Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Nirmala Ratimanjari Sari : Kembalikan Fungsi Hutan Seperti Sediakala

kelestarian hutan

Hutan disebut juga dengan julukan paru-paru dunia, bukan tanpa alasan, sebab dengan adanya hutan dapat mencegah bencana alam seperti longsor dan banjir. Selain itu hutan juga bisa dijadikan sebagai habitat flora dan fauna.

Dengan adanya hutan yang dapat menyerap karbondioksida dan menyebarkan oksigen ini menjadikan peran hutan sangat penting di bumi. Sebab apa jadinya jika di bumi tidak ada hutan?

Karena itu kita sebagai manusia dituntut untuk merawat hutan dengan baik, nah sekarang masalahnya bagaimana cara merawat hutan? Yuk kita simak tips dibawah ini.



Reboisasi

Salah satu cara terbaik untuk memulihkan kembali atau mencegah hutan gundul adalah dengan reboisasi atau menanam ulang pohon-pohon di hutan yang sudah tidak layak. Dengan adanya reboisasi yang rutin dilakukan maka hutan akan tetap hidup dan tetap layak sebagai habitat flora dan fauna. Selain itu juga pastinya hutan akan tetap bisa menyuplai oksigen untuk kelangsungan hidup manusia.



Terapkan Sistem Penebangan

Banyak manusia yang menebang pohon hutan sembarangan, bahkan tak sedikit yang illegal demi meraup keuntungan untuk dirinya sendiri tanpa memperhatikan kondisi hutan yang bersangkutan.

Untuk meminimalisir hal tersebut seharusnya dilakukan system tebang pilih supaya orang-orang tidak asal menebang pohon di hutan yang dampaknya bisa merugikan.

Atau bisa juga dilakukan system tebang tanam, yaitu menanam pohon di lokasi bekas penebangan, sehingga akan tetap muncul pohon-pohon baru sebagai pengganti pohon yang sudah ditebang.




Meminimalisir Kebakaran Hutan

Salah satu bencana yang disebabkan oleh kerusakan hutan adalah kabut asap yang bersumber dari kebakaran hutan. Kebakaran hutan tersebut juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari faktor alam hingga faktor kesengajaan.

Oleh karena itu pemerintah harus mengidentifikasi penyebab kebakaran hutan agar dapat meminimalisir terjadinya bencana kabut asap yang sangat merugikan siapapun.




Menjaga Habitat di Hutan

Salah satu cara untuk melestarikan hutan adalah dengan menjaga dan melindungi habitat di dalam hutan baik flora maupun fauna. Jangan sampai ada penebangan pohon sembarangan dan pemburu illegal.

Kepedulian akan hutan seharusnya diedukasikan kepada masyarakat luas supaya mereka dapat menjaga hutan bersama-sama. Tak heran jika salah satu aktivis kehutanan, Nirmala Ratimanjari Sari sangat berharap dan meminta secara tegas agar hutan dikembalikan fungsi aslinya yaitu sebagai paru-paru dunia dan meminimalisir perusakan hutan yang sudah marak terjadi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

"Bayangkan, jika di bumi ini tidak ada oksigen akibat penebangan hutan serta pembakaran hutan secara masif, makhluk hidup di bumi ini terancam mati dan punah. Maka, perlu bagi kita untuk melakukan reboisasi, mengembalikan hutan seperti sedia kala. Dan membantu ekosistem yang ada di dalamnya agar tidak masuk ke jurang kepunahan," tegas Nirmala.

Jadi, mari kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan dengan meminimalisir penebangan liar dan penggunaan kertas. Karena kondisi hutan saat ini terutama di Indonesia bisa dibilang sangat memprihatinkan, jika bukan kita lalu siapa lagi?

sumber foto:
akun IG https://www.instagram.com/vaan_dor/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar