Skip to main content

Info Pulau Panjang, Rute, Harga Tiket Masuk, Cara Menuju Kesana, Lokasi dan Tips

pulau panjang

Bagi masyarakat jawa tengah, tentu sudah tidak asing dengan objek wisata pulau panjang. Sebuah pulau yang tidak terlalu besar ini terletak di Kabupaten Jepara.

Pulau panjang menjadi salah satu daya tarik wisata walam di Jepara. Tak heran banyak orang yang sedang berlibur ke Jepara pasti akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke pulau panjang.

Pulau panjang sendiri memiliki luas kurang lebih 19 hektare dan terletak sekitar 1,5 mil di laut dari pantai Kartini.

Pulau panjang dikelilingi oleh pasir putih dan air laut yang cukup biru dan bersih, ditambah dengan terumbu karang yang tak kalah indah menjadi daya tarik utama tempat wisata Jepara satu ini.

Jadi bagi kamu pecinta wisata bahari, cobalah snorkeling di pulau panjang, tak perlu kawatir mengenai peralataannya sebab di pulau panjang sudah terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling.

snorkeling pulau panjang
snorkeling. foto IG https://www.instagram.com/pesonapulaupanjang/

Di tengah pulau merupakan hutan hujan dengan berbagai pepohonan yang menjulang tinggi. Uniknya lagi, kita juga bisa menemukan bunga bangkai di pulau panjang loh.

Di pulau panjang sendiri sudah terdapat jalan yang akan menuntun kita berkeliling memutari pulau. Jalan tersebut tidak terlalu besar, namun cukup nyaman untuk digunakan berjalan kaki.

jalan di pulau panjang
jalan di pulau panjang. foto IG https://www.instagram.com/ganung_hidayat/

Dan bagi kamu yang malas jalan kaki, tenang saja, karena di pulau panjang juga terdapat tempat penyewaan sepeda yang bisa kita gunakan untuk berkeliling pulau.

Kawasan pulau panjang juga bisa digunakan sebagai tempat camping loh guys. Tak sedikit wisatawan yang berkemah di kawasan pulau panjang ini dengan membawa tenda sendiri karena disini tidak terdapat tempat penyewaan tenda.

Selain itu, di tengah pulau panjang juga terdapat makam Syaikh Abu Bakar, sehingga menjadikan pulau panjang tak hanya sebagai wisata alam saja. Tapi juga wisata religi.

Fasilitas di pulau panjang juga terbilang cukup memadai, disini sudah terdapat musholla, kamar mandi, warung dan lain lain.




Tips Berlibur ke Pulau Panjang


  • Carilah waktu terbaik, jangan datang saat musim hujan karena kemungkinan ombak tinggi.
  • Datanglah saat pagi atau sore hari.
  • Jangan lupa bawa baju ganti.
  • Jangan meembuang sampah sembarangan dan selallu taati aturan ya.




Cara Menyeberang ke Pulau Panjang

Nah, sekarang bagaimana cara untuk menuju ke pulau panjang?
Ada dua cara untuk menyeberang ke pulau panjang. Yaitu melalui Pantai Kartini dan Pantai Bandengan.
Tidak ada perbedaan yang mencolok apabila kita menyeberang lewat pantai kartini maupun pantai bandengan.

Untuk biaya perahu, terakhir kali Rp. 20.000/orang sudah PP (pulang pergi)
Retribusi pulau panjang Rp. 5.000/orang



Cara Menuju ke Pantai Kartini dan Pantai Bandengan

Rute ke Pantai Kartini
Dari Terminal Bus Jepara – ambil arah tenggara – Jalan M.T. Haryono – belok kanan ke jalan A. E Suryani – belok kiri – Jalan Pelabuhan Kartini – Pantai Kartini.

Rute ke Pantai Bandengan
Dari Terminal Bus Jepara – ambil arah barat laut – jalan Pasar Burung Jepara – belok kanan – masih di jalan Pasar Burung Jepara – Belok kiri ke Jalan Cik Lanang – Belok kanan ke Jalan CT Winarso – ambil arah ke Jembaran Cinta – belok kiri ke jalan Tirto Samudro – Pantai Bandengan

 #Dari Arah Semarang
Jalan Durian Barat – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Tol Tanjungmas-Srondol – Jalan Kudus-Semarang – Jalan Raya Tuban-Semarang – Jalan Raya Dema-Welahan – Jalan Raya Welahan – Jalan Demak-Welahan – Jalan Jepara-Kudus – Jepara – kemudian ikuti seperti diatas, mau ke pantai bandengan atau kartini.

#Dari Arah Yogyakarta
Jalan Hayam Wuruk – Jalan Pakungingratan – Jalan Magelang-Purworejo – Jalan Semarang-Yogyakarta – Jalan Yogyakarta-Magelang di Sendangadi – Jalan Magelang – Jalan Candimulyo – Jalan Magelang-Kopeng – Jalan Raya Salatiga – Jalan Lingkar Selatan Salatiga – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Tanjungmas-Srondol – Jalan Kudus-Semarang – Jalan Raya Demak-Welahan – Jalan Raya Welahan – Jepara kemudian ikuti seperti diatas, mau ke pantai bandengan atau kartini.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara menuju ke Pulau Panjang. Jadi kapan kamu akan berlibur kesana?


sumber foto header:
akun IG https://www.instagram.com/fathulminan/


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar