Skip to main content

Wisata Ngehits di Jember, Rute dan Tips Liburan Seru di Kota Ini

suasana pantai papuma

Pantai-pantai indah di Jember sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Tetapi beberapa tahun belakangan, kunjungan wisatawan ke pantai di kawasan selatan Kota Jember semakin meningkat, khususnya ke Pantai Tanjung Papuma dan Watu Ulo.

Dengan lokasi yang berdekatan, Tanjung Papuma dan Watu Ulo menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Jember. Karena tanpa menghabiskan banyak waktu, wisatawan bisa melihat kecantikan dua pantai sekaligus.



Lokasi Tanjung Papuma dan Watu Ulo

Kedua pantai ini berada di lokasi yang sama. Tanjung Papuma dan Watu Ulo hanya dipisahkan oleh sebuah bukit yang membelah kedua lokasi pantai ini.

Tepatnya, Tanjung Papuma dan Watu Ulo berada di kawasan Ambulu, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember.


1. Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai
Menikmati pemandangan menakjubkan sudah pasti jadi kegiatan wajib di Tanjung Papuma dan Watu Ulo. Di Pantai Tanjung Papuma, kamu bisa mengabadikan foto pemandangan alam dengan kawasan pantainya yang penuh dengan karang dan ombak besar.

Sementara di Watu Ulo, berjalan di atas bebatuan yang bersisik seperti ular adalah petualangan yang harus kamu coba.

Pantai-pantai ini juga tempat terbaik untuk menikmati makanan hasil olahan laut seperti ikan bakar. Beberapa warung ada di sana, tinggal dipilih mana menu yang disuka. Jangan lupa, tanya dulu harga makanannya berapa agar kamu tak kecewa jika harganya terlampau mahal di belakang.

pantai watu ulo jember
foto: Risa Anggi Viana - phinemo.com


2. Spot Hunting Foto Terbaik
Di Pantai Tanjung Papuma, spot terbaik untuk mengambil gambar adalah dari atas bukit yang diberi nama Siti Hinggil dengan tangga yang dicat berwarna-warni dan di karang-karang yang terlihat ketika air air laut surut.

Spot ini biasanya juga kerap jadi tempat selfie untuk dipajang di media sosial.

Sementara di Watu Ulo, spot terbaik untuk memotret adalah dari sisi bukit dan memperlihatkan batu mirip sisik ular yang panjang itu. Spot di atas bebatuan yang memanjang ini juga jadi tempat foto favorit sebagai bukti sudah pernah ke pantai ini.


3. Cara Ke Pantai dari Pusat Kota Jember
Tidak ada kendaraan umum untuk menuju pantai-pantai ini. Cara paling mudah untuk menuju ke sana adalah dengan menyewa kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor.

Kamu juga bisa ikut open trip dari Kota Jember untuk menuju ke Watu Ulo dan Tanjung Papuma.

watu ulo jember
foto: visitwatuulo.blogspot.com





Cara Menuju Jember

Sementara untuk menuju Jember, cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menumpang kereta api. Kamu bisa memilih transit di Surabaya dan melanjutkan perjalanan ke Jember. Atau bisa juga dengan transit di Malang, lalu lanjut dengan kereta api ke Jember.

Jangan lupa cek jadwal KAI menuju Kota Jember agar tidak sampai ketinggalan kereta begitu tiba di stasiun transit. Sementara ini, kereta langsung ke Jember hanya bisa ditempuh dari Surabaya, Malang, Jogja atau Banyuwangi. Sementara dari Jakarta, harus transit di kota terdekat terlebih dahulu.


oleh oleh jember
foto: primadonajember.com 


Wisata Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh di Jember

Setelah puas main ke pantai, jangan lupa mencicipi makanan khas Jember. Yang paling banyak diburu di kota ini adalah aneka olahan tape. Seperti proll tape, suwar-suwir, pia tape. Selain bisa dinikmati di sana, makanan ini juga bisa buat oleh-oleh.



Tempat Ibadah

Tak sulit menemukan tempat ibadah di Jember. Umat Muslim bisa salat di masjid yang bisa ditemukan dengan mudah di mana-mana. Demikian pula dengan penganut agama lain, bisa beribadah sesuai kepercayaan mereka dengan mudah.



Waktu Terbaik Liburan ke Jember

Momen terbaik untuk menikmati liburan di Jember adalah ketika musim kemarau tiba. Dengan cuaca cerah, liburan di pantai akan lebih menyenangkan dan nggak terhalang hujan.
Cek jadwal KAI ke Jember sekarang dan selamat menikmati liburan di kota ini.


sumber foto header:
Risa Anggi Viana - phinemo.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar