Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Info Lengkap Pantai Sadranan, Rute, HTM, Fasilitas dan Tips

pantai sadranan

Gunung Kidul merupakan surganya pantai di provinsi DI Yogyakarta. Di kabupaten tersebut terhampar banyak sekali pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Bahkan ada juga pantai yang memiliki air berwarna biru dan pasir putih loh.

Salah satu pantai dengan pemandangan indah di Gunung Kidul adalah pantai Sadranan, sebuah pantai yang tidak terlalu besar ini terletak di deretan laut selatan bersama pantai Indrayanti dan Baron.

Pantai Sadranan atau bisa disebut juga dengan nama pantai Slili ini mempunyai pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang di sebelah timurnya. Selain itu pantai Sadranan juga memiliki air laut berwarna biru yang membuat kita ingin segera berenang.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di pantai Sadranan, diantaranya:

Snorkeling

Pantai Sadranan menjadi salah satu spot snorkeling favorit di Gunung Kidul bersama pantai Nglambor. Disini kita bisa melihat biota laut seperti ikan dan terumbu karang. Tapi untuk bisa melihat keindahan tersebut tidaklah setiap waktu.

Biasanya waktu terbaik untuk snorkeling di pantai Sadranan adalah saat pagi dimana air laut dari surut sedang menuju pasang. Sebab ketika sudah memasuki jam 7 air laut di pantai Sadranan biasanya sudah pasang. Jadi, pintar-pintarlah dalam memilih waktu jika kamu ingin snorkeling disini.

Untuk peralatan snorkelingnya sendiri kamu bisa menyewanya di pinggir pantai dengan biaya kurang lebih Rp. 30.000-Rp. 50.000

pantai sadranan snorkeling
snorkeling di sadranan. foto https://www.instagram.com/skystarlight05/


Bermain Kano

Selain snorkeling, kita juga bisa bermain kano di pantai Sadranan loh. Ketika air laut sudah pasang, saat itulah waktunya merubah kegiatan dari snorkeling berganti ke kano.

Di pantai Sadranan sendiri sudah terdapat penyewaan kano dengan harga kurang lebih Rp. 100.000/kano untuk durasi 1 jam pemakaian.

Bermain kano juga menjadi salah satu aktivitas yang paling diminati oleh traveler ketika berkunjung di pantai Sadranan, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba kegiatan ini bersama keluarga ataupun teman.

Selain 2 kegiatan paling favorit diatas, ada kegiatan-kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan yang bisa kita lakukan di objek wisata Jogja satu ini.

Jika kamu tidak berniat mandi di pantai, walaupun sangat disayangkan apabila kamu berkunjung ke pantai Sadranan tapi malah tidak mandi. Kamu bisa naik ke bukit-bukit di sebelah pantainya, dari atas bukit karang tersebut kita bisa melihat keindahan pantai Sadranan dan pantai-pantai di sebelahnya dari ketinggian.

Oh iya, cobalah kamu berjalan kaki ke timur, setelah kamu melewati bukit karang di timur yang terletak menjorok ke laut maka kamu akan memasuki kawasan pantai Ngandong. Lalu cobalah naik ke bukit karang di pantai Ngandong, dari atas situ kita bisa melihat pantai-pantai lain seperti pantai Indrayanti dan Krakal.

Setelah puas bermain di pantai, istirahatlah sebentar di gazebo-gazebo yang ada di pinggir pantai sambil menyantap makan siang.

Terakhir, pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang sangat kami rekomendasikan untuk dikunjungi karena keindahan dan fasilitas yang ditawarkan tempat wisata satu ini.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke pantai Sadranan?



pantai sadranan
pantai sadranan. foto https://www.instagram.com/anggit.virgiawan/



Fasilitas:
  • Musholla
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Tempat parkir
  • Penyewaan kano dan snorkeling
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan (HTM):
Rp. 10.000/orang

Parkir:
Rp. 5.000/motor
Rp. 10.000/mobil
Rp. 20.000/bus


Akomodasi:
Sudah terdapat beberapa penginapan di kawasan pantai Sadranan dengan model cottage, tinggal pilih sesukamu saja.




Lokasi Pantai Sadranan:

  • Alamat; Dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • 64 Km dari Candi Prambanan melalui Jl. Nasional III - Jl Baron (1 jam 47 menit)
  • (waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Pantai Sadranan

#Dari Arah Solo, Klaten dan Sekitarnya
Jika kamu dari arah Solo, kamu bisa menuju ke Candi Prambanan, kemudian belok kanan di pertigaan depan Candi Prambanan menuju kearah Candi Ratu Boko (Jalan Piyungan).

Kemudian belok kanan setelah SD Piyungan menuju Jl. Nasional III -  Jl. Wonosari hingga kamu memasuki Wonosari. Tetap ikuti jalan menuju Alun Alun Wonosari, setelah melewati alun alun nanti kamu akan menemukan pertigaan sebelum POLRES Gunung Kidul, silahkan belok kanan menuju J. Baron.

Ikuti jalan hingga kamu menemukan papan petunjuk ke pantai Baron atau Indrayanti, di perjalanan nanti kamu juga akan menemukan petunjuk ke pantai Slili/Sadranan, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu sampai di lokasi.




Tips Berlibur ke Pantai Sadranan:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai Sadranan adalah saat pagi hari.
  • Udara di pantai Sadranan saat pagi cukup dingin, jadi pastikan kamu membawa jaket.
  • Biasanya wisatawan datang saat shubuh.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.
  • Jalan menuju pantai Sadranan cukup berkelok kelok, sempit dan naik turun, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.





Lihat peta cara menuju ke pantai sadranan




Wisata Terdekat dari Pantai Sadranan (-1 Jam):

Pantai Krakal (10 menit)

Pantai Ngandong (5 menit)

Pantai Baron (20 menit)

Pantai Kukup (22 menit)

Pantai Sundak (10 menit)

Pantai Indrayanti (12 menit)

Pantai Pok Tunggal (20 menit)


sumber header:
akun IG https://www.instagram.com/ambutertawa/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar