Skip to main content

Ini Cara Mengemudi Mobil Matic untuk Pemula yang Benar

belajar mengemudi mobil matic


Buat kamu yang baru saja membeli mobil matic namun masih belum mengerti bagaimana cara mengendarainya. Ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum belajar mengendarai mobil matic. Pemahaman dasar ini sangat penting agar pengendara pemula tidak awam dengan istilah-istilah yang biasa digunakan pada kendaraan.


Belajar cara mengendarai mobil matic untuk pemula juga bisa memudahkan mu pada saat praktek langsung sehingga tidak begitu sulit memahami penjelasan mentor mengemudi. Apalagi, jika kamu sudah menguasai beberapa ilmu dasar. Kamu akan lebih mudah lagi latihan praktek mengemudi hingga lancar sebab teori basicnya sudah dikuasai.


Dengan memahami aturan dasar ini juga akan membuatmu bisa mengurangi resiko kecelakaan saat berkendara. Karena, tidak sedikit pengendara pemula yang masih bingung serta panik saat tidak bisa membedakan mana pedal rem dan gas.


Hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi kamu. Karena itu, selain mencukupi diri sebelum mulai mengendarai mobil matic dengan ilmu tentang mengemudi. Kemudian, latihan praktek mengemudi. Juga penting untuk melengkapi dirimu dengan asuransi kecelakaan diri. 


Memiliki asuransi kecelakaan diri bisa meringankan biaya yang dikeluarkan saat terjadi kecelakaan. Apalagi yang bisa menyebabkan cacat atau pengobatan jangka panjang. Kamu tidak perlu lagi bingung dengan biayanya sebab sudah dicover oleh asuransi kecelakaan diri seperti asuransi kecelakaan diri dari Danamon.


Menggunakan produk asuransi dari Danamon ini memungkinkanmu mendapat biaya pengobatan penuh yang terjadi akibat kecelakaan saat berkendara. Apalagi jika sampai meninggal dunia, hak waris akan mendapat biaya ganti rugi. Karena itu, percayakan asuransi pada Danamon yang terpercaya pelayanannya.


Agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara. Mari dipelajari cara mengendarai mobil matic untuk pemula.


Cara Mengemudi Mobil Matic

1. Kenali Fungsi Transmisi atau Persneling Mobil

Kamu yang benar-benar masih pemula. Ada beberapa hal yang kamu harus tahu, kalau tuas persneling atau transmisi yang sering disebut tuas gigi ini sangat berbeda antara mobil manual dengan matic. Pada mobil matic, tuas transmisi memiliki fungsi berbeda.


P itu untuk mobil dalam keadaan parkir. D untuk mobil dalam keadaan drive atau bergerak. R digunakan saat mobil akan bergerak mundur (reverse). N adalah kondisi mobil netral dan biasa digunakan saat keadaan jalanan padat. L biasanya digunakan untuk gigi rendah. Dan 2 serta 3 di beberapa kendaraan berfungsi untuk memerintahkan mesin bergerak dengan gigi dua atau tiga.


cara mengemudi mobil matic



2. Pahami Cara Menyalakan Mesin

Pastikan kamu tidak langsung menyalakan mesin mobil meskipun dalam keadaan terparkir di tempat yang aman. Pahami langkah-langkah ini sebelum menyalakan mesin. 

  • Pastikan kaki Anda menginjak rem
  • Menyalakan mesin mobil
  • Turunkan atau nonaktifkan hand brake atau rem tangan
  • Pindah transmisi sesuai kebutuhan D (drive) atau R (reverse / mundur)


3. Cek Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Ini adalah ilmu dasar yang harus diketahui saat belajar cara mengemudi mobil matic. Sebab, banyak pengendara yang lupa memastikan mobil dalam keadaan yang baik. 

  • Tetap injak rem agar kondisi tetap aman terkendali
  • Pindahkan tuas transmisi ke P (parking)
  • Angkat atau aktifkan tuas hand brake atau rem tangan
  • Barulah matikan mesin


4. Pastikan Pedal Rem Diinjak Saat Pindahkan Tuas

Menginjak pedal rem saat memindahkan tuas sangat bermanfaat untuk mencegah adanya kerusakan pada mesin mobil. Juga, bisa meminimalkan resiko lain yang mungkin bisa terjadi.


5. Gunakan Mode Transmisi Sesuai Kebutuhan

Kelebihan dari mobil matic adalah fitur yang lengkap. Fitur riding mode ini ada mode ekonomis yang bisa digunakan jika kamu lagi ingin berkendara secara santai namun sesuai batas minimum kecepatan. Ada juga mode sport yang memungkinkan mobil matic berkendara lebih cepat, terutama jika kamu membutuhkan mobil berjalan dengan kecepatan tinggi. Dengan fitur riding mode ini, performa kendaraan matic jadi lebih maksimal.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar