Skip to main content

Top 10 Tempat Wisata Populer di Solo Ini Siap Menyambutmu

Surakarta atau juga disebut dengan nama Solo merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah, kota Solo juga berbatasan langsung dengan Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar, tak jarang juga banyak yang salah mengatakan jika Karanganyar termasuk dalam Kota Solo, padahal kedua Kabupaten ini berbeda.

Memang tidak banyak tempat wisata yang ada di Solo, namun walaupun sedikit tapi wisata di Solo tak kalah menarik untuk dikunjungi lho, ya walaupun masih kalah dengan Kabupaten Karanganyar tapi tidak ada salahnya kita juga menyempatkan berkunjung ke wisata-wisata yang ada di Solo ini

Nah bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang tempat wisata di Solo, dibawah ini merupakan rekomendasi daftar objek wisata di Solo yang harus kamu kunjungi, yuk kita simak.




Keraton Surakarta

foto keraton surakarta
keraton kesultanan surakarta. foto : the.edbert

Nah, tempat wisata keren di Solo pertama adalah Keraton Surakarta, siapa sih yang tidak mengetahui tentang Keraton Solo atau Surakarta ini, setiap membahas mengenai wisata di Solo pasti tak lepas dari Keraton Surakarta, wisata satu ini memang terkenal sebagai wisata sejarah murah meriah di Solo.

Hanya membayar tiket tak lebih dari Rp.10.000 saja kita sudah bisa berkeliling melihat bangunan Keraton, salah satu spot paling populer di kawasan Keraton Surakarta adalah kereta kencananya, setiap wisatawan yang berkunjung kesini pasti selalu berfoto di lokasi tersebut.

Dahulu keraton ini adalah bagian dari kerajaan Mataram, namun karena permasalahan politis dengan Belanda akhirnya Kerajaan Mataram ini dipecah menjadi 2 yaitu Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin Oleh Pangeran Mangkubumi.


Lokasi : Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

baca juga : Candi Cheto, candi unik di lereng gunung Lawu




Taman Satwa Taru Jurug

foto taman satwa taru jurug
ajak anak-anak naik gajah. foto : semarang.bisnis.com

Bagi kamu yang mencari wisata keluarga di Solo, Taman Satwa Taru Jurug harus masuk dalam daftarmu, Taman Satwa atau Kebun Binatang Taru Jurug dibangun oleh Pemkot kota Solo sebagai tempat wisata keluarga unggulan, ada beraneka ragam koleksi satwa di kebun binatang ini, mulai dari merak, macan, ular, harimau sumatera, komodo dan masih banyak lainnya.

Harga tiketnya yang murah menjadikan Taman Satwa Taru Jurug sebagai objek wisata populer masyarakat Solo, Taman Satwa ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur dan weekend, selain berwisata kita juga bisa mengenal mengenai habitat hewan.

Lokasi : sebelah Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami No 40, Kentingan, Jebres,  Surakarta



Taman Sriwedari

foto taman sriwedari solo
meriam didepan gerbang utama. foto : www.flickr.com

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari merupakan sebuah taman yang bersejarah bagi Kota Solo, tempat wisata taman Sriwedari sudah sangat populer dikalangan masyarakat Solo dan sekitarnya, tak jarang pula diadakan pertunjukan kesenian tradisional di kawasan taman.

Banyak pertunjukan sering diadakan di Taman Sriwedari seperti ketoprak dan wayang orang, selain itu di kawasan taman juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana, objek wisata satu ini menjadi lokasi favorit untuk bersantai bersama keluarga maupun teman.


Lokasi : Jl. Slamet Riyadi, Kecamatan, Laweyan, Surakarta

baca juga : Taman Selecta, taman romantis untuk kaum muda





Taman Balekambang

foto taman balekambang solo
suasana di kawasan taman, adem!. foto : greatindnesia.blogspot.com

Selain taman Sriwedari di Solo juga terdapat taman lainnya yang tak kalah populer, salah satunya adalah Taman Balekambang, taman dengan luas sekitar 10 hektar ini menjadi objek wisata keluarga favorit untuk mengisi akhir pekan bersama anak-anak di Solo Raya.

Selain itu Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka, bagaimana, apa kamu tertarik ?


Lokasi : Jalan Balekambang No.1, Banjarsari, Solo

baca juga : Taman Sari, wisata wajib dikunjungi bagi penyuka wisata sejarah






Kampung Batik Solo

foto kampung batik kauman solo
kampung batik kauman. foto : pegipegi.com

Solo memang sangat kental dengan budaya Jawa, di kota Solo sendiri terdapat dua kampung yang terkenal sebagai pengrajin batik tradisional, yaitu di Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman, tidak ada yang terlalu berbeda dari kedua kampung ini, Kampung Batik Laweyan dan Kauman sama-sama memproduksi batik yang keren.

Namun menurut informasi masyarakat sekitar dan para pecinta batik, kampung batik Laweyan dan Kauman memiliki corak batik yang berbeda, dari kedua kampung tersebut ternyata memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan, nah bagi kamu yang sedang berkunjung ke Solo dan ingin mencari souvenir khas kota ini, kamu bisa mencoba untuk membeli batik khas Solo dari kedua kampung tersebut.


Museum Radya Pustaka

foto museum radya pustaka solo
museum radya pustaka. foto : wikipedia.org


Selain berwisata budaya, di Solo kita juga bisa berwisata sejarah, nah bagi kamu yang ingin mengenal kota Solo lebih dekat, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Museum Radya Pustaka, di Museum ini kita bisa melihat berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan Kota Solo dan Kerajaan Mataram pada zaman dahulu.

Salah satu koleksi yang cukup terkenal adalah koleksi berupa porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV, Museum Radya Pustaka juga menjadi salah satu Museum tertua di Indonesia lho.


Ngarsopura Night Market Solo


foto ngarsopuro night market solo
yuk malam mingguan kesini. foto : tribunsurakarta.com

Ini dia lokasi favorit untuk malam mingguan di Solo, Ngarsopuro merupakan sebuah kawasan layaknya Malioboro di Jogja, setiap malam kawasan ini akan ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, terutama anak muda, pada saat malam minggu kawasan ini berubah menjadi pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai souvenir khas seperti batik dan kerajinan, lokasinya yang berada di selatan Pura Mangkunegara menjadikan Ngarsopuro selalu ramai oleh wisatawan.


Pura Mangkunegaran


foto pura mangkunegara solo
megah ya. foto : spesies.wordpress.com


Setelah Kerajaan Mataram dipecah oleh Belanda / VOC menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, ternyata krisis yang dihadapi Kerajaan Mataram ini belum berakhir. Dua tahun setelah Perjanjian Giyanti, Kasunanan Surakarta dipecah lagi menjadi 2 yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

Nah, apabila kamu penasaran dengan sejarah Kerajaan Mataram ini kamu bisa datang ke Pura Mangkunegaran, Pura Mangkunegaran merupakan sebuah kawasan layaknya Istana/Keraton, disini kita bisa menemukan banyak koleksi sejarah zaman dahulu.



Museum Batik Danar Hadi

foto museum batik danar hadi solo
serasa di dalam hotel ya. foto : danarhadibatik.com


Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Kampung Batik Solo namun tidak menemukan batik yang menarik hatimu, kamu bisa datang ke Museum Danar Hadi, Danar Hadi merupakan merek batik ternama dari Solo. Selain outlet penjualan, Danar Hadi juga membuat sebuah museum tentang batik yaitu Museum Batik Danar Hadi, di Museum ini kita bisa melihat banyak sekali koleksi batik keren yang bisa kita jadikan souvenir khas Solo.


Galabo Solo

foto galabo solo
yuk berburu kuliner. foto : www.surakarta.go.id


Kamu pecinta wisata kuliner? Galabo Solo tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berada di Solo, Galabo merupakan sebuah kawasan dimana disini kita bisa menemukan banyak sekali penjual makanan, Galabo buka setiap malam hari, makanan yang dijajakan misalnya bistik, angkringan, sate, bandeng bakar, soto, timlo, dan gudek, Galabo terletak di depan PGS (Pasar Grosir Solo).



Nah, itulah beberapa tempat wisata populer di Kota Solo yang tentunya wajib kamu kunjungi minimal salah satu diantaranya, dari daftar tempat diatas mana favoritmu?


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar