Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Tak Usah Bingung, Ini 5 Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Memudahkanmu

cara bayar kartu kredit

Bulan ini kamu sudah belanja tiket pesawat terbang dan memesan hotel bintang tiga di Kota Yogyakarta. Kamu memang sengaja memilih metode pembayaran dengan kartu kredit karena memesannya saat belum gajian.

Tenang saja, uang kamu akan terkumpul untuk membayar tagihannya ketika akhir bulan berganti. Namun masalahnya, kartu kredit kamu beda bank dengan akun rekening tabungan yang dimiliki.

Alamat harus ke ATM atau mendapat tambahan biaya, nih. Tak perlu khawatir. Sekarang, ini ada beberapa metode pembayaran tagihan kartu kredit yang dapat mempermudah hidup kamu.

Bahkan, kamu tak perlu berpindah tempat untuk melakukannya. Cek beberapa cara pembayaran kartu kredit ini, yuk.

Gunakan internet atau mobile banking untuk pembayaran tagihan di mana saja
Kamu kebetulan sedang di tengah-tengah dinas di luar kota dan tidak dekat dengan pusat keramaian. Jadi, sulit sekali untuk menemukan ATM. Terutama ATM akun bank yang kamu miliki.

Gawatnya, ini sudah tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit kamu. Kamu bisa mendapatkan denda yang lumayan besar bila  terjadi keterlambatan. Ada baiknya kamu memiliki internet atau mobile banking untuk keadaan darurat seperti ini.

Kalau rekening dan penerbit kartu kredit dari bank yang sama, biasnya kamu tak akan terkena biaya tambahan. Namun, kalau berbeda. Akan terkena biaya tansfer sebesar Rp5.000 - Rp7.500,-.

Kamu perlu ingat kalau pembayaran tagihan kartu kredit dengan metode ini akan memakan waktu paling cepat 24 jam atau 3 hari bila beda bank. Jadi, jangan sampai mepet dengan tanggal jatuh tempo.

Memggunakan metode auto-debit
Saat membuat kartu kredit biasanya kamu akan ditawarkan untuk memilih metode pembayaran tagihan. Salah satunya adalah dengan langsung debit secara otomatis dari rekening bank yang kamu miliki. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan bila penerbit kartu kredit dan rekening berbeda bank.

Kalau kamu memiliki kartu kredit dari bank yang sama dengan rekening, lebih baik menggunakan cara auto-debit untuk pembayaran tagihannya. Ini mengurangi risiko keterlambatan pembayaran dan tak perlu mengeluarkan effort lainnya.

Kamu bisa mengaktifkan tanggal debet sesuai dengan waktu masuknya gaji ke nomor rekeningmu. Sayangnya, cara ini jarang digunakan karena kamu takut uangnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Gunakan SMS banking untuk membayar tagihan kartu kredit
Bagi kamu yang memiliki SMS banking, metode ini juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan kartu kredit, lho. Namun, kamu pastikan layanan ini bisa membayar ke bank penerbit kartu kredit kamu terlebih dulu.

Tentunnya penggunaan SMS banking juga semudah dengan mobila ataupun internet banking. Kamu hanya tinggal mendaftarkan nomor telepon ke bank. Lalu, kamu bisa mengotorisasi perintah pembayarang. Namun, metode SMS banking ini akan memakan pulsa telepon kamu.

Pembayaran menggunakan akun OTA
Kamu tidak memiliki mobile ataupun internet banking? Tenang saja, kamu tetap bisa membayar tagihan kartu kredit dengan online, kok. Salah satu caranya adalah menggunakan akun OTA (Online Traveling Agent) yang dimiliki.

Sekarang ini, sejumlah OTA memiliki fitur pembayaran kartu kredit. Bahkan, kamu bisa mengecek seberapa besar tagihan yang harus dibayarkan. Hal ini memudahkan kamu untuk membayar tagihan kartu kredit dengan satu platform, kan.

Pembayaran tagihan kartu kredit lewat telepon
Salah satu cara pembayaran kartu kredit yang mungkin sudah jarang dilakukan oleh banyak orang. Sebenarnya, kamu juga bisa melakukan metode phone banking. Di sini, kamu akan menelepon pihak bank.

Nantinya, pihak bank akan memberikan sejumlah instruksi yang beriakaitan dengan proses pembayaran tersebut. Kamu hanya tinggal mengikutinya saja. Mudah, kan.

Jadi, kamu tak perlu repot dan bingung lagi mebayar tagihan kartu kredit. Cukup lakukan beberapa cara di atas dan tagihanmu terbayar. Aman, kan!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar