Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Tips Lengkap Traveling Murah Ala Backpacker

Banyak orang ingin traveling, entah itu karena ingin menghilangkan stres saat bekerja, atau hanya ingin berjalan jalan ketempat baru saja, namun banyak juga yang mengurungkan niat karena tidak adanya biaya.

Sebenarnya kita bisa melakukan traveling tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, tapi tidak semua orang tahu apa yang harus dilakukan agar bisa menekan budget traveling yang tak sedikit, apalagi jika kita ingin liburan ketempat jauh, nah dibawah ini adalah tips agar kita bisa berhemat saat traveling.




Susun Rencana

foto cara membuat rencana perjalanan 
membuat itinerary perjalanan. foto : gouletpens 

Setiap perjalanan harus berdasarkan dari rencana yang matang, mulai dari penginapan, waktu hingga pilihan tempat liburan, sebelum kamu traveling, kamu harus membuat rencana perjalanan yang jelas terlebih dahulu, seperti kemana kamu akan berlibur, apakah ke Bali, atau Jogja  atau mungkin ke kota lainnya?

Nah, setelah menentukan pilihan tempat liburan, kita juga harus menentukan berapa lama waktu yang akan kita habiskan untuk traveling ke kota tersebut, apakah 2 hari, sepekan atau mungkin cuma sehari, tentunya lebih lama waktu yang kita habiskan akan bertambah juga budget yang harus kita keluarkan.




Cari Informasi

foto sedang mencari informasi di laptop 
mencari informasi. foto : missyjkennedy

Setelah menentukan rencana perjalanan, selanjutnya carilah informasi mengenai tempat wisata tujuanmu, apakah buka atau tutup, apakah waktu yang kamu pilih tepat ?

Misalnya, kamu memilih berlibur saat musim liburan tiba, saat musim liburan biasanya harga tiket dan lain lain akan naik, jadi lebih baik kamu memilih berlibur saat hari biasa saja.

Namun jika terpaksa datang saat musim liburan, kamu bisa mencari informasi mengenai penginapan yang murah dan bila perlu saat ada diskon, dan perlu kamu tahu, menginap di rumah teman yang dekat dari tempat wisata adalah salah satu pilihan paling baik yang bisa kamu pilih.

Selain mempererat pertemanan, kamu juga bisa menekan biaya penginapan yang memang tidak murah apalagi jika kamu berlibur beberapa hari, tapi tentunya kamu harus memiliki teman di daerah tersebut bukan? karena itu carilah informasi dan teman baru di dekat tempat wisata tujuanmu dengan bertanya tanya di forum tempat wisata yang banyak bertebaran di internet.




Jalur Darat Atau Jalur Udara ?

foto naik kereta api saat travelling 
naik kereta api lebih murah. foto : ekoaris23 

Umumnya jalur darat lebih murah daripada jalur udara, namun waktu tempuh juga semakin lama, jika tempat tujuanmu bisa dijangaku dengan jalur darat seperti kereta api dan bus, alangkah lebih baiknya jika kamu memilih untuk menggunakan transportasi darat.

Hal ini untuk menekan biaya transportasi, ya, biaya transportasi adalah yang paling mahal, jadi pilihlah dengan cerdas dan cermat, pun jika terpaksa menggunakan jalur udara, kamu bisa memesan tiket jauh hari untuk mendapatkan harga yang murah, dan kamu bisa mendaftarkan email-mu untuk mendapatkan informasi mengenai promo terbaru dari maskapai yang kamu gunakan.




Pilihlah Perjalanan Malam

 foto perjalanan malam saat travelling istirahat saat perjalanan. foto : vadzilevinno

Tips satu ini merupakan salah satu yang paling direkomendasikan para traveler, kamu bisa memilih transportasi yang berangkat saat malam, seperti kereta api atau bus malam, ini dilakukan untuk menekan biaya akomodasi, daripada kamu mengeluarkan biaya untuk penginapan satu malam, alangkah baiknya jika kamu memilih perjalanan malam, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk beristirahat.




Bawa Barang Secukupnya

  foto tips packing barang bawa barang secukupnya aja. foto : ashleynii

Bawalah barang secukupnya saja, dan kalau bisa jangan berpenampilan seperti turis, berpenampilanlah seperti warga lokal, cukup bawa tas satu saja dan kemaslah barangmu kedalam tas, bawa barang yang sangat dibutuhkan saja, misal seperti pakaian ganti.

Di beberapa tempat wisata biasanya membedakan harga harga makanan atau souvenir, jika kamu berpenampilan seperti warga lokal biasanya kamu akan mendapatkan harga seperti warga lokal itu sendiri, dalam kata lain lebih murah.




Menjadi Terbuka (Sok Kenal)

foto selfie diatas gunung 
ajak selfie aja. foto : globetrotting__kiwi

Buatlah dirimu menjadi pribadi yang terbuka, ajak bicaralah setiap orang yang kamu temui di perjalanan atau di tempat wisata, ceritakan perjalananmu dengan baik dan buat mereka merasa jika dirimu merupakan sosok yang baik dan tak berbahaya.

Jika beruntung kamu akan mendapatkan sesuatu yang bisa mengurangi biayamu, seperti penginapan, mungkin saja mereka akan mengajakmu menginap di rumahnya, selain mendapatkan penginapan gratis, kita juga mendapatkan teman baru.




Makan Di Warteg

foto makanan enak di warteg 
menu makanan di warteg. foto : dzulfikaralala 

Jangan gengsi untuk makan di warung kecil pinggir jalan, daripada makan di restoran yang harganya sangat mahal, lebih baik kamu mencari warung warung kecil di desa atau di pinggir jalan, selain menghemat budget, kamu bisa merasakan sensasi menjadi warga lokal disana.






Cari Penginapan Murah

foto cotage penginapan murah 
contoh penginapan. foto : travelholic_id

Kamu bisa memesan penginapan jauh hari untuk mendapatkan harga yang murah, tentunya sebelum itu kamu harus melakukan survey tempat penginapan mana yang menawarkan harga paling murah, namun perlu di ingat, jangan langsung pilih saja penginapan murah, karena beberapa penginapan murah biasanya juga menawarkan fasilitas yang buruk, jadi cermatlah dalam memilih.






Memanfaatkan WiFi

foto wifi gratis 
cari spot wifi gratis. foto : mypinkplum 

Daripada kamu menggunakan kuota modem untuk berinternetan, lebih baik kamu menggunakan wifi dari penginapan kamu, tentunya jika ada wifi, atau kamu juga bisa mencari tempat yang memiliki wifi gratis, biasnya terdapat di café-café.

Nah, karena kamu dalam masa berhemat, kamu masih bisa kok pergi ke café tanpa harus mengeluarkan banyak uang, cukup beli kopi saja, dan manfaatkan situasi tersebut untuk menggunakan wifi gratis tadi.





Sewa Motor

foto rental motor bali indonesia 
rental motor. foto : bro_ojek

Daripada kamu menggunakan transportasi umum untuk menuju ke objek-objek wisata di tempat tujuanmu, lebih baik kamu menyewa motor seharian, hal ini bisa meringankan biaya transportasi antar tempat wisata yang kamu tuju.

Atau kamu bisa merencanakan tempat wisata yang berdekatan, jadi kamu bisa mengunjungi semua objek dalam satu hari, terlebih lagi jika tempat wisata tersebut bisa dijangkau dengan jalan kaki. bisa lebih menghemat lagi, contohnya seperti wisata pantai di Gunung Kidul Jogja.

baca juga :
daftar tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negri

Ok guys, itulah beberapa tips hemat saat traveling, kamu bisa menggunakan tips diatas untuk merencanakan perjalanan hematmu dalam berlibur ke tempat wisata favorit.

Sebenarnya traveling tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal, jika kamu bisa mengaturnya dengan cerdas.
Have a nice trip ya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar