Skip to main content

Curug Lawe Semarang | Rute, Lokasi, HTM, Jam Buka Terbaru

foto pemandangan keren di curug lawe semarang

Updated - Semarang, sebuah kota yang menjadi Ibu Kota provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal dengan udaranya yang panas, jika kamu berlibur ke Semarang siang hari dipastikan kamu tidak akan merasa cukup nyaman.

Namun,  dibalik panasnya kota ini ternyata terdapat sebuah objek wisata alam yang memiliki pemandangan keren loh.

Yaitu Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran, sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.050 Mdpl, tak heran jika udara di tempat wisata Semarang satu ini cukup sejuk.

Apa yang Menarik di Curug Lawe ?

Curug Lawe memang sudah cukup populer dikalangan para traveler, namun masih jarang yang mengetahui dimana tepatnya lokasi air terjun tersebut, objek wisata Curug Lawe terletak di lereng gunung Ungaran sebelah barat, dan cukup jauh dari pusat kota.

Walaupun begitu, ternyata Curug Lawe menawarkan pemandangan alam yang sangat indah lho, Curug Lawe memiliki karakteristik yang cukup unik, yaitu sebuah air terjun yang terletak di tengah cekungan tebing.

Arus air yang mengalir di Curug Lawe juga cukup deras, jadi jangan terlalu dekat ya jika tidak ingin pakaianmu basah, selain Curug Lawe di kawasan ini wisata ini masih terdapat air terjun lain yang tak kalah keren bernama Curug Benowo.

Curug Lawe dan Curug Benowo berjarak kurang lebih 1 km, untuk bisa menuju Curug Benowo dari Curug Lawe kita harus melewati jalur naik turun dengan melalui hutan, tapi tenang, sudah terdapat petunjuk jalan kok, jadi kamu tidak perlu kawatir tersesat.

Suasana di Curug Lawe dan Curug Benowo bisa dibilang masih cukup alami, jadi sangat cocok bagi kamu yang memang menyukai wisata alam, terlebih lagi objek wisata ini sudah pernah di explore salah satu acara tv populer bertema traveling di Indonesia, membuat kepopulerannya semakin terangkat.

Nah, untuk sampai bisa sampai ke lokasi air terjun, terutama Curug Lawe, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan jalur yang cukup mudah namun tetap membuat lelah, terlebih lagi di beberapa bagian jalur juga rawan longsor, jadi kamu harus berhati-hati.

Selama perjalanan kita akan melihat suasana alam lereng gunung Ungaran dengan banyaknya hewan-hewan liar seperti burung, laba-laba dan bahkan jika beruntung kita juga bisa melihat lutung.

foto jembatan romantis curug lawe semarang
ini dia jembatan romantis. foto : @ramonsetyo46

Di perjalanan kita akan melewati sebuah jembatan yang sudah cukup populer bernama Jembatan Romantis, lokasi inilah yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Setelah sekitar setengah jam berjalan kaki kita akan melihat persimpangan jalan antara Curug Lawe dan Curug Benowo.

foto curug benowo semarang
ini dia curug benowo. foto : @baguss_dw

Jika ke kiri menuju Curug Benowo dan ke kanan menuju Curug Lawe, tinggal pilih sesukamu saja, namun disarankan jika waktumu terbatas lebih baik berkunjung ke Curug Lawe saja.

Selama perjalanan kita akan menemukan warung, tapi jika kamu datang terlambat bisa jadi warung-warung tersebut sudah tutup, jadi pastikan kamu membawa perbekalan seperti air minum agar tidak kehausan.

Waktu maksimal bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata Curug Lawe dan Curug Benowo adalah jam 3 sore, setelah itu wisatawan tidak boleh berkunjung ke air terjun lagi.

Bukan tanpa alasan, karena suasana air terjun yang masih alami jadi setelah terlewat jam 5 jalan akan cukup gelap, namun apabila kamu datang jam 3 kamu masih boleh masuk kok, kamu juga boleh keluar jam 4.

baca juga :

Jam Buka :
Objek wisata Curug Lawe buka setiap hari dari pagi sampai pukul 15:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di dekat wisata Curug Lawe Kalisidi, bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencarinya di sekitar Alun Alun Ungaran.

Lokasi Curug Lawe :

Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi (Gunung Pati), Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 21 km dari pusat Kota Semarang (51 menit)
  • 23 km dari Stasiun Poncol (53 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Rute Menuju Curug Lawe dan Curug Benowo

Akses menuju tempat wisata Curug Lawe bisa dibilang susah-susah gampang, kamu bisa mengikuti rute dibawah ini :

#Dari Arah Kota Semarang dan UNNES
Jika kamu dari pusat kota Semarang, kamu bisa mengambil jalur menuju arah UNNES (Universitas Negeri Semarang), tepat sebelum UNNES terdapat pertigaan, ambilah jalan kekiri dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lagi.

Setelah kamu menemukan pertigaan lagi, ambilah jalan kekanan, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu menemukan pertigaan lagi, ambil arah kiri, tetap ikuti jalan hingga kamu menemukan pertigaan dengan jalur menurun, dari situ silahkan belok ke kanan (arah Boja) tepat beberapa meter terdapat gapura di kiri jalan.

Silahkan masuk ke gapura tersebut dan ikuti jalan hingga kamu sampai di lokasi Curug Lawe, tenang karena sudah terdapat beberapa papan petunjuk jalan, jika kamu takut tersesat bisa bertanya ke warga sekitar.

#Dari Arah Alun Alun Ungaran
Jika kamu dari arah Alun Alun Ungaran, kamu bisa menuju ke arah Mapangan melalui jalan yang mengarah ke Boja. Setelah sampai di Boja, kamu akan menemukan persimpangan, ambil jalan ke kiri menuju Desa Sumur Gunung.

Silahkan ikuti jalan tersebut hingga kamu menemukan pertigaan lagi, dari situ ambil jalan ke arah perkebunan teh Zanzibar hingga kamu menemukan pertigaan lagi, nah, dari pertigaan ini kamu belok kiri dan ikuti jalan hingga sampai di lokasi.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.

Tips Saat Berlibur ke Curug Lawe :

• Jika kamu menyukai suasana sepi, datanglah saat hari biasa dan datanglah mepet jam tutup sekitar jam 3 sore, kamu bisa menikmati air terjun tersebut sepuasnya, namun sayangnya kamu tidak bisa menikmati kedua air terjun karena terbatasnya waktu, pilihlah antara Curug Lawe dan Curug Benowo.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor karena jalur cukup licin.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan selalu hati hati karena jalur terletak di sebelah jurang.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga jaga.

Wisata Terdekat dari Curug Lawe dan Curug Benowo (- 1 Jam):

Watu Gunung (20 menit)
Watu Gunung merupakan salah satu wisata yang cukup populer di Ungaran, Watu Gunung menawarkan wisata alam dengan suasana tradisional khas Jawa.

Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.