatawan lokal karena penampakan alamnya yang begitu menarik perhatian.




Lokasi Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo ini berada tepanta di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk rute lokasinya, berikut peta lokasi Candi Ijo di Google Map untuk memudahkan mencapai Candi tersebut dengan rute terbaik. Jika kamu menempuhnya dari pusat kota Yogyakarta, maka hanya sekitar 18 km saja. Lokasinya juga sangat dekat dengan wisata Candi ratu Boko, hanya 4 km saja.

Candi Ijo ini masih berada dalam wilayah Gumuk Ijo yang menjadi bagian dari bukit Batur Agung. Jalan untuk menuju ke wisata ini sudah sepenuhnya diaspal dengan baik, sehingga dapat mudah ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor. Namun hati-hati, di beberapa titik banyak sekali jalanan tanjakan yang cukup bahaya jika tidak hati-hati.

Di area Candi ijo ini, kamu bisa menemukan pemandangan yang indah dari Pantai Parangtritis di sebelah barat serta hamparan area persawahan yang asri.



Apa yang Dapat Kamu Nikmati Di Candi Ijo?

Ada banyak hal-hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Candi Ijo. Sesuai dengan namanya, saat memasuki kawasan ini kamu akan melihat pemandangan yang begitu hijau. Luasnya memang tidak terlalu besar, hanya sekitar 0,8 hektar saja namun bukan berarti Candi Ijo tak menarik untuk dikunjungi.

Untuk bisa sampai ke area Candi, kamu perlu berjalan kaki sejauh 3-4 meter saja. Semakin kamu memasuki kawasan Candi Ijo, maka akan semakin terlihat warna hijau yang menyejukkan mata. Rumput-rumput tumbuh subur dan terawat baik yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai bagi pengunjung yang datang. Dari area atas Candi, kamu dapat menikmati pemandangan yang begitu hijau, area persawahan, dan pemandangan kota dari atas ketinggian.

sunset candi ijo jogja

Dan salah satu daya tarik yang sangat dicari wisatawan adalah pemandangan sunsetnya yang mempesona dari atas ketinggian. Sehingga tak heran jika wisata ini akan semakin ramai menjelang sore hari.

Dari candi utama, kamu dapat menghadap kearah candi kecil yang ada di depannya. Kamu bisa melihat pemandangan seakan matahari terbenam yang sedang “meledak” di antara kedua candi kecil tersebut. Kilau pancaran oranye kemerahannya membuat pemandangan yang ada di sekitar Candi Ijo ini semakin eksotis.



Tiket Masuk Wisata

Untuk bisa menikmati keindahan yang ada di wisata Candi Ijo, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 5 ribu saja per orangnya. Sangat murah bukan? Namun untuk wisatawan asing, harga tiket yang dikenakan bisa 2 kali lipatnya yaitu Rp 10.000/orang.

Dan tambahan, untuk biaya parkir, kamu perlu membayar Rp 2.000/motor. Candi ijo ini buka setiap harinya, dari pukul 06.00 hingga 17.30.

Wisata ini akan sangat direkomendasiakn bagi kamu yang menyukai wisata-wisata yang memiliki pesona alam yang begitu mempesona dan instragamable. Candi Ijo ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, sehingga kamu akan merasa nyaman meskipun berlama-lama di tempat ini. 



Artikel ini disponsori oleh OhGitu


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments