Benteng Vastenburg, Sejarah yang Hampir Terlupakan di Solo

Benteng Vastenburg, Sejarah yang Hampir Terlupakan di Solo

benteng vastenburg surakarta

Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Benteng Vastenburg sendiri dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Benteng Vastenburg memiliki bentuk bujur sangkar, benteng ini dibangun oleh Belanda sebagai tempat pengawasan terhadap Keraton Surakarta yang dahulunya adalah penguasa di kawasaan Surakarta.

Selain itu, Benteng Vastenburg juga dijadikan sebagai Garnisun yang berasal dari bahasa Belanda garnizoen,  yaitu suatu korps pasukan yang ditempatkan di suatu benteng untuk mempertahankan dan melawan musuh.

Setelah kemerdekaan, benteng ini digunakan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan. Pada masa 1970-1980-an bangunan ini digunakan sebagai tempat pelatihan keprajuritan dan pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad untuk wilayah Karesidenan Surakarta dan sekitarnya. -Wikipedia-

benteng vastenburg
gerbang benteng vastenburg. foto ig : @rizalalvian.id

Nah, itulah sedikit sejarah mengenai Benteng Vastenburg yang sangat populer di daerah Solo Raya. Terlepas dari wisata kulinernya, Solo juga terkenal dengan wisaja sejarahnya, dapat dilihat dari banyaknya peninggalan-peninggalan zaman dahulu, salah satunya adalah Benteng Vastenburg ini.



Lokasi dari Benteng Vastenburg sendiri tak jauh dari Keraton Surakarta, hanya berjarak kurang lebih 15 menit berkendara saja, dekat kan? Jadi ketika kamu sedang berlibur di Solo jangan lupa mampir ke Benteng Vastenburg ya.

Selain berwisata sejarah, di Benteng Vastenburg kita juga bisa hunting foto dengan background vintage, sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi yang sedang mencari spot-spot foto anti mainstream di Solo.

benteng vastenburg solo
view dari atas. foto ig : explorer_drone_indonesia

Fasilitas :
Hanya terdapat warung makan saja

Jam Buka :
24 Jam

Harga Tiket Masuk Benteng Vastenburg :
Rp. 2.000/orang untuk Dewasa
Rp. 1.000/orang untuk Anak-anak




Lokasi :

  • Alamat ; Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
  • 1 Km dari Stasiun Solojebres (5 menit)
  • 2 Km dari Alun Alun Kidul (7 menit)
  • 3 Km dari Stasiun Solo Balapan (10 menit)
  • 5 Km dari Terminal Tirtonadi (15 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Benteng Vastenburg 

Dari stasiun Purwosari, kamu bisa naik BST jalur 1 menuju Jalan Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar kliwon, Kota Surakarta.





Tips Berlibur ke Benteng Vastenburg :


  • Datanglah saat sore atau malam hari agar tidak panas
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Benteng Vastenburg adalah saat hari biasa, karena saat weekend, hari libur atau saat ada event pasti ramai dengan pengunjung.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga cagar budaya peninggalan Belanda ini ya.





Lihat peta cara menuju ke benteng vastenburg




Wisata Terdekat dari Benteng Vastenburg (-1 Jam):

Keraton Surakarta (4 menit)

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments