Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Cara Merawat/Mencuci Sleeping Bag yang Baik

cara cuci sleeping bag

Peralatan outdoor seperti tenda, sleeping bag, jaket ataupun tas carrier memang memerlukan perawatan khusus dibandingkan peralatan yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Supaya kegiatan outdoormu makin nyaman tentunya semua peralatan tadi harus dalam kondisi baik bukan? Salah satunya adalah sleeping bag yang termasuk peralatan outdoor paling penting dan wajib dibawa ketika naik gunung maupun camping biasa.

Nah, untuk itu Brobali.com akan memberitahu kepada kamu bagaimana cara merawat/mencuci sleeping bag yang baik dan benar. Penasaran? simak tipsnya di bawah ini ya.

Pertama kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa sleeping bag itu ada yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan ada yang hanya bisa/boleh dicuci menggunakan tangan saja.

Jadi, sebelum mencuci pastikan dulu apakah sleeping bagmu lebih baik dicuci menggunakan mesin cuci atau secara manual menggunakan tangan. Kami rasa hanya dengan feeling dan melihat kualitas bahan dari sleeping bag itu sendiri kita sudah dapat mengetahuinya kok.



Cara Mencuci Sleeping Bag Menggunakan Tangan (Manual)

Isi bak dengan air dan deterjen. Sebelum memasukkan sleeping bag kedalam bak, pastikan dulu deterjennya sudah larut semua bersama air.

Setelah itu baru masukkan sleeping bag kedalam air dan cuci dengan pelan-pelan seperti mencuci pakaian pada umumnya. Setelah dirasa kotoran sudah terangkat semua, bilas sleeping bag dengan air bersih hingga tidak ada sisa busa dari deterjen jika perlu bilas 2x untuk memastikan tidak ada deterjen dan kotoran yang tersisa.

Kemudian keringkan dengan cara diperas. INGAT! Jangan dipelintir agar bahan yang di dalam sleeping bag tidak mengumpul di satu sudut saja yang tentunya akan membuat kehangatannya berkurang.

Dan kalau bisa saat menjemurnya jangan digantung agar bahan yang di dalam sleeping bag tidak mengumpul di satu sudut. Jemurlah dengan cara mendatar atau digelar di lahan terbuka dengan syarat lahan tersebut bebas kotoran.




Cara Mencuci Sleeping Bag Menggunakan Mesin Cuci

Pastikan sleeping bagmu bisa dicuci menggunakan mesin, kamu bisa melihat di label perawatannya atau menggunakan feeling (jika kamu sudah menguasai di bidang tersebut).

Pisahkan sleeping bag dengan cucian lain. Kalau bisa tambahkan bola tenis atau sejenisnya untuk membantu agar bahan yang ada di dalam sleeping bag tidak mengumpul di satu sudut.

Kemudian pilih settingan mesin cuci pada mode gentle wash (bergambar baju bayi) atau handwash (bergambar tangan).

Untuk pengeringan, lebih baik dikeringkan secara manual menggunakan tangan dibanding menggunakan pengering pada mesin cuci supaya bahan sleeping bag terjaga.

Setelah itu jemur dalam keadaan datar bukan digantung. Untuk tips terakhir ini bersifat optional guys. Jadi sesuaikan saja dengan sikonmu saat ini.

Nah, itulah beberapa tips merawat/mencuci sleeping bag dengan baik dan benar. Pastikan kamu melakukannya agar sleeping bagmu awet ya.

Follow Kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar