Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Pilih Mana Beli Apartemen atau Rumah?

pilih apartemen atau rumah

Pernah mengalami dilema untuk memilih membeli apartemen atau rumah? Ya, kedua jenis hunian tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga tak heran membuat banyak orang yang bingung ketika harus membeli dua jenis properti tersebut.

Nah, bagi Kamu yang saat ini masih bingung untuk membeli apartemen ataupun rumah, berikut ini adalah tipsnya.

Lokasi

Jika motivasimu membeli properti adalah lokasi, maka sebaiknya Kamu membeli apartemen, karena rata-rata pengembang menjual apartemen di lokasi yang sangat strategis dekat dengan perkantoran, pusat hiburan ataupun pusat pendidikan.

Kondisi ini pun sangat cocok untuk para eksekutif muda untuk mempermudah jarak tempuh menuju kantor.


Harga

Biasanya harga jual apartemen cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan rumah, apalagi jika lokasi di tengah kota. Contohnya seperti di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Timur, rata-rata harga rumah mewah di sana mencapai Rp 4 miliar, namun harga jual apartemen paling mahal mencapai 3 miliar rupiah. 


Kenyamanan

Jika kenyamanan menjadi faktor terpenting, maka disarankan Kamu memilih rumah, karena luasan rumah biasanya lebih lebar jika dibandingkan dengan apartemen.

Dengan begitu, maka rumah lebih cocok untuk Kamu yang telah berkeluarga dan telah memiliki anak. Bahkan kita bisa memiliki pekarangan, garasi, taman bahkan kolam renang pribadi di rumah.


Investasi

Dari segi investasi membeli rumah atau apartemen sama-sama menguntungkan, karena seiring dengan waktu harga jual apartemen dan rumah akan selalu naik. Namun yang jadi pertanyaan lebih untung mana berinvestasi pada properti rumah atau apartemen?.

Semua itu tergantung dari banyak faktor, mulai dari seberapa strategis lokasi properti yang Kamu miliki atau pun seberapa besar harga jual atau sewa yang ditentukan.



Fasilitas

Apartemen memiliki fasilitas yang lebih lengkap, rata-rata apartemen memiliki fasilitas fitness center, kolam renang, taman bermain untuk anak, lapangan tenis, jogging track, ATM, ruko dan lain-lain.

Sebenarnya ada juga beberapa perumahan yang menyediakan fasilitas sejenis, namun biasanya harga jualnya sangat mahal.



Keamanan 

Maksud keamanan disini adalah resiko dari bencana alam, seperti kebakaran ataupun gempa bumi. Jika dibandingkan, sebenarnya apartemen lebih beresiko karena bentuknya bertingkat dan ruang geraknya lebih sempit. 


   

Legalitas

Legalitas yang didapatkan saat membeli apartemen dan rumah berbeda, jika membeli rumah biasanya akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM), namun jika apartemen biasanya adalah mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), kelemahan sertifikat jenis ini yaitu harus diperpanjang kembali selama 20 tahun.

Khusus untuk HGB perhatikan juga apakah sertifikat tersebut HGB murni atau HGB diatas HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Jika HGB murni berarti lahan tersebut milik developer, jika setelah sertifikat HGB habis maka bisa diperpanjang. Kalau HGB di atas HPL berarti tanah tersebut bukan milik Developer melainkan kerjasama antara developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah.


Nah, itulah beberapa tips membeli rumah dan apartemen yang bisa Kamu praktikkan.
Jadi, Kamu pilih beli rumah atau apartemen?



Artikel ini merupakan kerjasama dari Lamudi.co.id


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar