Info Lengkap Taman Nasional Baluran, yang Memiliki Julukan Afrikanya Indonesia

Info Lengkap Taman Nasional Baluran, yang Memiliki Julukan Afrikanya Indonesia

Indonesia yang memiliki banyak sekali kekayaan alam dan budaya menjadikan negara kita ini juga mempunya banyak taman nasional. Nah, jika berbicara mengenai taman nasional, di jawa timur terdapat sebuah taman nasional yang terkenal dengan pemandangan alamnya. Yaitu Taman Nasional Baluran.

Baluran, merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Baluran merupakan sebuah taman nasional yang memiliki padang savana terluas di pulau jawa lho.

sunrise tn baluran 



Apa yang Menarik di Taman Nasional Baluran Jawa Timur?

Banyak orang mengira jika Taman Nasional Baluran hanyalah sebuah padang savana biasa, padahal selain padang savana, di Taman Nasional Baluran juga terdapat hutan mangrove, pantai dan gunung karena memang Taman Nasional Baluran ini terdiri dari beberapa tipe vegetasi seperti sabana, hutan mangrove, hutan pegunungan bawah, hutan musim, hutan pantai.

Banyak yang menjuluki Taman Nasional Baluran sebagai little Africa In Java, atau afrikanya indonesia, karena padang savananya yang mirip di benua afrika. Di padang savana ini hidup banyak sekali jenis hewan, seperti banteng, rusa, kera, hingga merak, pemandangan yang biasa kita jumpai ketika melihat padang savana di afrika melalui tv maupun foto.

Tak hanya itu saja, Taman Nasional Baluran juga memiliki 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan sekitar 444 jenis tumbuhan seperti Asam jawa, Gadung, Kemiri, Gebang, Api-api, Kendal, Salam, Kepuh dan masih banyak lagi.

foto jalur sepanjang TN. baluran jawa timur 
jalur di TN. Baluran. foto : heriawanzhang

Sesuai julukannya, ternyata Taman Nasional Baluran juga memiliki suhu yang bisa dibilang cukup panas, dengan temperatur sekitar 27-30 derajat celcius, tak jauh berbeda dengan padang savana di afrika sana.

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25,000 hektar, dengan padang savana sekitar 10.000 hektar, tak heran jika tempat ini disebut sebagai padang savana terluas di pulau jawa.




TN Baluran ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
Kawasan inti seluas 12.000 Ha.
Kawasan hutan/rimba seluas 5.537 ha (perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha).
Kawasan pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha.
Kawasan pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha.
Kawasan rehabilitasi seluas 783 Ha.

Oh iya guys, di taman nasional satu ini terdapat 2 tempat yang sangat populer yang biasa dijadikan spot foto wisatawan, yaitu savana bekol dan pantai bama.

Jika musim hujan, rumput di savana bekol akan berwarna hijau, namun jika musim kemarau, rumput akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Nah, ketika musim kemarau inilah Kamu akan merasakan suasana dan pemandangan layaknya di padang savana arfika

pantai bama tnb
pantai bama. foto ig : @yanuarazam 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, selain savana bekol, di Taman Nasional Baluran terdapat tempat lain yang menjadi favorit wisatawan, yaitu pantai bama.

Pantai bama hanya berjarak sekitar 3 km dari savana bekol, sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai kita akan melewati sedikit hutan, di hutan ini kita bisa menjumpai kawanan kera. Tapi ingat ya guys, jaga barang bawaanmu ya, jangan sampai diambil oleh kera kera jahil tersebut.

Sesampainya di pantai bama, kita akan disambut dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut, selain itu didekat pantai bama juga terdapat hutan mangrove lho. Pantai bama juga cocok untuk snorkeling dan bermain kano, taman bawah laut disini tak kalah indah dengan spot-spot snorkeling lainnya kok.

Selain snorkeling dan berkunjung ke hutan mangrove, di pantai bama kita juga bisa melihat sunrise, tentunya Kamu harus menginap terlebih dahulu.

Nah, bagi Kamu yang ingin berkemah, di sekitar pantai bama sudah disediakan camping ground yang bisa Kamu gunakan untuk mendirikan tenda.

savana bekol tnb
savana bekol. foto ig : @ilhamprimadin

Lokasi Taman Nasional Baluran sangat cocok dikunjungi terutama bagi kamu pecinta fotografi, sesuai kaidah fotografi, waktu terbaik untuk hunting foto di Taman Nasional Baluran adalah saat pagi dan sore hari, karena saat itu sinar matahari tidak terlalu terik.

Akomodasi di Taman Nasional baluran juga sangat mudah, sudah terdapat beberapa penginapan di savana bekol dan pantai bama yang bisa kamu pilih apabila Kamu tidak ingin camping.

Sayangnya di Taman Nasional Baluran tidak ada restoran, jadi disarankan untuk membawa perbekalan makanan sebelum masuk kawasan wisata ini.

sunset tn baluran
sunset di pantai bilik sijile. foto ig : @muh_taufiq 



Sejarah Taman Nasional Baluran

Sebelum tahun 1928 AH. Loedeboer, seorang pemburu kebangsaan Belanda yang memiliki daerah Konsesi perkebunan di Labuhan Merak dan Gunung Mesigit, pernah singgah di Baluran. Dia telah menaruh perhatian dan meyakini bahwa Baluran mempunyai nilai penting untuk perlindungan satwa, khususnya jenis mamalia besar.

Pada tahun 1930 KW. Dammerman yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor mengusulkan perlunya Baluran ditunjuk sebagai hutan lindung.

Pada tahun 1937 Gubernur Jenderal Hindia Belanda menetapkan Baluran sebagai Suaka Margasatwa dengan ketetapan GB. No. 9 tanggal 25 September 1937 Stbl. 1937 No. 544.

Pada masa pasca kemerdekaan, Baluran ditetapkan kembali sebagai Suaka Margasatwa oleh Menteri Pertanian dan Agraria Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor. SK/II/1962 tanggal 11 Mei 1962.

Pada tanggal 6 Maret 1980, bertepatan dengan hari Strategi Pelestarian se-Dunia, Suaka Margasatwa Baluran oleh menteri Pertanian diumumkan sebagai Taman Nasional.

Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang berada di savana bekol, yaitu gunung baluran.
Source : wikipedia

taman nasional baluran jatim
rusa di tnb. foto ig : @pipii.luwes 


Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran :
Rp. 5.000/orang (hari biasa)
Rp. 7.500/orang (hari libur)

Mancanegara :
Rp. 150.000/orang (hari biasa)
Rp. 225.000/orang (hari libur)

Jam Buka :
Senin - Jumat  07:30-16:30 WIB

Kontak :
Office :
Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab. Situbondo.

Phone :
(+62) 333461936 / (+62) 333461650

Fax :
(+62) 333463864

Trihari (visitor services officer)
Taman Nasional Baluran :
(+62) 82332213114

http://balurannationalpark.web.id/

Akomodasi :
Penginapan di Savana Bekol
Wisma Rusa : Rp 100.000,-/kamar/2 orang.
Wisma Merak : Rp 150.000,-/kamar/2 orang.
Wisma Banteng : Rp. 400.000,-/wisma/4 orang.
Penginapan di Pantai Bama
Wisma Pilang : Rp. 200.000,-/wisma/2 orang.

Reservations contact numbers
Phone
082332213114 (Trihari)
(+62) 333461936





Lokasi :


  • Alamat ; Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi, Wonorejo, Banyuputih, Jawa Timur.
  • 46 km dari pusat kota Banyuwangi melalui Jl. Pantura (1 jam 7 menit)
  • 68 km dari pusat kota Situbondo melalui Jl. Pantura – Banyuwangi/Situbondo (1 jam 27 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Taman Nasional Baluran

Dari Jakarta atau Jabodetabek Kamu bisa naik bus Jurusan Jakarta-Banyuwangi, kemudian Kamu bisa turun di Terminal Probolinggo. Dari teminal Probolinggo, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus Banyuwangi via Situbondo dan turun di depan pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Alternatif lainnya, Kamu juga bisa menggunakan bus jurusan Jakarta-Denpasar. Biasanya, bus jurusan ini akan menggunakan jalur Situbondo. Jadi Kamu bisa turun tepat di Pintu masuk TN Baluran tanpa harus naik bus dua kali.




Tips Saat Berlibur Ke Taman Nasional Baluran :


  • Bawalah perbekalan makanan sebelum masuk ke kawasan taman, karena tidak ada restoran dan cafĂ©.
  • Datanglah saat pagi atau sore hari.
  • Jaga baik-baik bawang bawaan kamu, karena kera disini cukup jail.
  • Jangan buang sampah sembarangan dan selalu taati peraturan ya.





lihat peta cara menuju ke TN. Baluran.



Wisata Terdekat Dari TN. Baluran (- 1 Jam):

-

sumber foto header : https://www.instagram.com/igobtheristas/

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Kalau ke baluran, sekalian nginep aja di pantai bama. Ada satu pondokan yang disewakan, tarifnya relatif murah. Kalau pagi langsung disambut sunrise keren dan berasa punya privat beach ��

Balas